kumparan
14 November 2019 8:00

Biar Enggak Jadi Wacana, Inilah Tips Travelling ala Milenial

shutterstock_562794124.jpg
com-Ilustrasi merencanakan liburan. Foto: Shutterstock
Mendekati akhir pekan, rencana liburan ataupun staycation bersama teman dan keluarga bisa menjadi salah satu pilihanmu. Sayangnya, saat akhir pekan alias weekend biasanya harga penginapan, akomodasi, dan tempat wisata jadi meningkat dan jauh lebih mahal dari hari biasa.
ADVERTISEMENT
Supaya rencana liburanmu enggak hanya berakhir dengan wacana belaka karena harga yang mahal. Maka pastikanlah, kamu merancangnya dengan tepat, praktis, irit, namun tetap menyenangkan.
  1. Tentukan budget
shutterstock_457851628.jpg
com-Ilustrasi mengatur budget liburan. Foto: Shutterstock
Sebelum kamu menentukan destinasi staycation-mu di akhir pekan, lebih dulu tentukan budget-nya dulu. Karena kamu enggak akan bisa berpergian tanpa adanya dukungan keuangan, kan?
Walaupun budget terbatas, namun jangan jadikan itu sebagai penghalangmu untuk membatalkan rencana staycation. Tenang, saat ini udah banyak Aplikasi Travel andalanmu yang menawarkan beragam promosi. Jadi, kamu bisa mendapatkan berbagai kebutuhan staycation dengan harga sesuai budget.
  1. Tentukan destinasi wisata
Setelah menentukan budget yang pas untuk rencana staycation-mu, langkah berikut yang bisa kamu lakukan adalah menentukan destinasi yang ingin dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Sedikit tips, lebih baik gunakan waktu liburanmu di akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata yang strategis dan tempat menginap yang berbeda dari penginapan lain. Misalnya, menginap di boutique hotel atau hotel dengan pemandangan alam yang menawan.
  1. Pilih akomodasi sesuai budget
shutterstock_1445490386.jpg
com-Ilustrasi mengatur budget liburan. Foto: Shutterstock
Untuk akomodasi perjalanan, kamu udah enggak perlu pusing lagi. Karena sekarang ini, sudah banyak banget moda transportasi yang bisa menunjang liburanmu. Terlebih lagi kalau kamu memiliki budget yang minim, ada baiknya kamu memesan berbagai kebutuhan transportasi sejak jauh hari.
Ketika sampai di tujuan, menggunakan kendaraan umum bisa menjadi sebuah opsi yang menarik. Apalagi, dengan menggunakan kendaraan umum juga akan semakin menambah pengalaman liburan. Berpergian menggunakan kendaraan umum, kamu jadi lebih peka dengan lingkungan sekitar dan banyak melihat hal-hal baru.
ADVERTISEMENT
  1. Buat rencana perjalanan atau itinerary
shutterstock_1421945726.jpg
com-Ilustrasi membuat itinerary. Foto: Shutterstock
Semua rencana staycation-mu akan hanya berakhir wacana alias sia-sia jika kamu enggak membuat perencanaannya terlebih dahulu alias itinerary. Membuat itinerary memang tidak mudah, beberapa bahkan memilih untuk melakukan perjalanan tanpa membuat perencanaan.
Padahal, itinerary itu penting. Terlebih kamu hanya punya waktu singkat di weekend untuk melakukan staycation. Jadi daripada waktumu habis hanya untuk mencari lokasi wisata, penginapan serta akomodasi, lebih baik direncanakan dari jauh-jauh hari.
Untuk mempermudah pembuatan itinerary, kamu bisa menggunakan fitur ‘Saved & Collection’ di aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online, Traveloka.
Ketika muncul ide dadakan untuk liburan, kamu bisa dengan mudah mengklik lambang ‘Saved’ di kanan atas dan untuk melihat koleksi idemu, bisa mengklik lambang di bagian bawah bertuliskan ‘Collection’. Selain itu dari fitur ‘Saved & Collection’, kamu bisa dengan mudah melakukan check out dari collection yang sudah dibuat sebelumnya saat ingin melakukan weekend holiday dadakan.
Thubnail.png
com-Fitur terbaru Traveloka 'Saved & Collection'. Foto: dok. Traveloka
Fitur terbaru dari Traveloka ini memudahkan kamu dalam membuat perencanaan kegiatan akhir pekan. Lewat ‘Saved & Collection’ kamu bisa mengelompokkan tema liburan yang diinginkan dan meng-custom background sesuka hati.
ADVERTISEMENT
‘Saved & Collection’ memudahkanmu juga dalam proses merancang itinerary, mulai dari penginapan, akomodasi, hingga tempat wisata secara online. Jadi enggak perlu lagi ribet dan takut kehilangan informasi tentang tujuan wisata yang ingin kamu datangi. Semua bisa kamu lakukan dalam satu aplikasi Traveloka dengan fitur ‘Saved & Collection’.
Buat kamu yang sedang merencanakan staycation di akhir pekan, segera rencanakan liburanmu menggunakan fitur terbaru dari Traveloka yaitu 'Saved & Location' berikut ini, ya.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Traveloka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan