Food & Travel
·
12 September 2020 17:06

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161716)
Princess Juliana International Airport, St. Maarten Foto: Shutter stock
Bandara menjadi salah satu infrastruktur penting di dalam sebuah negara. Meski tak semua negara memilikinya, tetapi bandara menjadi pintu gerbang keluar masuknya para wisatawan.
ADVERTISEMENT
Biasanya, bandara di berbagai negara selalu mempunyai daya tarik tersendiri. Namun, beberapa bandara ini terbilang berbahaya karena memiliki tempat, fasilitas, bahkan keamanan yang tak ramah untuk pengunjung.
Nah, ingin tahu bandara mana saja yang paling berbahaya di dunia? Berikut kumparan rangkum 5 bandara paling berbahaya di dunia.

1. Lukla Nepal Airport

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161717)
Lukla Nepal Airport, Nepal Foto: Shutter stock
Bandara Lukla yang terletak di Nepal ini menjadi bandara yang dianggap paling berbahaya di dunia. Mengapa? Karena bandara ini hanya memiliki landasan pacu yang sangat pendek yaitu hanya 527 meter.
Meski berbahaya, bandara tersebut merupakan salah satu akses masuk dan keluarnya para pendaki yang ingin mendaki gunung Everest.
Namun, ada tantangan berat yang harus dilewati pilot. Pilot harus menyiapkan mental baja untuk bisa mendarat dengan selamat di bandara Lukla.
ADVERTISEMENT
Sebab, bandara yang berada di distrik Solukhumbu ini memiliki landasan pacu yang sangat pendek, yaitu 1.729 kaki atau sekitar 527 meter saja.
Hal ini tentu menyulitkan para pilot, karena memiliki ruang sempit dan waktu terbatas untuk bisa take off dan landing dengan aman. Selain itu, lokasi Lukla yang berada di ketinggian 2.895 mdpl menambah kesulitan bagi pilot. Karena semakin tinggi lokasi bandara, makin rendah pula densitas udaranya.
Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161718)
Bandara Tenzing-Hillary atau Bandara Lukla Foto: Dok. Wikimedia Commons
Tak berhenti sampai di situ, para pilot dan kopilot pun dituntut untuk mampu menghitung navigasi dengan tepat, karena bandara ini dikelilingi pegunungan. Di ujung landasan, ada dinding batu dan gunung yang curam. Jika pesawat tidak berhenti pada momen yang tepat, pesawat bisa saja menabrak tebing.
ADVERTISEMENT
Sedangkan saat lepas landas, pada sisi landasan pacu terdapat tepi tebing curam. Tentu, pilot diharuskan untuk bisa menerbangkan pesawat dengan sempurna, atau terancam jatuh ke sisi gunung.
Parahnya, cuaca di daerah ini kerap ditutupi awan yang kerap menjadi penyebab turbulensi. Maka dari itu, cuaca cerah dan siang hari menjadi 'surga' untuk pilot ketika akan menuju atau meninggalkan wilayah ini.
Kabarnya, bandara Lukla juga tidak dilengkapi dengan alat bantu pendaratan atau Aerodrom Flight Information Service (AFIS). AFIS berfungsi untuk membantu pilot dalam melakukan pendaratan atau penerbangan.

2. Princess Juliana International Airport, St. Maarten

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161719)
Princess Juliana International Airport, St. Maarten Foto: Shutter stock
Bandara yang terletak Pulau Saint Martin, Belanda ini sangat populer di kalangan wisatawan. Letaknya yang berada di sekitar pantai membuat bandara Princess Juliana International menjadi salah satu bandara paling berbahaya di dunia.
ADVERTISEMENT
Untuk mendaratkan pesawat di bandara ini, pilot pesawat harus sangat hati-hati. Karena pesawat yang akan mendarat di bandara ini berbatasan langsung dengan bibir pantai yang dipenuhi wisatawan. Yang menjadi ekstrem adalah ketika ada pesawat mendarat atau tinggal landas, jarak antara pesawat dengan wisatawan yang ada di bawahnya hanya beberapa meter saja.
Panjang landasan pacu dari bandara ini hanya sekitar 2.179 meter saja. Awalnya, bandara ini dibangun untuk pesawat kecil saja. Namun, industri pariwisata yang berkembang pesat membuat bandara tersebut kini dipenuhi juga oleh pesawat-pesawat besar.

3. Toncontin Airport, Tegucigalpa, Honduras

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161720)
Toncontin Airport Foto: Wikimedia Commons
Bandara yang terletak di daerah pegunungan ini merupakan salah satu bandara tersulit bagi pilot untuk mendaratkan pesawatnya. Hal ini dikarenakan panjang landasan pacu dari bandara ini hanya sekitar 6.112 kaki atau sekitar 1.800 meter.
ADVERTISEMENT
Sehingga pesawat harus berputar sekitar 45 derajat sebelum akhirnya dapat mendarat di bandara tersebut. Jika melihat Bandara Toncontin, kamu tidak akan melihat landasan pacu untuk berputar, sebab di sana hanyalah ada landasan pacu yang lurus dan pendek.

3. Paro Airport, Bhutan, Pegunungan Himalaya

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161721)
Paro Airport, Bhutan, Pegunungan Himalaya Foto: Shutter stock
Bandara paling berbahaya berikutnya adalah Paro Airport di Bhutan. Salah satu dari empat bandara internasional yang ada di Bhutan ini berada di lembah pegunungan sekitar tepi Sungai Paro Chhu.
Berada di atas puncak setinggi 18.000 kaki menjadikan bandara ini sebagai bandara paling menantang di dunia. Hanya beberapa pilot terpilih serta bersertifikat sajalah yang dapat mendaratkan pesawat di bandara ini.

4. Madeira Airport Cristiano Ronaldo, Portugal

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161722)
Madeira Airport Cristiano Ronaldo Foto: Shutter stock
Bandara ini adalah bandara tersibuk keempat yang terletak di Kepulauan Madeira, Portugal. Bandara yang nama belakangnya diambil dari mega bintang sepakbola dunia asal Portugal, Cristiano Ronaldo, ini merupakan salah satu bandara paling berbahaya di dunia.
ADVERTISEMENT
Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di sekitar tebing yang curam. Selain itu, landasan bandara yang sudah diperluas di sekitar tebing yang curam membuat pilot harus sangat hati-hati untuk mendaratkan pesawat. Untuk bisa mendaratkan pesawat di bandara ini, pilot harus menjalani pelatihan tambahan sebelumnya.

5. Bandara Svalbard, Norwegia

Bikin Ngeri, Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia (161723)
Bandara Svalbard, Norwegia Foto: Shutter stock
Bandara Svalbard dianggap sebagai bandara paling utara di dunia. Bandara tersebut tidak memiliki lampu landasan yang cukup memadai, sehingga hanya melayani penerbangan di siang hari.
Saat kamu tiba di bandara ini, kamu akan langsung disajikan dengan pemandangan menakjubkan Kutub Utara. Bandara ini hanya menerima penerbangan lokal. Alasannya, bandara ini tidak memenuhi standar bandara internasional sehingga Bandara Svalbard tidak lagi menerima penerbangan internasional.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).