Food & Travel
·
15 September 2021 14:53
·
waktu baca 5 menit

Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Kamu, Ini 4 Alasan Harus ke Thailand

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Kamu, Ini 4 Alasan Harus ke Thailand (15301)
searchPerbesar
Ilustrasi destinasi wisata Thailand. Foto: Shutterstock
Apa yang teringat di benakmu saat mendengar kata Thailand? Kekayaan kuliner, tujuan wisata belanja, atau keindahan pantainya yang mendunia?
Ya, memang ada banyak alasan kenapa Negeri Gajah Putih ini jadi salah satu destinasi andalan traveler dunia, tak terkecuali dari Indonesia. Selain aktivitas di atas, liburan di Thailand juga bisa jadi alternatif untuk melepas penat sekaligus mendukung gaya hidup kamu!
Gaya hidup sehat tidak hanya dengan olahraga atau konsumsi makanan bergizi, kesehatan psikis yang stabil juga menjadi hal yang penting agar terhindar dari stres. Nah, berbagai destinasi wisata di Thailand menyediakan fasilitas untuk mendukung gaya hidup sehat wisatawan.
Dengan jarak antara Thailand dan Indonesia yang cukup strategis dan bisa ditempuh dalam satu kali penerbangan saja, tentunya Negeri Golden Cassia ini sangat cocok untuk menjadi short escape dari rutinitas melelahkan.
Masih bingung aktivitas menarik apa saja yang bisa kamu lakukan di Thailand? Berikut kumparan berikan rekomendasinya!

1. Menikmati panorama pesisir yang cantik untuk melepas stres

Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Kamu, Ini 4 Alasan Harus ke Thailand (15302)
searchPerbesar
Ilustrasi pantai di Thailand. Foto: Shutterstock
Sudah bukan rahasia lagi kalau pantai jadi salah satu destinasi andalan di Thailand. Sebut saja deretan pantai di Phuket yang memilki pasir putih dan air biru jernih. Dengan deretan tebing hijau di sekelilingnya, pantai tropis di Koh Samui, Koh Phangan, Koh Tao dapat kamu nikmati juga. Tak hanya itu, ada pula pantai di Krabi yang menyuguhkan destinasi alam lengkap.
Selain bersantai sambil menikmati deburan ombak atau hanya berkeliling sambil menikmati kulinernya, masih ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk melepas stres. Bila kamu pegiat yoga, bisa juga ikut Stand-Up Paddle (SUP) Yoga yang akan mengajakmu untuk melakukan yoga di atas papan paddle.
Jangan khawatir, sudah banyak objek wisata pantai yang memiliki SUP Yoga station lengkap dengan instrukturnya yang profesional. Misalnya, Paddle Phuket SUP Tours and Rental di Phuket, SUP TAO Paddleboarding yang bisa dikunjungi saat ke Koh Tao, atau ke iSUP Samui di Surat Thani yang memungkinkanmu yoga sambil menikmati sunset indah.

2. Healthy food yang mudah dijumpai

Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Kamu, Ini 4 Alasan Harus ke Thailand (15303)
searchPerbesar
Ilustrasi Som Tum, salad pepaya khas Thailand. Foto: Shutterstock
Selain keindahan pantainya, wajib rasanya untuk wisata kuliner saat liburan ke Thailand. Istimewanya lagi, mencari makanan sehat bukan merupakan hal sulit sehingga kamu tidak perlu khawatir akan merusak kebiasaan gaya hidup sehat kamu saat liburan.
Kita mungkin sudah familier dengan Tom Yum atau Thai Fried Rice, tapi bila ingin hidangan yang lebih segar, kamu bisa mencoba salad sehat khas Negeri Gajah Putih seperti Som Tum (salad pepaya), Yum Ma-muang (salad mangga), Yum Talay (salad seafood). Jangan lupa juga cicipi hidangan mengenyangkan seperti Gang Kiew Wan, Thai Green Curry, serta Pad Thai yang terdiri dari mi beras, seafood, dan aneka sayuran.
Buah-buahan yang dijajakan secara kaki lima juga bisa jadi alternatif camilan saat rehat setelah berkeliling Thailand. Ya, buah-buahan di Thailand memang dikenal lebih segar dan dibanderol dengan harga terjangkau!

3. Wisata medis yang memadai

Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Kamu, Ini 4 Alasan Harus ke Thailand (15304)
searchPerbesar
Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki fasilitas kesehatan memadai. Foto: Shutterstock
Thailand juga dikenal sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki fasilitas kesehatan paling memadai. Sehingga tak mengherankan bila setiap tahunnya, tak sedikit traveler yang datang ke sana hanya untuk menikmati wisata kesehatan. Mulai dari medical check-up, perawatan kesehatan seksual bagi perempuan dan laki-laki, pengobatan untuk penyakit kronis, hingga perawatan untuk kesehatan gigi.
Bukan hanya fasilitas lengkap, dengan kualitas yang terbaik, harga rata-rata perawatan di Thailand lebih terjangkau 30-50 persen dibandingkan perawatan di Amerika dan Eropa. Hampir setiap kawasan-kawasan populer Thailand juga memiliki rumah sakit yang menjadi rujukan untuk berbagai treatment perawatan dan pengobatan.
Di Bangkok Misalnya, ada Kluaynamthai 2 Hospital yang dinobatkan sebagai rumah sakit senior pertama di Asia dengan akreditasi dari Joint Commission International (JCI). Wilayah Phuket juga memiliki rumah sakit untuk treatment pertumbuhan jaringan paling cepat di Asia Pasifik, yakni Bangkok Hospital Phuket.

4. Destinasi wisata untuk self healing, mulai dari spa hingga meditasi

Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Kamu, Ini 4 Alasan Harus ke Thailand (15305)
searchPerbesar
Meditation center di Thailand. Foto: Shutterstock
Saat liburan, terkadang kita juga ingin jauh dari ingar-bingar keramaian dan memilih untuk melipir ke tempat-tempat sunyi demi mencari ketenangan. Apa kamu juga begitu? Bila iya, tak ada salahnya berkunjung ke meditation center yang bisa dijumpai hampir di setiap bagian negara Thailand.
Misalnya di utara Thailand, ada Wat Pa Tam Wua, sebuah biara di tengah hutan dan persawahan yang terbuka bagi pengunjung yang ingin tahu lebih banyak mengenai filosofi Buddha, bergabung dalam meditasi bersama para biksu yang mengajarkan sifat mindfulness yang hanya fokus pada hal-hal positif.
Kamu juga bisa berkunjung ke Wat Suan Dok, di Chiang Mai yang memang menyediakan fasilitas retreat berupa meditation workshop dengan teknik Vipassana untuk memberikan pencerahan dan sifat mindfulness demi kualitas hidup yang lebih baik.
Masih ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi saat ingin meditasi. Mulai dari biara Wat Pah Nanachat dan Thai Plum di kawasan Northeast Thailand, atau di pusat kota Bangkok, ada kuil tertua bernama Wat Mahadhatu dan Dhamma Dhani (City of Dhamma) Vipassana Centres untuk kamu yang ingin menikmati ketenangan meski berada di tengah kota.
Bagaimana, ternyata banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan di Thailand untuk mendukung gaya hidup sehat sekaligus pelepas stres, kan?
Nah, agar liburan kamu nantinya lebih optimal, sebaiknya mulai catat keperluan dan buat itinerary kamu dari sekarang. Jangan lupa juga kunjungi website Tourism Authority of Thailand di sini, untuk mencari rekomendasi tempat wisata, kuliner, hingga keperluan akomodasi selama berada di Negeri Gajah Putih!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Authority of Thailand
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020