Bosan Menginap di Hotel? Staycation di Vila dan Apartemen Makin Asyik dan Mudah

16 November 2022 10:00
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi hotel dengan pemandangan terindah di dunia. Foto: fokke baarssen/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hotel dengan pemandangan terindah di dunia. Foto: fokke baarssen/Shutterstock
Platform Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, tiket.com, kembali memberikan kemudahan bagi traveler yang ingin staycation. Bosan menginap di hotel yang itu-itu saja?
Sekarang traveler bisa pilih akomodasi lainnya untuk staycation, mulai dari vila hingga apartemen lewat tiket.com.
Public Relations Sr. Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto, mengatakan produk tiket Vila & Apartemen hadir untuk memberikan pengalaman menginap yang berbeda saat staycation.
"Karena memang kita melihatnya di masa pandemi masyarakat tidak berhenti mencari hiburan, tidak berhenti mencari liburan. Nah, kita ingin perkenalkan bahwa akomodasi di tiket.com tidak hanya ada hotel saja tetapi juga ada vila dan apartemen," ujar Sandra saat ditemui kumparan di Halo Jae-Rumah Jae, Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11).
Sandra mengatakan Vila & Apartemen di tiket.com menjadi salah satu produk yang banyak dicari traveler di era pandemi yang mulai membaik ini.
Ilustrasi staycation di hotel. Foto: Dok. Pegipegi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi staycation di hotel. Foto: Dok. Pegipegi
Diluncurkan pada Agustus 2021 lalu, produk Vila & Apartemen hadir karena traveler butuh liburan yang berada dekat dengan rumah dengan kondisi yang private, namun tetap membawa suasana yang berbeda.
"Produk ini menghadirkan opsi akomodasi selain hotel untuk pengalaman private stay yang maksimal, seperti vila, apartemen, penginapan unik, glamping yang dapat membuat liburan semakin nyaman selayaknya home away from home," ujarnya.
tiket.com juga memiliki pilihan properti sebanyak lebih dari 20 ribu properti yang tersebar tidak hanya di Jabodetabek saja, tetapi juga di berbagai kota besar dan destinasi liburan terkemuka dari, seperti Bandung, Malang, Yogyakarta dan Bali.

Perubahan Gaya Menginap Traveler

Ilustrasi digital nomad. Foto: Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi digital nomad. Foto: Getty Images
Sandra menyebut, pandemi tak hanya mengubah gaya traveling seseorang tetapi juga melahirkan sebuah tren yang disebut dengan revenge tourism atau pariwisata balas dendam, termasuk salah satunya Work From Anywhere (WFA).
Tren ini tercermin dari data yang dimiliki tiket.com di mana customer melakukan pencarian akomodasi untuk long stay meningkat selama 2022. Traveler cenderung memilih akomodasi yang menawarkan suasana menyenangkan seperti di rumah sendiri.
"Customer kita sekarang cenderung mencari hunian yang long stay. Jadi, rata-rata sekarang stay-nya tuh bisa sampai tujuh hari," katanya.
Menurut Sandra, kecenderungan itu disebabkan karena adanya perubahan tren bekerja secara jarak jauh atau secara remote, WFA. Serta kondisi pandemi yang sudah mulai membaik.
 Ilustrasi staf hotel. Foto: David Tadevosian/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi staf hotel. Foto: David Tadevosian/shutterstock
"Banyak customer kita yang stay tuh rata-rata 7 hari. Sudah enggak dalam waktu singkat lagi," lanjut Sandra.
Tak hanya itu, baik sebelum hingga di masa pandemi, tren staycation terus mengalami peningkatan. Hal itu sejalan dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan tingkat hunian hotel pada bulan Mei 2021 hingga Mei 2022 mengalami kenaikan hingga 49,85 persen.
"Kalau datanya BPS itu even hunian hotel meningkat di 2022. Sepanjang tahun itu hampir 50 persen. Jadi, hunian hotel memang meningkat gitu ya. Artinya tren staycation memang masih diminati plus ada pelonggaran perjalanan dan kondisi pandemi yang membaik juga," imbuh Sandra.
Tiket.com pun mencatat peningkatan jumlah pemesanan yang sudah melampaui rekor sebelum pandemi di 2019.
Ilustrasi Museum gedung sate, Bandung, Jawa Barat.  Foto: Alfadillah
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Museum gedung sate, Bandung, Jawa Barat. Foto: Alfadillah
"Kemarin 2022 pertengahan itu kita sudah record breaking melebihi angka pemesanan sebelum adanya pandemi di 2019," tuturnya.
Adapun, ada lima kota teratas yang jadi top five destination untuk staycation. Kota Bandung di Jawa Barat, jadi salah satunya.
Bandung dianggap memberikan banyak pilihan akomodasi bagi traveler yang ingin menginap seperti hotel, vila, apartemen hingga glamping.
"Memang Bali untuk vila & apartemen masih paling tinggi dan Bandung ini nomor dua yang paling diminati. Untuk top five-nya adalah Bali, Bandung, Bogor, Jakarta, Yogyakarta, dan Malang," pungkasnya.
Tak hanya itu, bagi traveler yang ingin memesan vila dan apartemen di tiket.com, tersedia pula beberapa promo menarik yang bisa dinikmati.
Staycation di vila dan apartemen semakin hemat dengan promo diskon vila dan apartemen.
Untuk menikmati semua itu, tiket.com sedang mengadakan promo domestik yang berlangsung dari tanggal 21 September hingga 31 Desember 2022 mendatang.
Promo ini memberikan diskon hingga 45 persen plus ekstra diskon hingga Rp 500 ribu dengan kode promo STAYHOMES untuk vila & apartemen pilihan di Indonesia.