kumparan
20 Maret 2018 6:13

Brussels yang Terkenal dengan Patung Pipis

Patung Makhluk Pipis di Brussels (NOT COV)
Patung Makhluk Pipis di Brussels (NOT COV). (Foto: Daniel Chrisendo/kumparan)
Ada yang menarik dari kota Brussels, Belgia. Kalau ada pertanyaan apakah landmark dari kota ini? Maka jawabannya pastilah patung kecil anak laki-laki yang terletak di tengah-tengah kota. Patung ini terbuat dari perunggu dan tingginya hanya 61 sentimeter. Uniknya, patung ini berpose telanjang dan sedang pipis, seperti air mancur sehingga disebutlah ia sebagai Manneken Pis.
ADVERTISEMENT
Manneken Pis didesain oleh seorang pemahat dari Brussels bernama Hiëronymus Duquesnoy the Elder. Ia mendirikan patung ini pada tahun 1618 atau 1619. Patung perunggu yang ada sekarang, merupakan pengganti patung Manneken Pis lama yang juga mengeluarkan air kira-kira sejak tahun 1451-1452. Air tersebut dahulu digunakan sebagai sumber air minum.
Menariknya, meskipun kecil dan aneh, ternyata patung ini pernah dicuri setidaknya sembilan kali, kemudian ditemukan kembali. Sempat hancur sampai sebelas bagian, disatukan kembali, dan dibuang ke dasar kanal. Akhirnya, karena terlalu sering jadi korban vandalisme, patung Manneken Pis yang asli pun disimpan di dalam museum kota Brussels. Sementara yang terletak di air mancur hanyalah replikanya.
Patung Makhluk Pipis di Brussels
Patung Makhluk Pipis di Brussels. (Foto: Daniel Chrisendo/kumparan)
Lalu apakah cerita sesungguhnya di balik Manneken Pis ini? Tidak ada yang benar-benar tahu. Legenda yang paling populer adalah cerita tentang Duke Godfrey III dari Leuven, yang menjadi raja saat masih berumur dua tahun. Saat itu, Duke Godfrey III berperang melawan raja Grimbergen. Ketika sedang berperang, Duke Godfrey III dimasukkan ke dalam keranjang oleh pasukannya dan digantungkan ke pohon. Dari atas pohon, Duke Godfrey III mengencingi pasukan musuh dan akhirnya musuhnya pun kalah.
ADVERTISEMENT
Cerita lainnya adalah ada seorang ibu yang kehilangan anak laki-lakinya ketika sedang berbelanja di kota Brussels. Sang ibu panik dan seluruh kota ikut-ikutan mencari anak tersebut, termasuk wali kota Brussels. Ketika ditemukan, ternyata anak tersebut sedang kencing di pojokkan.
Patung Makhluk Pipis di Brussels
Patung Makhluk Pipis di Brussels. (Foto: Daniel Chrisendo/kumparan)
Landmark kota Belgia dan cerita di baliknya memang sedikit aneh. Meskipun begitu, Manneken Pis tetap menjadi incaran para turis untuk berfoto bersama. Menariknya, Manneken Pis tidak hanya sendirian. Beberapa ratus meter dari tempatnya berdiri, ada Jeanneke Pis dan Zinneke Pis. Mereka adalah anak perempuan dan anjing yang sedang pipis juga. Brussels memang terkenal dengan makhluk-makhluk yang sedang pipis ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan