kumparan
search-gray
Food & Travel23 Januari 2018 8:50

Bukan Cuma Cuaca Buruk, Inilah Penyebab Pesawatmu Delay

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi pesawat delay
Ilustrasi pesawat delay (Foto: Pexels)
Setiap akan naik pesawat, seringnya kita sudah tiba di bandara berjam-jam sebelum penerbangan. Daripada terlambat, lebih baik datang lebih awal kan? Tapi tak jarang, bukan penumpang yang terlambat, melainkan penerbangannya.
ADVERTISEMENT
Ya, keterlambatan penerbangan kadang memang menyebalkan. Jika alasannya karena cuaca buruk, kita sebagai penumpang semestinya mengerti. Sebab, penerbangan ditunda dilakukan demi keselamatan kita.
Dilansir Bloomberg, cuaca buruk kini bukanlah penyebab utama pesawat delay. Berdasarkan data yang dihimpun dari total 20,2 juta menit delay penerbangan di Amerika Serikat, 2,7 juta menit di antaranya disebabkan karena gangguan sistem komputer, gangguan mekanis, pembersihan pesawat, atau akibat kelambanan kru pesawat.
Cuaca buruk memang sering menjadi masalah. Gangguan cuaca bertanggung jawab atas keterlambatan 14,3 juta menit. Nah ternyata penyebab keterlambatan pesawat paling sering adalah karena penerbangan sebelumnya tiba tidak tepat waktu sehingga mengganggu sistem.
Ruang tunggu yang seperti ruang tunggu bandara
Ruang tunggu yang seperti ruang tunggu bandara (Foto: Iqra Ardini/kumparan)
Bagaimana pun, pesawat komersial adalah jenis kendaraan umum yang tidak bisa mengikuti kemauan kita sendiri. Banyak stakeholder yang berperan untuk mengantarkan kita sampai ke tujuan dengan selamat.
ADVERTISEMENT
Makanya, jangan terburu-buru kesal jika pesawatmu delay. Pasti ada alasan kuat kenapa pesawatmu terlambat. Nah sebagai penumpang, kamu juga harus mengetahui hak-hak sebagai penumpang jika pesawat delay dalam jangka waktu tertentu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white