kumparan
18 Agustus 2018 8:01

Cara Dapatkan WiFi Gratis saat Traveling ke Luar Negeri

Penggunaan internet dan WiFi di era digital kini seolah tak bisa dilepaskan. Bak menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu ada di mana pun dan kapan pun.
ADVERTISEMENT
Saking pentignya, punya benda elektronik tapi tidak ada internet seolah percuma saja, begitu pula sebaliknya. Nah, apa jadinya bila sedang traveling di luar negeri, tapi butuh jaringan internet yang cepat? Tentu mencari WiFi adalah jalan yang paling tepat.
Misalnya saat berada di hotel, kamu bisa memanfaatkan WiFi yang disediakan pihak penginapan. Atau cara lain, kamu bisa pergi ke beberapa tempat yang menyediakan jaringan internet. Seperti dilansir Trip Savvy, berikut tiga kiat agar kamu bisa mendapatkan internet yang cepat walau berada di luar negeri.
1. Pergi ke McDonalds atau Starbucks
Ilustrasi gerai Starbucks
Ilustrasi gerai Starbucks (Foto: DarkFritz via Wikimedia Commons)
Tips pertama agar kamu mendapat jaringan internet adalah dengan mengunjungi McDonalds atau Starbucks. Pasalnya, restoran cepat saji dan kedai kopi ini sama-sama mempunyai gerai yang sudah tersebar di berbagai negara, dan pastinya kamu tak akan kesulitan saat mencarinya.
ADVERTISEMENT
Keduanya sama-sama menawarkan WiFi yang bisa diakses gratis oleh siapa pun. Bila membutuhkan jaringan yang cepat, kamu bisa membeli makanan atau segelas kopi, kemudian tanyakan password WiFi kepada pelayan.
Tapi, sayangnya, beberapa toko kadang memberikan tambahan biaya untuk pengunaan internet. Maka dari itu, sebaiknya kamu cari tahu informasi terlebih dahulu gerai mana saja yang memberikan layanan internet secara cuma-cuma.
2. Gunakan Aplikasi Pencari WiFi
 Ilustrasi WiFi
Ilustrasi WiFi (Foto: Pixabay/ivke32)
Di era yang serba digital kini banyak bermunculan berbagai aplikasi yang membantumu melakukan segala sesuatu, termasuk mencari WiFi. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut, contohnya Wi-Fi Finder, OpenSignal, dan Wefi.
Yang perlu diperhatikan, kamu harus mencari tahu apakah aplikasi yang diunduh bisa melacak jaringan internet di negara yang kamu kunjungi. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang dapat membantumu mencari WiFi hanya di beberapa negara saja. Sementara untuk mencari jaringan internet di negara lain butuh beberapa syarat.
ADVERTISEMENT
3. Pergi ke Tempat Umum
Wifi
Wifi (Foto: Max Pixel)
Di beberapa negara maju memang mencari WiFi gratis bukan perkara sulit. Mereka menyediakan jaringan internet yang tersebar di ruang publik, seperti bandara, stasiun kereta api, dan hotel.
Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk menemukan WiFi. Pergilah ke stasiun terdekat kemudian gunakan internet sesuai kebutuhanmu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan