kumparan
search-gray
Food & Travel29 Juli 2020 9:03

Catat! ini Cara Daftar Online Berkunjung ke TN Komodo dan Labuan Bajo

Konten Redaksi kumparan
Catat! ini Cara Daftar Online Berkunjung ke TN Komodo dan Labuan Bajo (30388)
Tak lupa, Christian juga mengunjungi Pulau Rinca dan berpose dengan salah satu hewan paling purba di dunia, yaitu komodo. Foto: Instagram @csugiono
Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali membuka pintu untuk wisatawan terhitung sejak 15 Juni 2020. Salah satu destinasi wisata yang dibuka kembali adalah objek wisata Taman Nasional Komodo (TNK) dan Labuan Bajo yang berada di kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sudah dapat dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri sejak 22 Juni 2020
ADVERTISEMENT
Memasuki fase new normal, Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) melakukan sistem pendaftaran online dan membership bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Hal ini diterapkan guna mencegah jumlah turis yang membeludak masuk ke kawasan Taman Nasional, sekaligus mencegah penyebaran virus corona.
Catat! ini Cara Daftar Online Berkunjung ke TN Komodo dan Labuan Bajo (30389)
Pemandangan di Pulau Komodo, Flores. Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Dilansir Antara, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana Fatina mengatakan bahwa registrasi atau pendaftaran online bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Komodo (TNK) berlaku mulai 6 Juli 2020, bersamaan dengan uji coba di beberapa destinasi wisata Labuan Bajo.
''Banyak hal bisa kita capai melalui sistem (online) ini, salah satunya dengan makin terjaganya kelestarian wilayah TNK yang merupakan wilayah konservasi nasional kita, tanpa menghilangkan kesempatan bagi wisatawan untuk tetap berkunjung ke TNK dan mendapat pengalaman pariwisata berkualitas,'' kata Shana.
ADVERTISEMENT
Bagi turis yang akan memasuki Pulau Komodo dan Pulau Padar wajib memiliki kartu keanggotaan atau membership. Walaupun sistem membership ini masih dirancang kembali, namun untuk pendaftaran online sudah diterapkan.
Catat! ini Cara Daftar Online Berkunjung ke TN Komodo dan Labuan Bajo (30390)
com-Pulau Komodo Foto: Shutterstock
Pendaftaran online akan berlaku mulai Senin, 6 Juli 2020 mendatang. Ini merupakan waktu yang sama dengan uji coba di beberapa destinasi wisata Labuan Bajo.
Berikut cara mendaftar online bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo.
  • Semua wisatawan yang hendak ke Labuan Bajo dan TN Komodo wajib melakukan pendaftaran online dengan memilih agen perjalanan yang sudah terdaftar secara resmi dan berkantor di Labuan Bajo. Anda harus mendaftar melalui situs pendaftaran booking.labuanbajoflores.id.
  • Saat registrasi online, Anda akan diminta untuk mengisi data berkunjung. Mulai dari kunjungan ke kawasan Taman Nasional Komodo, Wisata darat, atau wisata laut.
  • Untuk calon wisatawan yang hendak melihat habitat satwa Komodo, Anda dapat memilih lokasi dan jam kunjungan khususnya untuk di lokasi Loh Liang, Loh Buaya, dan Pulau Padar.
  • Setelah melakukan registrasi online, aka nada email validasi yang akan dikirimkan ke email Anda untuk pemesanan online.
  • Bukti pemesanan online dan seluruh dokumen kelengkapan perjalanan wajib dicetak dan dibawa untuk divalidasi ulang saat tiba di Bandara Komodo.
ADVERTISEMENT
Wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat dan di luar Taman Nasional Komodo, Pemda setempat membebaskan biaya masuk ke semua destinasi wisatanya. Kebijakan ini berlaku hingga 31 Juli 2020.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white