kumparan
search-gray
Food & Travel24 Oktober 2019 13:59

Curug Cikuwulung, Curug Tersembunyi di Bogor dengan Nuansa ala Sumba

Konten Redaksi kumparan
Angela Gilsha menyambangi Curug Cikuluwung (portrait)
Angela Gilsha menyambangi Curug Cikuluwung (portrait) Foto: Instagram/angelagilsha
Rasanya tidak berlebihan, jika kita menjuluki Bogor sebagai surganya curug. Ya, Kota Hujan ini memang menyimpan banyak curug indah untuk disambangi pada akhir pekan. Sebut saja Curug Leuwi Lieuk, Curug Leuwi Hejo, Curug Cilember, Curug Bidadari, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Nah, kali ini, kumparan akan membahas sebuah curug bernama Curug Cikuluwung. Curug Cikuluwung adalah salah satu destinasi menarik di Bogor yang bukan cuma indah disambangi, tetapi juga Instagenic. Jadi, pastikan kamu menyempatkan waktu untuk berburu foto-foto apik saat berada di curug itu.
Berlokasi di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, curug ini memiliki air yang jernih bernuansa biru dan berada di tengah-tengah tebing berbatu. Lokasinya yang tersembunyi membuat Curug Cikuluwung seakan menjadi 'permata tersembunyi' yang patut dieksplorasi.
Salah seorang selebriti Indonesia, Angela Gilsha, bahkan pernah menyambangi curug tersebut untuk membuktikan sendiri keindahannya. Curug Cikuluwung memiliki kedalaman sekitar tujuh meter pada bagian kolamnya yang terbentuk dari aliran dua air terjun yang saling berdekatan.
ADVERTISEMENT
Air dari kolam alaminya mengalir menuju sungai yang juga tak jauh dari curug itu sendiri, jadi kamu tak perlu khawatir soal sirkulasi airnya. Tebing bebatuannya yang indah berpadu dengan suara debur air dan juga pepohonan di sekitarnya memberikan kesan eksotis yang mendalam, serta syahdu bagi pengunjungnya.
Bebatuan yang tersusun rapi di sekitarnya bahkan seakan memberikan nuansa seperti berada di Sumba. Belum lagi apabila angin sepoi-sepoi berhembus, wah, kunjungan ke Curug Cikuluwung pastinya akan terasa lebih nikmat lagi.
Curug Cikuwulung sendiri bukan hanya ada satu curug saja, lho, tetapi ada dua. Kamu bisa memasuki yang mana pun sesuai yang diinginkan. Hanya saja, curug satu dan curug dua memiliki pintu masuk yang berbeda, begitu pula dengan tiket masuknya.
ADVERTISEMENT
Untuk bisa mengunjungi Curug Cikuwulung, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 10-15 ribu per orang. Ini belum termasuk parkir kendaraan mulai dari Rp 5 ribu.
Di masing-masing curug terdapat kolam alami. Curug satu misalnya, ada tiga kolam alami yang bisa kamu temukan, tetapi di antaranya ada satu kolam yang tidak boleh dimasuki pengunjung untuk berenang walaupun mengenakan pelampung. Sebab, di kolam tersebut terdapat pusaran air yang kabarnya bisa menyedot pengunjung.
Sementara di kolam lainnya, kamu bebas untuk berendam maupun berenang, baik menggunakan atau tanpa mengenakan pelampung. Sedangakn di curug yang kedua, kamu bisa lebih bebas untuk berenang, asalkan mengenakan pelampung.
Sesuai dengan namanya, aliran air Curug Cikuwulung berasal dari Sungai Cikuwulung yang berhulu di Gunung Salak. Ketinggian curug ini hanya sekitar tiga meter saja. Terlihat tak tinggi memang, tapi kamu mesti tetap hati-hati dengan licinnya bebatuan, karena aliran air yang berasal dari curug tersebut.
ADVERTISEMENT
Untuk bisa mencapai Curug Cikuluwung, kamu mesti berangkat mengikuti jalur Dramaga menuju Cemplang dengan kendaraan bermotor dari Kota Bogor. Setelah tiba di Cemplang, kamu perlu menempuh waktu sekitar sejam menuju Curug Cikuluwung.
Kamu mesti trekking sekitar lima menit saja di jalur setapak untuk menuruni tebing menggunakan tangga sederhana. Usahakan kamu membawa alas kaki yang mumpuni, supaya tidak jatuh atau terpeleset ketika trekking singkat ini. Seru dan menantang, kan.
Curug Cikuwulung buka pada pukul 08.00-11.00 WIB dan kemudian akan dibuka kembali pada pukul 13.00-16.00 WIB. Di luar dari jam itu, pengunjung tidak akan diperbolehkan untuk masuk.
Jangan pernah berpikir untuk berenang di Curug Cikuwulung pada malam hari, karena kabarnya penunggu curug tak suka 'diganggu' dengan kehadiran pengunjung. Selain itu, pastinya akan lebih berisiko dari sisi keselamatan.
Curug Cikuluwung di Bogor
Curug Cikuluwung di Bogor Foto: Instagram/@aldybaihaqi
Konon, bagi orang-orang yang memiliki kemampuan lebih, mereka dapat melihat bebatuan yang tersusun rapi di sekitar curug membentuk kursi-kursi bagi Kerajaan Mulawarman. Sementara tebing yang mengapitnya terukir indah dengan ukiran tak kasat mata.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu para perempuan pemberani yang ingin datang dan melihat sendiri keindahan Curug Cikuluwung, disarankan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna merah. Jika dilanggar, maka kamu bisa saja celaka.
Namun, di balik cerita mistis dan misteri yang membalutnya, Curug Cikuluwung memang sangat pantas untuk dijadikan destinasi liburan akhir pekan di Bogor. Gimana, kamu tertarik?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white