kumparan
search-gray
Food & Travel30 Juni 2020 12:25

Daftar Maskapai yang Sediakan Layanan Rapid Test, Beserta Harganya

Konten Redaksi kumparan
PTR, LIPSUS Perbudakan Pilot, Ilustrasi Lion Air
Ilustrasi Lion Air. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
Di tengah tatanan kenormalan baru, menjalani rapid test atau PCR test dan dinyatakan bebas virus corona menjadi keharusan bagi penumpang pesawat. Hal itu lantaran kondisi kesehatan penumpang menjadi salah satu hal yang difokuskan maskapai penerbangan ketika hendak mengoperasikan layanannya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020, terdapat kriteria dan syarat bagi orang yang melakukan perjalanan. Salah satu syarat yang harus dipatuhi adalah menyerahkan surat keterangan uji rapid tes dan tes PCR dengan hasil negatif virus corona.
Melihat kondisi tersebut, beberapa maskapai di Indonesia telah menyediakan layanan rapid test untuk mempermudah calon penumpang yang hendak bepergian dengan transportasi udara. Berikut kumparan rangkum, tiga maskapai yang tawarkan jasa rapid test:

1. Sriwijaya Air Group

Sriwijaya Air di Bandara Biak
Sriwijaya Air di Bandara Biak Foto: Sari Kusuma Dewi/kumparan
Sriwijaya Air Group menyediakan layanan fasilitas rapid test virus corona untuk para calon penumpang. Pengadaan fasilitas rapid test dilakukan seiring dengan periode transisi menjelang new normal yang kini tengah berjalan.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena, mengatakan total ada lima titik yang disediakan perusahaan dalam layanan rapid test, antara lain di Sriwijaya Air Tower di Cengkareng, Sales Office Sriwijaya Air Melawai di Jakarta, Sales Office Sriwijaya Air di Makassar, dan Sales Office Sriwijaya Air di Pontianak.
Sriwijaya Air
Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air di landasan pacu Foto: Shutterstock
Fasilitas rapid test ini sudah dimulai dan terbuka untuk umum, sehingga siapa pun bisa langsung datang ke lima lokasi tersebut. Pelaksanaan rapid test di Jakarta, Pontianak, dan Makassar dibanderol Rp 300 ribu.
Hasil rapid test ini bisa langsung diketahui paling lama 30 menit setelah menyelesaikan prosedur. Kendati baru ada di lima titik, pihak Sriwijaya Air Group rencananya akan menambah lokasi rapid test di beberapa kota lainnya.
ADVERTISEMENT

2. Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia. Foto: Reuters/Beawiharta
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyediakan layanan pengecekan reaktif COVID-19 atau rapid test bagi penumpang yang membeli tiket kelas bisnis atau layanan Premium Check-in. Rapid test tersebut bisa dilakukan di Hutan Kota By Plataran, yang berada di area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.
Untuk pengguna tiket Garuda Indonesia Premium Check-in, nantinya tidak perlu lagi mengantre di barisan area check-in Bandara Soekarno-Hatta. Sebelum menuju bandara, staf Garuda Indonesia yang berada di Plataran akan memeriksa dokumen yang dibutuhkan saat penerbangan.
Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia Foto: Shutter stock
Layanan rapid test COVID-19 ini merupakan kerjasama Garuda Indonesia dengan Indonesia Medical Travel Board (IMTB). Sementara itu, Puspa Widyowati, Bussiness Relationship Manager Indonesia Medical Tourism Board, mengatakan bahwa harga untuk pemeriksaan rapid test dibanderol sebesar Rp 315 ribu. Sedangkan untuk pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), harga yang harus dibayar sebesar Rp 1,5 juta.
ADVERTISEMENT
Hasil masing-masing test COVID-19 dapat diberikan secara online melalui whatsapp, email, atau juga bisa berupa hard copy yang dapat diambil di Hutan Kota by Plataran. Untuk rapid test hasilnya akan keluar dalam waktu 20 menit setelah pemeriksaan. Sedangkan, untuk test PCR akan selesai dalam waktu 3 hari.

3. Lion Air

Pemberishan pesawat Lion Air's Boeing 737-800
Petugas bersiap sebelum melakukan proses sterilisasi pesawat Lion Air di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3). Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Mengikuti Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia, maskapai berlogo singa bersayap itu kini juga menawarkan jasa rapid test. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan tawaran metode uji kesehatan skrining awal dan cepat (rapid test) virus corona diberikan khusus kepada penumpang Lion Air Group.
Biaya Rapid Test COVID-19 yang harus dikeluarkan sebesar Rp 95 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk surat keterangan sesuai hasil dengan masa berlaku 14 hari. Selain itu, pelaksanaan Rapid Test Covid-19 bekerja sama dengan Klinik Lion Air Medika.
ADVERTISEMENT
Layanan ini tersedia di tiga maskapai Lion Air Group, yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air mulai Senin (29/6) lalu. Pada tahap awal, layanan Rapid Test COVID-19 tersedia di empat lokasi kantor Lion Air, yakni di Jl. Gajah Mada, Jl. Kalimalang, Jl. Kedoya Raya, dan Jl. Marsekal Surya Darma Kota Tangerang.
Kegiatan penerbangan Angkasa Pura II
Kegiatan rapid test yang dilakukan Angkasa Pura II. Foto: Angkasa Pura II

Untuk syarat ketentuan menikmati layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air, yakni sebagai berikut:

1. Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,
2. Pembelian voucher Rapid Test COVID-19 dapat dilaksanakan dan diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
3. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test COVID-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test COVID-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, online travel agent, www.lionair.co.id, www.batikair.com, agen perjalanan dan lainnya.
ADVERTISEMENT
****
Saksikan video menarik di bawah ini: