Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia

2 November 2021 18:08
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia (33904)
zoom-in-whitePerbesar
Danau Toba di Sumatera Utara. Foto: Dok. KBRI Paris
Begitu banyak danau yang ada di dunia ini, apalagi di Indonesia yang dikenal memiliki banyak pemandangan indah dan kekayaan alam yang luar biasa.
ADVERTISEMENT
Tapi tahukah kamu, baru-baru ini salah satu media Australia, Traveller.com.au memilih Danau Toba menjadi salah satu dari 10 danau paling istimewa di dunia.
Dilansir Traveller, ada beberapa faktor yang membuat danau tersebut menjadi luar biasa. Mulai dari ukuran, lingkungan, kedalaman, ketinggian, hingga satwa liar yang berada di sekitarnya.
Bukan hanya Danau Toba, tetapi ada sembilan danau lainnya yang masuk ke dalam daftar paling indah di dunia. Seperti The Caspia Sea (Azerbaijan), Danau Baikal (Russia), Ojos del Salado Pool (Argentina), Danau Titicaca (Peru), Danau Kariba (Zimbabwe), Kati Thanda-Lake Eyre (Australia), Danau Turkana (Kenya), Danau Malawi (Kenya), dan Danau Michigan (Amerika Serikat).
Sejarah Danau Toba, Sumatera Utara, Menurut Cerita Rakyat
Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia (33905)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana Danau Toba, Sumatera Utara. Foto: Shutter Stock
Mungkin banyak yang penasaran seperti apa sejarah dari Danau Toba yang mampu menarik perhatian media asing, hingga menjadikannya salah satu danau paling istimewa di dunia.
ADVERTISEMENT
Dilansir situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Danau Toba adalah danau vulkanik yang terletak di Sumatera Utara. Danau ini merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata yang ditetapkan untuk jadi Destinasi Super Prioritas (DSP).
Terbentuknya Danau Toba tidak terlepas dari cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat yang tidak bisa dipisahkan dari kisah Toba dan ikan emas.
Menurut cerita yang dipercaya masyarakat, nama Danau Toba berawal dari pemuda yatim piatu yang bernama Toba. Ia bekerja sebagai petani dan sering memancing di sungai yang tidak jauh dari rumahnya.
Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia (33906)
zoom-in-whitePerbesar
Sunrise di Danau Toba dari Pulau Sibandang Foto: Shutter Stock
Suatu hari, Toba mendapatkan ikan emas berukuran besar dan memiliki sisik yang indah dan berkilau, saat itu ia memutuskan untuk memeliharanya.
Ternyata, setelah ditangkap, ikan emas itu berubah menjadi perempuan yang sangat cantik. Toba pun jatuh cinta dan memutuskan untuk menikahi putri yang awalnya menjelma menjadi ikan mas.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sang putri pun memberi syarat, Toba tidak boleh menceritakan asal usulnya kepada siapa pun. Toba pun menyetujuinya dan mereka berumah tangga dengan sangat harmonis.
Hingga mereka dikaruniai seorang anak yang bernama Samosir. Mulailah cerita ketika Samosir diminta oleh ibunya untuk mengantarkan makan ke ayahnya yang sedang bekerja di ladang.
Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia (33907)
zoom-in-whitePerbesar
Pemandangan Danau Toba dari Huta Ginjang, Tapanuli Utara. Foto: Andari Novianti/kumparan
Di tengah jalan Samosir kelaparan, lalu memakan makanan sang ayah. Mengetahui makanannya dimakan oleh sang anak, Toba marah besar dan berteriak kalau Samosir adalah anak ikan.
Saat itu juga langit jadi gelap dan disertai hujan deras berhari-hari. Karena kejadian itulah muncul danau besar yang dikenal dengan Danau Toba, dan pulau yang ada di tengahnya adalah Pulau Samosir.
Terbentuknya Danau Toba, Sumatera Utara Berdasarkan Sains
Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia (33908)
zoom-in-whitePerbesar
Sandiaga Uno mengunjungi salah satu spot wisata di Danau Toba, Adian Nalambok, Kamis (10/6). Foto: Dok. Istimewa
Menurut Van Bemmelen, Geolog asal Belanda dalam bukunya The Geology of Indonesia (1939), Danau Toba berawal dari gunung api purba yang melakukan aktivitas vulkanik dan menyebabkan erupsi yang sangat besar.
ADVERTISEMENT
Proses vulkanik dan teknik terjadi secara bersamaan dan inilah yang menyebabkan amblas di bagian tengah gunung yang memanjang dari arah barat laut hingga tenggara.
Menurut penelitian, Gunung Api Purba Toba ini dulunya adalah gunung api supervolcano yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan magma minimal 300 kilometer kubik saat meletus 74 ribu tahun yang lalu.
Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Istimewa di Dunia (33909)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi destinasi wisata Danau Toba Foto: Dok. Kementerian Pariwisata
Saat meletus, gunung itu mampu mengeluarkan 2.800 kilometer kubik material vulkasnik.
Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Toba dari Kota Medan, kamu harus menempuh jarak 90 km dengan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam.
Tapi, pada bulan Desember 2021 pembangunan Tol Kuala Tanjung akan segera rampung, dan ini bisa memangkas waktu perjalanan para wisatawan yang ingin ke Danau Toba jadi hanya 1,5 jam saja.
ADVERTISEMENT
Danau Toba buka setiap hari dan untuk mengunjungi danau tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Siapa sangka hasil letusan gunung api purba itu menjadi danau yang indah dan wajib untuk kalian kunjungi ketika berada di Sumatera Utara.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020