Food & Travel2 Oktober 2018 19:03

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Batik Pekalongan

Konten Redaksi kumparan
Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Batik Pekalongan (579299)
Museum Batik, Pekalongan (Foto: Museumbatik.info)
Hari batik nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya memiliki makna tersendiri bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.
ADVERTISEMENT
Berbicara mengenai batik, Indonesia ternyata memiliki banyak kota batik yang terkenal dengan ciri khas motifnya lho. Salah satunya adalah Kota Pekalongan yang ada di Jawa Tengah.
Kota yang memiliki julukan sebagai kota batik ini memiliki industri kain batik terbesar di Indonesia. Tidak hanya terkenal dengan industri batiknya, Pekalongan juga memiliki beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja? Yuk simak.
1. Museum Batik Pekalongan
Sebagai salah satu kota yang terkenal dengan sentra batiknya, Pekalongan memiliki salah satu museum yang terkenal yaitu Museum Batik Pekalongan. Muesum ini berada di kawasan budaya Jatayu Pekalongan.
Museum yang memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi ini menyimpan banyak koleksi batik tua hingga modern yang berasal dari beberapa daerah di nusantara seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Papua. Tidak hanya kain batik khas Indonesia, museum tersebut menyimpan beberapa kain jenis batik dari mancanegara.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya memamerkan koleksi batiknya, Museum Batik Pekalongan juga menjadi pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran tentang batik.
Museum ini dibuka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore, dan ditutup pada hari libur nasional. Untuk tiket masuk museum ini sendiri sangatlah terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah saja untuk orang dewasa dan 2.000 rupiah untuk anak-anak serta pelajar. Sedangkan untuk turis mancanegara sebesar 10.000 rupiah.
2. Wisata Watu Ireng
Destinasi wisata yang ada di Pekalongan berikutnya adalah wisata alam Watu Ireng. Terletak di Desa Lambur, Kecamatan Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah, objek wisata ini termasuk ramai dikunjungi para wisatawan.
Di sini kamu dapat melihat pemandangan yang indah dari atas. Selain menikmati pemandangan hutan pinus serta perkebunan dan sawah yang hijau. Kamu juga dapat melakukan beberapa aktivitas outdoor lainnya seperti climbing, camping, dan hammocking.
ADVERTISEMENT
Watu Ireng sendiri jika diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti batu hitam.
Sesuai namanya, di tempat wisata tersebut terdapat sebuah batu yang berwarna hitam di atas bukit. Yang menjadi keunikan objek wisata ini yaitu kabarnya jika kamu menghentakkan kaki di atas batu tersebut maka akan mengeluarkan suara seperti gong.
3. Pantai Wonokerto
Pantai Wonokerto menjadi salah satu wisata pantai andalan yang berada di Kabupaten Pekalongan. Selain Pantai Depok yang berada di Kecamatan Silawan, Pantai Wonokerto merupakan pantai yang menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan di Pekalongan.
Ketika mengunjungi pantai tersebut, di sepanjang bibir pantai kamu akan menemui banyak pohon cemara dan pohon jenis lainnya yang semakin menambah keasrian pantai tersebut.
ADVERTISEMENT
Kamu juga dapat melihat indahnya pantai tersebut dengan hamparan pasirnya yang berwarna kecokelatan. Selain pemandangan yang indah dan ombak yang tidak terlalu besar, di pantai tersebut juga terdapat beberapa spot foto dengan caption-caption menarik yang semakin membuat feed instagrammu semakin berwarna.
4. Lolong Adventure
Wisata alam berikutnya terletak di Kecamatan Kajen atau sekitar 34 km dari Kota Pekalongan. Lolong Adventure merupakan salah satu objek wisata di Pekalongan yang menawarkan wahana petualangan dan wisata alam.
Di sini kamu dapat memilih aneka kegiatan alam yang tersedia sesuai dengan minat kamu. Bagi kamu yang suka petualangan yang menantang, kamu bisa mencoba rafting atau arung jeram. Kamu akan menyusuri Sungai Sengkarang yang masih asri dan bersih sejauh kurang lebih 9 km. Tidak hanya itu terdapat beberapa pilihan wisata alam lainnya seperti tubing, jungle trekking, dan juga camping.
ADVERTISEMENT
5. Ekowisata Petungkriyono
Masih tentang wisata alam, objek wisata yang dapat kamu kunjungi selanjutnya adalah wisata kawasan Ekowisata Petungkriyono yang ada di Pekalongan. Di kawasan ekowisata ini terdapat objek wisata lainnya yang terdiri dari Curug Bajing, Curug Muncar, Curug Lawe, Curug Sibedug, Curug Telu dan Kedung Pitu, Curug Jepang, kebun stroberi sampai river tubing di Sungai Welo dan masih banyak lagi.
Hutan yang asri dan udara yang segar membuat tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan pikiran dari segala padatnya aktitvitas. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang indah. Jika beruntung kamu dapat melihat sejumlah satwa langka seperti Elang Jawa, dan beberapa spesies primata yang ada di hutan tersebut. Ditambah kamu juga dapat melihat sekitar 200 spesies bunga anggrek yang ada di sana.
ADVERTISEMENT
6. Linggo Asri
Berlibur ke Pekalongan rasanya kurang lengkap jika tidak menggunjungi Linggo Asri, objek wisata alam yang menjadi favorit keluarga.
Terletak di kaki Gunung Dieng tepatnya di Kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.
Linggo Asri memiliki beberapa objek wisata yang cukup lengkap mulai dari taman terbuka, tempat bermain anak, kolam renang, kebun binatang, tempat outbound, arum jeram dan lainnya.
Banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan, ditambah letaknya yang strategis yang berada di jalur penghubung antara Kabupaten Pekalongan dan Wonosobo, membuat objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.
7. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo
Wisata Gunung Kendalisodo di Tlogopakis, Pekalongan, Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus kamu kunjungi karena pesona keindahannya. Bagi kamu yang suka mendaki, objek wisata yang berada di Pekalongan ini wajib kamu coba.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapai puncak gunung ini kamu harus mendaki ke ketinggian sekitar 1.699 mdpl agar sampai ke puncak Gunung Kendalisodo, atau yang dikenal dengan Puncak Hanoman.
Di Puncak Hanoman, kamu dapat melihat sebuah tugu peninggalan Belanda yaitu Tugu Trianggulasi.
Siap untuk ke Pekalongan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white