kumparan
4 Desember 2019 10:14

Dukung Pariwisata Danau Toba, Tapanuli Utara Fokus Pengembangan SDM

Danau Toba
Ilustrasi destinasi wisata Danau Toba Foto: Dok. Kementerian Pariwisata
Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan mengungkapkan bahwa selain pembangunan infrastruktur, pendidikan menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan pariwisata di Tapanuli Utara.
ADVERTISEMENT
"Selain pembangunan infrastruktur, yang menjadi fokus kita lainnya adalah pembangunan SDM. Terkait SDM maka yang dibutuhkan selanjutnya adalah peningkatan pendidikan," ucap Nikson kepada kumparan dalam acara Familiarization Trip Media Digital Nasional ke Destinasi Super Prioritas di Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Selasa (3/12).
Danau Toba
Wisatawan melihat pemandangan Danau Toba dari Huta Ginjang, Tapanuli Utara. Foto: Andari Novianti/kumparan
Nikson mengungkapkan, dari tiga hal yang menjadi trigger kemajuan pariwisata di Tapanuli Utara yaitu pendidikan, investasi, dan kesehatan, dirinya lebih fokus ke pendidikan. Menurutnya, dengan adanya perguruan negeri, pasti pariwisatanya maju, investasi masuk dan tentunya kesehatan juga maju.
"Kalau kita bicara SMK, terutama pariwisata, saya pikir terlalu local wisdom. Lalu, SMK ini tidak mungkin langsung bekerja di hotel. Untuk itulah pentingnya kehadiran Universitas Negeri untuk meningkatkan SDM," ucap Nikson.
Bupati Tapanuli Utara
Drs. Nikson Nababan, Bupati Tapanuli Utara Foto: Erwin Gumilar
Memperkuat ucapannya tersebut, Nikson turut menjelaskan beberapa hal yang selama ini menjadi kendala perkembangan pariwisata di Tapanuli Utara yaitu infrastruktur, dan kebiasaan masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Pertama infrastruktur, kemudian masalah budaya. Kami sadar betul masyarakat Danau Toba belum tercipta menjadi pelayan masyarakat yang tentunya pelayan wisata yang mau mengembangkan diri, mau belajar, mau beradaptasi dan ada keseriusan antara pemerintah, baik provinsi, kabupaten, untuk bagaimana membuat konsep. Itu yang membuat perkembangannya agak lamban, bahkan mati suri.
Kendala-kendala tadi harus saya sampaikan juga bahwa pembangunan fisik, bandara, kapal-kapal, jalan diperbaiki, ada kegiatan atraksi, kalau tidak ditunjang SDM akan gagal. Maka penting sekali SDM untuk secara linier fisik jalan, infrastruktur jalan, SDM juga harus dibenahi. Maka saya usulkan pendirian universitas negeri di Tapanuli Utara, yang tentunya fakultasnya kita share di kabupaten," tutup Nikson.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan