kumparan
Food & Travel2 Desember 2018 7:32

Ekosistem Kembali Pulih, Gerombolan Hiu Terlihat Berenang di Maya Bay

Konten Redaksi kumparan
Indahnya Maya Bay di Thailand
Indahnya Maya Bay di Thailand (Foto: Pixabay)
Sebagai salah satu pantai terindah dan terpopuler di Asia, Maya Bay menjadi incaran para wisatawan saat berlibur di Thailand.
ADVERTISEMENT
Apalagi pantai ini semakin dikenal dunia berkat film 'The Beach' yang diperankan Leonardo DiCaprio.
Karena kepopulerannya tersebut, Maya Bay telah dikunjungi sebanyak 6 ribu wisatawan setiap harinya. Otomatis, dampak ledakan wisatawan yang berkunjung ke Maya Bay tersebut membuat ekosistem di sekitar pantai rusak.
Hal itu disebabkan aktivitas wisatawan yang tak terkontrol di sekitar pantai. Belum lagi speedboat yang mengantar turis ke Maya Bay dari dari Pulau Phi Phi, Phuket, serta Krabi yang ikut membuat rusak terumbu karang yang ada di bawahnya.
Ditutup sementara pada Juni 2018
Ditutup sementara pada Juni 2018 (Foto: Pixabay)
Akibat hal tersebut, pemerintah Thailand menutup Pantai Maya Bay selama empat bulan terhitung sejak 1 Juni agar ekosistem di sekitar pulau pulih dari efek pariwisata.
Namun, para ahli kelautan memutuskan bahwa pemulihan ekosistem tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Hingga akhirnya pada bulan Oktober, pemerintah Thailand memutuskan untuk menutup pulau tersebut hingga batas waktu yang tidak ditentukan.
ADVERTISEMENT
Penutupan tersebut ternyata membuahkan hasil, baru-baru ini sebuah rekaman video yang diposting oleh pemerintah Thailand di media sosial menunjukkan sejumlah besar hiu blacktip atau hiu sirip hitam yang berenang di sekitar Pulau Koh Phi Phi Lei.
Ahli kelautan Bangkok dari Kasetsart University, Thon Thamrongnawasawat melalui akun Facebook-nya juga menegaskan bahwa perairan di sekitar teluk telah membaik.
"Ketika kami mengembalikan teluk itu, lusinan hiu hitam kembali. Ini adalah sinyal yang jelas. Hiu ini sangat penting bagi ekosistem. Ini adalah predator yang membantu mengendalikan jumlah dan ikan di terumbu karang," ujar Thon Thamrongnawasawat seperti dikutip dari Evening Standard.
Kembalinya ekosistem tersebut juga dibuktikan dengan air mulai jernih dan terumbu karang yang kembali tumbuh di perairan sekitar pantai.
ADVERTISEMENT
“Kembalinya hiu ini penting. Tidak hanya pulau Maya Bay atau Phi Phil tapi juga terumbu karang di sekitarnya. Semoga mereka akan tinggal bersama kami untuk waktu yang lama. ” tandas Thon.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan