Food & Travel
·
22 September 2019 15:47

Gara-gara Pembangunan Jalan, Merlion di Singapura Terancam Dirobohkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gara-gara Pembangunan Jalan, Merlion di Singapura Terancam Dirobohkan (178040)
Patung Merlion di Pulau Sentosa, Singapura Foto: Shutter Stock
Wisatawan yang berencana berkunjung ke Singapura khususnya di Pulau Sentosa nampaknya akan sedikit kecewa sebab Patung Merlion, yang tak lain adalah ikon Negeri Singa, terancam dirobohkan.
ADVERTISEMENT
Sebab, pemerintah setempat tengah merencanakan pembangunan jalan raya yang menghubungkan Sentosa bagian selatan dan utara. Sayangnya posisi patung singa tersebut berada di salah satu titik pembangunan proyek bernama Sentosa Sensoryscape tersebut.
Dikutip dari Business Insider, Minggu (22/9), rencana penghancuran patung Merlion setinggi 37 meter tersebut akan dimulai pada akhir tahun ini. Meski demikian Sentosa Development Corporation belum mengonfirmasi mengenai perobohan tersebut. Sebab, perobohan Merlion hanya akan dilakukan jika pembangunan proyek Sentosa Sensoryscape dimulai.
Gara-gara Pembangunan Jalan, Merlion di Singapura Terancam Dirobohkan (178041)
Patung Merlion di Pulau Sentosa, Singapura Foto: Shutter Stock
One Faber Group, pengelola kawasan wisata tempat Patung Merlion, menyebutkan bahwa 20 Oktober 2019 merupakan hari terakhir patung singa atau Merlion beroperasi. Untuk menghibur wisatawan, manajemen One Faber Group akan menawarkan tiket setengah harga.
Potongan harga ini berlaku sejak 21 September 2019 hingga penutupan Patung Merlion pada 20 Oktober 2019 mendatang. Namun perlu dicatat bahwa tiket ini hanya bisa dipesan pada laman resmi One Faber.
ADVERTISEMENT
Harga tiket untuk pengunjung dewasa dibandrol seharga 15 dolar Singapura, dan 12.5 dolar Singapura untuk anak-anak. Sedangkan untuk warga berusia lanjut, bisa mendapatkan tiket masuk secara gratis dengan membuat surat keterangan NRIC sebagai bukti.
Sebagai bagian dari perpisahan, Sentosa Merlion akan menghadirkan pertunjukan edisi khusus yakni Sentosa Merlion Magic Light. Pertunjukkan ini akan digelar setiap malam yakni pukul 19.45, 20.20, 20.55 dan 21.30 waktu setempat.
Gara-gara Pembangunan Jalan, Merlion di Singapura Terancam Dirobohkan (178042)
Patung Merlion di Pulau Sentosa, Singapura Foto: Shutter Stock
Patung Merlion dibuat oleh Seniman Australia bernama James Martin pada 1996 silam. Saat itu, Merlion Sentosa yang mempunyai 320 sisik pada ekornya ini, membutuhkan biaya senilai USD 8 juta untuk pembangunannya.
Ketika selesai dibangun, patung tersebut dihiasi dengan 16.000 lampu serat optik. Sentosa Merlion Singapura ini juga bisa mengeluarkan asap dari lubang hidungnya. Bahkan patung ini dilengkapi dengan suara menderu. Sampai hari ini patung ini bisa menembakkan sinar laser dari matanya.
ADVERTISEMENT