Food & Travel
·
3 April 2021 13:17

Hadirkan Pengalaman Berbeda, All Nippon Airways Buka Restoran di Dalam Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hadirkan Pengalaman Berbeda, All Nippon Airways Buka Restoran di Dalam Pesawat (670578)
searchPerbesar
All Nippon Airways. Foto: Shutter Stock
Banyak maskapai penerbangan yang kini melakukan inovasi untuk tetap bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19. Terbaru, maskapai asal Jepang All Nippon Airways, membuka salah satu pesawat yang di-ground-kan sebagai 'restoran'.
ADVERTISEMENT
Dilansir Fox News, maskapai ini mulai menyajikan makanan dalam penerbangan dengan pesawat stasioner Boeing-777 di Bandara Haneda, Tokyo, pada minggu ini.
Pada hari pertama pembukaannya, 'restoran' itu sendiri bisa menampung sekitar 60 penumpang untuk makan siang, dan 60 penumpang untuk makan malam.
Menurut laporan Guardian, All Nippon Airways juga berencana untuk menawarkan 22 sesi makan siang dan makan malam pada bulan April. Setiap sesi akan berlangsung sekitar tiga jam.
Hadirkan Pengalaman Berbeda, All Nippon Airways Buka Restoran di Dalam Pesawat (670579)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan di dalam kabin pesawat Foto: Shutter stock
Dalam pengalaman unik ini, pelanggan bisa memilih beragam jenis makanan yang disediakan. Mulai dari makanan kelas satu seharga 59.800 yen atau sekitar Rp 7,9 juta, dan makanan kelas bisnis seharga 29.800 yen atau sekitar Rp 3,9 juta.
Nantinya, pelanggan harus memilih makanan terlebih dahulu. All Nippon Airways menyediakan dua menu makanan yang bisa dipilih, yaitu menu Jepang atau internasional.
ADVERTISEMENT
Menariknya, meskipun pihak maskapai tidak menawarkan hiburan dalam penerbangan, mereka bisa menggunakan ruang tunggu di Bandara Haneda, Tokyo. Mereka juga bisa menerima beragam fasilitas yang ditawarkan pihak maskapai dan bandara.
Sementara itu, All Nippon Airways bukanlah maskapai pertama yang membuka salah satu pesawatnya untuk dijadikan restoran sementara.
Sebelumnya, pada bulan Oktober, Singapore Airlines membuka 'Restaurant A380', di mana pelanggan bisa bersantap di dalam salah satu pesawat yang di-ground-kan. Pengalaman unik ini bahkan terjual habis hanya dalam waktu setengah jam, sejak tiket tersedia secara online.
Hadirkan Pengalaman Berbeda, All Nippon Airways Buka Restoran di Dalam Pesawat (670580)
searchPerbesar
Makanan di Pesawat Foto: Shutter Stock
Maskapai lainnya yang juga menawarkan pengalaman serupa adalah Thai Airways. Pada bulan September 2020. Thai Airways membuka restoran pop-upnya sendiri dengan menawarkan menu yang biasa terdapat dalam penerbangan.
ADVERTISEMENT
Namun, tak seperti All Nippon Airways dan Singapore Airlines, restoran yang dibuka Thai Airways tidak berada di dalam pesawat yang sesungguhnya. Meskipun demikian, mereka tetap menggunakan kursi dari pesawatnya agar pelanggan bisa tetap merasakan seperti berada di dalam pesawat.
Sedangkan maskapai asal Inggris, British Airways, juga mulai menjual perlengkapan makan yang terinspirasi oleh menu kelas satu, yang dapat dibuat sendiri oleh pelanggan di rumah.
Membuka restoran dengan menawarkan pengalaman bersantap di dalam pesawat memang saat ini menjadi alternatif pilihan yang dilakukan oleh berbagai maskapai untuk menghasilkan uang di tengah pandemi COVID-19, ketika penerbangan dihentikan dan perjalanan dibatasi.