India Wajibkan Turis China, Jepang, Korsel, Hong Kong, dan Thailand Tes PCR

26 Desember 2022 11:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi hasil tes PCR COVID-19. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Pandemi COVID-19 belum berakhir, belakangan ini beberapa negara menunjukkan peningkatan dari angka infeksi kasus COVID-19. Melihat kejadian tersebut, India dengan cepat melakukan pencegahan untuk negaranya.
ADVERTISEMENT
Kementerian Kesehatan India mengumumkan bahwa sekarang semua turis dari China, Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, dan Thailand wajib melakukan tes PCR dengan hasil negatif saat kedatangan.
Dilansir Times of India, ketika ada turis yang datang dari salah satu negara ini dinyatakan positif COVID-19 atau menunjukkan gejala, mereka akan segera dikarantina.
Ilustrasi pria di bandara. Foto: TonyV3112/Shutterstock
Turis yang terbang dari negara yang disebutkan di atas juga harus mengisi formulir Air Suvidha dan menyatakan status kesehatan mereka saat ini.
Saat ini, pengujian acak terhadap penumpang internasional telah dimulai di bandara di Delhi dan Hyderabad. Tempat pengujian COVID-19 juga telah didirikan di luar Bandara Internasional Chennai.
Melihat lonjakan kasus COVID-19 di China, pihak berwenang di India telah mengarahkan tindakan pengawasan yang ketat, terutama di bandara internasional di seluruh India.
ADVERTISEMENT

Kasus COVID-19 di India

Ilustrasi para penduduk di India. Foto: Pavel Laputskov/Shutterstock
Saat ini, India telah melaporkan 227 infeksi baru, sehingga menjadi 3.397 kasus aktif di negara tersebut. Studi juga mengungkapkan bahwa ada peningkatan 17 kasus dalam rentang waktu 24 jam dalam hitungan kasus aktif COVID-19 di negara tersebut.
Pemerintah pusat dan negara bagian di India mengingatkan orang-orang bahwa meskipun tidak perlu panik, disarankan untuk berhati-hati dan menjaga diri.