kumparan
5 Okt 2018 19:18 WIB

Infografik: Fakta Unik Negeri Para Penyair, Cile

Fakta unik negara Cile (cover) (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Cile, negara dengan ibu kota Santiago di kawasan Amerika Selatan mendadak jadi bahan perbincangan di berbagai platform media sosial.
ADVERTISEMENT
Cile kabarnya menjadi lokasi konferensi yang harus didatangi oleh aktivis sekaligus politisi Ratna Sarumpaet saat ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta (4/10).
Kamu mungkin tidak merasa terlalu familiar dengan nama Cile. Tapi bagaimana dengan Chile? Ya, negara bekas jajahan Spanyol ini lebih awam dikenal dengan penyebutannya dalam bahasa Inggris.
Pantai Caleta Condor di Chile (Foto: Wikimedia Commons)
Lucunya, karena ia memiliki nama yang mirip dengan cabai dalam bahasa Inggris, secara tidak sengaja negara ini kerap diasosiasikan dengan bumbu dapur dengan rasa pedas tersebut.
Padahal sebenarnya nama Chile atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Cile berasal dari bahasa asli Mapuche yang berarti 'Tempat tanah berakhir' dan tidak ada hubungannya dengan cabai.
Memiliki luas 756 ribu kilometer persegi, Cile merupakan negara terpanjang di dunia yang terbentang dari utara menuju ke selatan.
ADVERTISEMENT
Didominasi oleh Pegunungan Andes dan berbatasan langsung dengan Peru, Bolivia dan Argentina, Cile memiliki banyak gunung api aktif, sama seperti Indonesia.
Illustrasi ibu kota Chile, Santiago. (Foto: Instagram/@ santiagodechile.cl)
Bagi kamu penyuka wine, Cile mesti kamu masukkan ke dalam bucket list liburanmu.
Pasalnya, wine yang dihasilkan oleh Cile memiliki kualitas tingkat dunia. Menariknya lagi, Cile bahkan menjadi eksportir wine terbesar kelima di dunia.
Bagi kamu penyuka jalan-jalan yang senang berkunjung ke tempat magis, kamu bisa berkunjung ke Pulau Paskah atau Easter Island yang terkenal dengan patung moainya. Selain itu, Cile juga memiliki tanah terkering di dunia.
Gurun Atacama, Cile (Foto: Flickr / Egon Gleisberg)
Bernama Gurun Atacama, daratan terkering di dunia itu tidak boleh kamu sepelekan. Karena, Gurun Atacama memiliki lanskap indah nan unik yang harus diabadikan para pecinta fotografi.
ADVERTISEMENT
Meski memiliki daratan terkering ternyata Cile punya sisi yang dingin, hal ini dilihat dari keberadaan penguin di sisi selatan negaranya, yaitu di Seno Otway Penguin Colony.
Selain itu, Cile juga memiliki predikat negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, sehingga wajar saja jika kamu akan menemukan berbagai pantai yang menawan di Negeri Para Penyair ini.
Di Cile kamu juga bisa menemukan gunung api tertinggi di dunia, Nevada Ojos del Salado yang memiliki ketinggain 6.880 meter di atas permukaan laut. Bagi kamu yang senang berenang, kamu bisa berkunjung ke kolam renang terbesar di dunia bernama San Alfonso del Mar Resort.
Loading Instagram...
Dinobatkan sebagai kolam renang terbesar oleh Guinness World Records pada tahun 2006, kolam seluas delapan hektare ini berlokasi di Algarrobo. Menarik, ya.
ADVERTISEMENT
Masih penasaran? Tenang saja, karena kumparanTRAVEL telah merangkum fakta unik dan menarik lainnya dalam infografik berikut.
Yuk, simak!
Fakta unik negara Cile (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan