kumparan
6 Agustus 2019 7:26

Jadi Tujuan Wisata Top Dunia, Sri Lanka Beri Bebas Visa ke Indonesia

Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka.
Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka. Foto: Reuters/Dinuka Liyanawatte
Nama Sri Lanka mungkin saja selama ini belum pernah mampir di benakmu sebagai tujuan liburan. Namun, apa salahnya mencoba sesuatu yang baru, ya, kan?
ADVERTISEMENT
Apalagi kini Sri Lanka memberikan kesempatan bebas visa bagi turis asal Indonesia untuk mengunjungi negaranya. Mutiara Samudera Hindia tersebut mengumumkan skema bebas visanya pada 2 Agustus 2019 melalui laman resmi kedutaan Sri Lanka bagi Indonesia dan 47 negara lainnya yang mulai berlaku sejak 1 Agustus 2019 lalu.
Untuk bisa mendapatkan fasilitas itu, wisatawan dari Indonesia harus mengisi formulir bebas visa di Bandara Internasional Bandaranaike. Formulir ini akan diserahkan ke loket imigrasi untuk diproses lebih lanjut.
Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka.
Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka. Foto: AFP/Lakruwan Wanniarachchi
Nantinya, kamu yang sudah mengisi formulir bebas visa akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi Sri Lanka selama 30 hari. Mr. John Amaratunga, selaku Tourism Development, Wildlife and Christian Religious Affairs Minister, mengatakan bahwa kebijakan bebas visa yang akan didapatkan wisatawan Indonesia dan 47 negara lainnya akan tetap berlaku selama enam bulan.
ADVERTISEMENT
Kebijakan bebas visa ini diakui Sri Lanka dilakukan untuk memberikan akses lebih besar bagi wisatawan, terutama setelah Sri Lanka dinobatkan sebagai destinasi wisata top dunia tahun 2019 oleh situs panduan wisata Lonely Planet. Ditambah lagi Sri Lanka juga menorehkan prestasi sebagai Tujuan Safari Terbaik di luar Afrika oleh majalah Forbes.
Prestasi Sri Lanka tak berhenti di situ saja, karena menurut Lemming Travel, Sri Lanka merupakan destinasi wisata yang berkembang paling baik di Asia. Sehingga wajar saja, pada 2018 lalu, Sri Lanka mampu menggaet 2,3 juta wisatawan. Hebat, ya.
Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka.
Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka. Foto: AFP/Ishara S Kodikara
Ada apa, sih, di Sri Lanka sampai bikin wisawatan penasaran dan berbodong-bondong datang?
Sri Lanka merupakan negara yang memiliki delapan situs warisan dunia UNESCO. Situs Warisan Dunia UNESCO itu terdiri dari kota kuno Anuradhapura, Sigiriya, Kandy, Polonnaruwa, Benteng Galle, dan hutan lebat yang dihuni beragam satwa liar.
ADVERTISEMENT
Belum lagi air terjun yang turun deras namun menawan, perkebunan teh yang terbentang bagai kain dari jalinan batu zamrud, pemandang perbukitan yang menyegarkan mata, dan masih banyak lagi. Salah satu atraksi seru yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Sri Lanka adalah Esala Perahera.
Esala Perahera merupakan tontonan visual yang memadukan para musisi, penari api penari, dan gajah yang berpawai di jalanan. Esala Perahera bisa kamu nikmati mulai tanggal 2-15 Agustus di Kota Bersejarah Kandy.
Gimana, kamu siap memasukkan Sri Lanka dalam daftar liburanmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan