kumparan
10 Maret 2020 15:59

Jalan-jalan ke 5 Tempat Wisata Asal Perempuan Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Solo traveling
Seorang wanita menggunakan kendaraan tradisional saat solo traveling Foto: Dok. Booking.com
Pada 8 Maret 2020 lalu, Hari Perempuan Internasional dirayakan di seluruh dunia. Momen ini seakan jadi pengingat bagi seluruh warga dunia bahwa ada perempuan-perempuan hebat yang berjuang melawan stigma dan stereotipe untuk menyuarakan kesetaraan gender.
ADVERTISEMENT
Hasilnya, di masa kini, setiap perempuan bisa bebas keluar dari rumah untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang mereka inginkan. Riset Booking.com mengungkapkan bahwa 16 persen perempuan di dunia, atau 1 dari 10 orang ingin solo traveling pada 2020.
Kalau kamu salah satu di dalamnya dan sedang bingung mau jalan-jalan ke mana, kamu bisa simak lima rekomendasi yang memiliki keterkaitan kuat dengan para perempuan hebat sepanjang sejarah. Apa saja?

Raden Ajeng Kartini - Jepara, Jawa Tengah

Museum Kartini
Museum Kartini didedikasikan untuk perjuangan Kartini dalam menyetarakan derajat perempuan dan laki-laki Foto: Dok. Booking.com
R. A. Kartini dikenal sebagai tokoh yang memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia. Enggak heran, hari kelahirannya, 21 April dikenang sebagai Hari Kartini sebagai pengingat akan perjuangannya menyetarakan derajat perempuan dan laki-laki.
Buat kamu yang kagum akan perjuangan R. A. Kartini, kamu bisa menyambangi tanah kelahirannya di Kota Jepara, Jawa Tengah. Jepara terkenal karena keindahan ukiran kayunya dan juga wisata pantai di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Supaya lebih afdal, kamu bisa menyeberang ke Taman Laut Nasional Karimunjawa untuk merasakan pengalaman unik berenang bareng hiu. Sempatkan juga berkunjung ke Museum Kartini yang penuh sejarah. Seru, kan!

Michelle Obama - Illinois, Amerika Serikat

Chicago, Amerika Serikat
Lanskap Kota Chicago yang pernah menjadi tempat tinggal Michelle Obama Foto: Dok Booking.com
Michelle Obama merupakan Ibu Negara berkulit hitam pertama di Amerika Serikat. Dibesarkan di Chicago, Illinois, Michelle dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan bangsa yang lebih sehat, peluang pendidikan, bahkan mode dan desain klasik Amerika.
Menurut riset Booking.com, sebanyak 24 persen traveler global perempuan berencana untuk bepergian ke Amerika Utara pada tahun 2020. Beberapa tempat wisata yang bisa kamu sambangi antara lain, Sophy Hyde Park yang berlokasi tak jauh dari tempat tinggal keluarga Obama waktu itu.
ADVERTISEMENT
Menariknya, di Chicago, ada sebuah kota kecil di sekitar Sungai Potomac yang menawarkan tur menuju kediaman dan tempat Michelle berkantor saat masih menjadi Ibu Negara. Untuk menginap, kamu bisa memilih akomodasi bintang empat Eaton DC yang tak jauh dari Gedung Putih.

Cleopatra - Alexandria, Mesir

Alexandria di Mesir
Pelabuhan Alexandria yang menghadap langsung ke Laut Mediterania Foto: Dok. Booking.com
Dikenal karena kecantikan dan kepandaiannya, Cleopatra menjadi salah satu figur wanita yang ikonik sekaligus populer sepanjang sejarah. Apalagi ia adalah penguasa aktif terakhir dari Kerajaan Ptolemaik di Mesir.
Di bawah kepemimpinannya, Cleopatra mampu mengamankan beberapa aliansi militer. Belum lagi hubungan romantisnya dengan pemimpin dunia yang kharismatik di zamannya. Salah satu peninggalan Cleopatra adalah Alexandria di Mesir.
Di Alexandria, kamu bisa melihat Kuil Venus Genetrix yang didedikasikan Julius Caesar bagi Cleopatra. Kamu juga bisa menikmati lanskap indah Laut Mediterania yang langsung berhadapan dengan pelabuhan Alexandria yang penuh sejarah.
ADVERTISEMENT

Marie Curie - Warsawa, Polandia

Istana Budaya dan Ilmu Pengetahuan
Istana Budaya dan Ilmu Pengetahuan harus masuk dalam daftar to do list kamu saat berada di Warsawa, Polandia Foto: Dok. Booking.com
Marie Curie dikenal dunia sebagai perempuan pertama yang mendapatkan Penghargaan Nobel, dan bahkan jadi wanita satu-satunya yang memenangkannya hingga dua kali. Risetnya mengenai radioktivitas dan penemuan terhadap polonium serta radium menjadikan Marie Curie panutan para peneliti.
Bagi kamu yang ingin lebih dekat dengan sosok ini, kamu bisa datang ke tanah kelahirannya di Warsaw, Polandia. Di sana, kamu bisa menyambangi Museum Maria Sklodowska yang didedikasikan untuknya.
Soal penginapan enggak perlu bingung, kamu bisa menginap di Millennium Awangarda Green yang strategis. Cukup berjalan kaki dari apartemen ini, kamu bisa jalan-jalan ke Istana Kebudayaan dan Sains. Tertarik?

Anasuya Sarabhai - Westminster, Inggris

London, Inggris
Peampakan tempat wisata ikonik Kota London di Inggris Foto: Dok. Booking.com
Kalau di Indonesia, ada R. A. Kartini, maka di India ada Anasuya Sarabhai. Anasuya adalah pelopor gerakan buruh perempuan di India yang didukung oleh Mahatma Gandhi. Berkat Anasuya juga, perempuan India bisa menikmati kehidupan yang modern.
ADVERTISEMENT
Anasuya lahir sebagai yatim piatu. Dia lahir di Ahmedabad yang dulunya merupakan ibu kota dari negara bagian Gujarat. Ia lalu pergi ke Inggris untuk bersekolah di London School of Economics (LSE) dan terinspirasi dari gerakan mendukung hak pilih perempun di sana.
LSE berada di Westminster, di antara Covent Garden dan Holborn, yang dulunya dikenal sebagai Clare Market. Tak jauh dari sana di Covent Garden, The Strand Private Apartments yang menjadi opsi menarik buatmu menginap.
Apartemen tersebut menawarkan pemandangan kota di dekat landmark bersejarah seperti Somerset House dan Teater Lyceum. Karena sudah sampai Westminster, jangan lewatkan Big Ben, Parliament Square, Tower Bridge, London Eye, dan berbagai tempat wisata populer lainnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan