Food & Travel
·
1 Oktober 2020 14:02

Jumlah Wisatawan ke Jatim Park Turun 90 Persen Selama Pandemi COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jumlah Wisatawan ke Jatim Park Turun 90 Persen Selama Pandemi COVID-19 (174635)
Jatim Park 3 Foto: Shutter Stock
Pandemi tak dipungkiri membuat pergerakan wisatawan menjadi terbatas. Hal itu pula yang membuat kunjungan wisatawan di beberapa tempat wisata mengalami penurunan, seperti yang terjadi di Jatim Park.
ADVERTISEMENT
Manager Marketing dan Public Relation Jatim Park Group Titik. S. Ariyanto, mengungkapkan selama pandemi kunjungan wisatawan ke Jatim Park menurun drastis.
Jumlah Wisatawan ke Jatim Park Turun 90 Persen Selama Pandemi COVID-19 (174636)
Suasana di Jatim Park 2, Kota Batu, Jawa Timur. Foto: Abdul Latif/kumparan
"Kalau terkait kunjungan ya memang jauh sekali di banding sebelum di masa pandemi. Biasanya itu kalau weekday katakanlah Jatim Park 2 masih bisa menyentuh angka di atas 1.000 orang, sekarang hari cuma 100-150 orang setiap hari," kata Titik saat dihubungi kumparan, Kamis (1/10).
Akibat menurunnya kunjungan wisatawan, Titik pun mengungkapkan manajemen harus melakukan beberapa penyesuaian terhadap perusahaan.
"Karyawan pun masih dipekerjakan 15 hari, kita juga ada pengurangan karyawan untuk efisiensi biaya operasional. Gaji pun belum bisa kita maksimalkan ke karyawan karena memang situasinya seperti ini," ungkap Titik.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, Titik bersyukur bahwa operasional di seluruh area wisata yang dikelola manajemen Jatim Park tetap bisa berjalan lancar.
Jumlah Wisatawan ke Jatim Park Turun 90 Persen Selama Pandemi COVID-19 (174637)
Suasana di Jatim Park 2, Kota Batu, Jawa Timur. Foto: Abdul Latif/kumparan
"Yang penting secara operasional kita tercapai, ya. Satwa yang ada di Jatim Park 2 ini sebagai contoh masih tetap kita beri makan, karyawan pun juga masih bisa mendapatkan income meskipun belum mencapai 100 persen, bahkan hampir 60 persen pun kita masih belum bisa menerima gaji," ujar Titik.
"Tetapi, enggak apa-apa ini salah satu bentuk komitmen dari manajemen kami supaya semuanya bisa running," lanjutnya.
Jatim Park Group sebelumnya telah dibuka kembali sejak 27 Juni 2020 lalu. Mulai 1 Oktober 2020, tempat wisata tersebut akan dibuka setiap hari untuk wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
ADVERTISEMENT
Adapun, taman rekreasi yang dibuka setiap hari ialah Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, Museum Angkut, Predator Fun Park, Museum Musik Dunia, The Legend Stars, Funtech Plaza dan Milenial Glow Garden, kecuali Batu Night Spectacular yang buka pada hari jumat-sabtu.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)