kumparan
18 Juli 2018 14:02

Jurus Andalan Pramugari untuk Hadapi Penumpang yang Menyebalkan

Ilustrasi Pramugara dan Pramugari
Ilustrasi Pramugara dan Pramugari (Foto: dok.Thinkstock)
Berpenampilan rapi, cantik, dan bersikap ramah adalah hal yang wajib dilakukan oleh pramugari saat bekerja. Melayani penumpang dengan baik bahkan saat kondisinya sedang tidak baik pun harus ia lakukan saat sedang bertugas.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang ada saja penumpang yang menyalahgunakan sikap ramah para kru kabin ini.
Ada saja penumpang yang bertingkah seenaknya, banyak mengeluh atau punya banyak permintaan saat sedang melakukan perjalanan di pesawat.
Hal ini kerap kali membuat pramugari menjadi 'gerah'. Sayangnya, pramugari tidak diperbolehkan untuk bertindak kasar atau keras pada penumpang.
Ilustrasi pramugari.
Ilustrasi pramugari. (Foto: Shutter stock)
Melansir Mirror, ternyata pramugari melakukan 'balas dendamnya' dengan cara yang lebih rapi dan terarah.
Seorang pramugari yang tidak disebutkan namanya menuturkan bahwa penumpang punya banyak cara untuk 'balas dendam' pada maskapai. Itu sebabnya akan lebih baik apabila pramugari tetap menjaga sikap dengan baik.
"Biasanya saat bertemu penumpang yang menyebalkan, saya akan lebih banyak bersikap cuek dan mengabaikan mereka," katanya.
ADVERTISEMENT
"Tak mesti bekerja keras, kamu cukup memperlihatkan siapa 'bosnya'," tambah pramugari tersebut.
Meski saat menawarkan makanan dan minuman dengan troli mereka tidak bisa mengabaikan penumpang bermasalah tersebut, pramugari ternyata punya cara tersendiri untuk membalaskan kekesalannya.
Bentuk balas dendam tersebut dilakukan dengan merespon lambat permintaan penumpang yang menyebalkan tersebut. Atau memberikan pesanan yang tidak sesuai permintaan.
"Misalnya memberikan jus jeruk dengan es saat mereka tidak memintanya atau sebaliknya. Memberikan jus jeruk tanpa es saat mereka meminta es di minuman mereka," pungkasnya.
Walau begitu, mereka tetap harus terlihat ramah dan senantiasa tersenyum. Karena dengan begitu, para pramugari tidak akan terlihat kesal sekaligus meminimalisir kemungkinan mereka mendapatkan komplain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan