kumparan
12 Oktober 2019 17:01

Katanya Kroasia Punya Sunset Terindah di Dunia

Sunset di Zadar
Sunset di Zadar, Kroasia. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Penduduk kota Zadar, Kroasia boleh berbangga. Karena katanya kota tersebut memiliki sunset terindah di dunia.
ADVERTISEMENT
Namun, bagaimana mengukur keindahan matahari terbenam? Memang susah. Tapi setidaknya begitulah menurut Alfred Hitchcock, salah satu sutradara dan produser paling berpengaruh di dunia.
Dari kota Zadar yang terletak di tepi Laut Adriatik, orang-orang dapat memiliki pandangan yang luas ke arah laut. Pada May 1964, Hitchcock berkesempatan untuk mengunjungi Zadar.
Sunset di Zadar
Sunset di Zadar, Kroasia. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Pada suatu sore, ia memandang ke arah laut dan berkata “Zadar memiliki sunset terindah di dunia, lebih indah dari sunset di Key West, Florida yang dielu-elukan setiap sore”.
Keindahan sunset di Zadar bukan hanya berasal dari matahari, tapi juga cara menikmatinya. Setiap sore, penduduk lokal dan turis berbondong-bondong datang ke tepi laut untuk menikmati sunset. Mereka datang bersama teman atau sendiri, merenung dan juga tertawa-tawa.
ADVERTISEMENT
Di tempat ini ada sebuah monumen yang disebut dengan Greetings to the Sun. Sesuai dengan namanya, monumen ini didedikasikan untuk matahari.
Greetings to the Sun
Monumen Greetings to the Sun. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Monumen berbentuk lingkaran itu terdiri dari 300 plat kaca yang ditanam rata dengan tanah dan memiliki diameter sepanjang 22 meter. Greetings to the Sun bekerja layaknya solar panel yang menyimpan energi matahari di siang hari dan mengonversinya menjadi energi listrik yang dapat menghasilkan pertunjukan cahaya berwarna-warni.
Setelah matahari benar-benar terbenam, monumen ini akan menyala dan menemani orang-orang yang berkumpul di sana. Layaknya lantai dansa, ada juga orang-orang yang menari di atasnya.
Greetings to the Sun
Monumen Greetings to the Sun. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Greetings to the Sun didesain oleh Arsitek Kroasia Nikola Bašić sebagai simbol komunikasi dengan alam. Hanya beberapa meter di sebelah monumen, terdapat karya Nikola Bašić lainnya, yaitu Organ Laut, sebuah objek arsitek berbentuk tangga di tepi laut yang dapat memproduksi suara layaknya alat musik. Air laut dan udara yang masuk ke dalam tangga menghasilkan not-not seperti tuts organ yang dimainkan.
ADVERTISEMENT
Menikmati sunset di Zadar memang bukanlah aktivitas yang biasa. Matahari yang indah, alunan organ laut yang merdu, serta pertunjukan cahaya dari Greetings to the Sun memberikan pengalaman yang mengesankan. Itulah mengapa katanya ada sunset terindah di Kroasia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan