kumparan
search-gray
Food & Travel6 April 2020 7:25

Keren! Nenek Ini Hias Rumahnya dengan Lukisan Mosaik dari Ribuan Tutup Botol

Konten Redaksi kumparan
ilustrasi mural
Ilustrasi mural dari sampah plastik Foto: Shutter Stock
Usia bukan penghalang seseorang untuk kreatif, seperti halnya yang dilakukan seorang nenek asal Rusia ini. Meski sudah memasuki usia senja, nenek Nina Krinitsina berhasil menghias seluruh rumahnya hanya dengan menggunakan tutup botol bekas.
ADVERTISEMENT
Dilansir Odditycentral, nenek asal Makarye, sebuah desa kecil yang berjarak 850 kilometer di timur Moskow, Rusia berhasil membuat mahakarya yang bisa bikin kita terkagum-kagum.
Nenek Nina menghias rumahnya dengan berbagai gambar karakter kartun lucu yang terbuat dari tutup botol plastik. Uniknya, semua gambar itu ia buat sendiri dengan waktu pengerjaan selama tujuh tahun, dimulai sejak 2013 silam.
Ada sekitar 30 karya lukisan mosaik yang berhasil ia buat, dengan tujuh di antaranya merupakan mosaik kartun.
Kreativitas Nenek Nina pertama kali muncul karena dorongan keponakannya. Saat itu, keponakannya memberikan gambar desain mosaik kepada Nenek Nina, yang diunduh dari internet.
Awalnya, Nenek Nina mencoba menyusunnya dengan kacang polong. Beberapa waktu kemudian, Nenek Nina akhirnya menemukan bahan yang tepat, yaitu menggunakan tutup botol plastik.
ADVERTISEMENT
Tentu dia membutuhkan banyak sekali tutup botol beragam warna untuk bahan baku. Untuk itu, Nenek Nina sampai mengumpulkan ribuan tutup botol yang diambil dari berbagai tempat. Ia pun tak segan mengunjungi tempat pembuangan sampah untuk mendapatkannya.
"Saya tidak menyembunyikannya, bahkan saya pernah pergi ke Tempat Pembuangan Akhir untuk mencari tutup botol," katanya saat diwawancarai salah satu media Rusia.
Ia pun berhasil mengumpulkan ratusan tutup botol yang kemudian dikumpulkan sedikit demi sedikit. Meski saat berburu tutup botol, hasil yang didapat Nenek Nina tidak pasti.
"Kadang-kadang aku menemukan 100, 200 tutup botol. Tapi kadang, aku hanya mendapatkan tidak lebih dari 10," katanya.
Karya Nenek Nina pun mulai viral di dunia maya pada 2014 setelah diunggah oleh blogger Rusia. Kebetulan, blogger tersebut sedang melintas di depan rumah Nenek Nina di Makarye.
ADVERTISEMENT
Video
Waktu itu, Nenek Nina sudah punya beberapa karya mosaik yang lucu. Kebanyakan gambar tersebut merupakan karakter dari kartun Soviet dan cerita rakyat Rusia.
" Ini menenangkan saya," kata Nenek Nina.
Kini, rumah Nenek Nina menjadi salah satu atraksi wisata di Makarye. Banyak wisatawan dari berbagai daerah di Rusia yang bahkan membawa anak-anak mereka untuk melihat karyanya.
Sejumlah tetangga mulai menyumbang tutup botol plastik kepada Nenek Nina. Tetapi, lebih banyak lagi tutup botol yang dicarinya sendiri.
" Jika saya berjalan dan melihat botol tergeletak dan masih ada tutupnya, maka saya buka tutupnya," katanya.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT
https://kitabisa.com/campaign/lawanwabahcorona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white