Food & Travel
·
15 September 2021 18:03
·
waktu baca 5 menit

Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan (71256)
searchPerbesar
Ilustrasi campervan. Foto: Instagram Jogja Campervan
Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata campervan? Mobil besar dengan segudang fasilitas mewah? Atau kendaraan yang akan membawamu menjelajah alam ketika liburan?
ADVERTISEMENT
Ya, campervan dikenal sebagai mobil yang biasa digunakan wisatawan ketika berlibur dan ingin menjelajah alam sekitar. Campervan sendiri sudah menjadi tren di kalangan wisatawan di luar negeri, seperti New Zealand atau negara-negara di Eropa.
Namun, tak hanya di luar negeri, kini campervan juga tengah menjadi tren di kalangan wisatawan Tanah Air. Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia menjadikan traveling #DiIndonesiaAja dengan campervan bisa menjadi hal menarik saat keadaan telah membaik.
Terlebih, segudang fasilitas yang ditawarkan campervan juga membuat kamu "cukup membawa diri" saja ketika liburan. Tempat tidur, toilet, televisi, hingga dapur semuanya bisa kamu temukan di dalam campervan.
Tak hanya itu, alam Indonesia yang memesona juga sangat cocok untuk dijelajahi menggunakan campervan ketika liburan nanti. Kamu bisa mencari inspirasi destinasi wisata yang cocok untuk liburan menggunakan campervan dengan follow akun Instagram @pesonaid_travel.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, masih ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan saat memutuskan berlibur dengan campervan. Apa saja?
Berikut lima hal yang harus disiapkan saat menjelajah alam Indonesia menggunakan campervan.

1. Catat Tempat yang Ingin Dikunjungi

Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan (71257)
searchPerbesar
Ilustrasi tempat wisata. Foto: Shutterstock
Setelah memutuskan untuk liburan menggunakan campervan, cobalah untuk mencari tahu dan mencatat tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi. Misalnya saja jika ingin bepergian ke Bogor atau Puncak, Jawa Barat, kamu bisa mencari tahu destinasi yang ingin kamu singgahi dengan campervan, seperti kebun teh hingga Danau Lido.
Selain itu, kini juga tersedia banyak tempat untuk berkemah menggunakan campervan di Puncak. Di sana, ada tiga spot untuk berkemah dengan campervan yang bisa kamu coba, seperti Highland Camp Zona Campervan Ground Puncak, Samara Camp Curug Naga Puncak, dan Bukit Golf Camping Ground Cibodas Puncak.
ADVERTISEMENT

2. Cek Biaya dan Memilih Tipe Campervan

Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan (71258)
searchPerbesar
Ilustrasi liburan menggunakan campervan. Foto: Instagram Jogja Campervan
Road trip dengan campervan, berarti kamu juga harus siap-siap mengeluarkan biaya lebih untuk fasilitas yang tentunya juga lebih bagus. Untuk itu, cobalah mencari tahu dulu biaya yang harus kamu keluarkan ketika memutuskan untuk menyewa campervan.
Kamu juga harus mengecek fasilitas apa saja yang ditawarkan saat sewa mobil ini, seperti fasilitas toilet, dapur, hingga WiFi untuk mendukung road trip kamu. Jangan sampai, kamu tidak bisa menggunakan GPS untuk mencari jalan, hanya karena sinyal yang jelek.
Cek juga tipe campervan yang sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga. Saat ini, ada beberapa operator yang menawarkan jasa sewa campervan di Indonesia, seperti Jakarta VW Campervan, Jogja Campervan, dan Everyday Holiday Campervan.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

3. Cek Cuaca

Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan (71259)
searchPerbesar
Ilustrasi ramalan cuaca. Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Penting untuk mengecek cuaca sebelum memutuskan berlibur, terutama dalam menentukan destinasi wisata alam yang akan dituju. Misalnya saja di bulan Oktober-November biasanya merupakan musim hujan, sehingga sulit untuk bepergian ke alam bebas.
Jangan sampai liburanmu nanti berantakan karena tidak bisa menikmati alam, akibat cuaca yang kurang mendukung, ya!

4. Hitung Bujet Perjalanan

Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan (71260)
searchPerbesar
Ilustrasi bujet. Foto: Shutter Stock
Bujet juga menjadi hal selanjutnya yang perlu kamu persiapkan saat liburan menggunakan campervan. Kamu harus cermat menghitung biaya sewa campervan, bensin, tempat wisata, hingga konsumsi selama liburan.
Semakin jauh tujuanmu, akan semakin banyak juga biaya yang harus kamu keluarkan. Jadi, harus cermat menghitung pengeluaran, ya! Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

5. Pastikan Kamu Bisa Menyetir dengan Baik

Liburan Anti-mainstream dengan Campervan? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan (71261)
searchPerbesar
com-Ilustrasi seseorang sedang menyetir Foto: Shutterstock
Liburan tidak akan berjalan baik, jika kamu tidak bisa menyetir dengan cukup andal. Body campervan yang cukup besar hingga banyaknya modifikasi di dalam mobil menjadi sebuah tantangan saat kamu menyetir ketika liburan menggunakan campervan.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, pastikan kalau kamu bisa menyetir dengan baik, ya! Pastikan juga medan jalan yang ingin kamu lalui cukup aman sehingga tidak membahayakan dirimu dan orang lain.
Namun, jika kamu tak ingin repot, tak perlu khawatir. Sebab, kini juga banyak operator campervan yang sudah menyediakan jasa sewa mobil sekaligus sopir, seperti operator Nuvantara di Yogyakarta. Mereka menyediakan jasa sewa campervan sekaligus sopir, yang dibanderol mulai Rp 699 ribu per mobil dan per harinya.
Bagaimana? Apakah siap untuk mencoba hal baru dengan liburan menggunakan campervan? Tapi ingat, lebih baik memutuskan untuk liburan setelah kondisinya cukup kondusif, ya!
Jangan lupa juga tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di manapun kamu berada. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
ADVERTISEMENT
Selain itu, segera lakukan vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar.
Beragam upaya ini wajib kita lakukan sebagai bentuk dukungan dan usaha dalam menggerakkan kembali perekonomian nasional dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, semangat kebangkitan ini selaras dengan momentum World Tourism Day yang jatuh pada 27 September 2021 nanti.
Bagi kamu yang saat ini masih #DiRumahAja, sambil menyusun bucket list liburan, kamu juga bisa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap hari Selasa di setiap pekannya. Caranya? Pasti gampang dong! Follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar, ya! Agar kesempatan menang semakin besar, mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini. Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. Yuk buruan!
ADVERTISEMENT