kumparan
Food & Travel19 Februari 2020 15:58

Liburan di Bali Saat Galungan, Kamu Bisa Kunjungi 5 Tempat Wisata Menarik Ini

Konten Redaksi kumparan
Para wanita memakai baju putih dan membawa sesajen pada Hari Raya Galungan dan Kuningan
Para wanita memakai baju putih dan membawa sesajen pada Hari Raya Galungan dan Kuningan Foto: Shutter Stock
Hari Raya Galungan dan Kuningan menjadi salah satu perayaan yang sarat akan makna bagi umat Hindu, terutama di Bali. Galungan dimaknai sebagai perayaan kemenangan kebaikan (dharma) atas kejahatan (adharma).
ADVERTISEMENT
Dilaksanakan setiap 210 hari, umat Hindu akan melakukan upacara adat guna menyambut momen Hari Raya Galungan. Selanjutnya, Hari Raya Galungan akan disusul dengan Hari Raya Kuningan, 10 hari kemudian.
Berlibur ke Bali saat Hari Raya Galungan tentu memberikan kesan tersendiri. Selain bisa menyaksikan secara langsung perayaan Galungan, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali yang menawarkan sesuatu yang berbeda.
Untuk itu, berikut kumparan rangkum lima tempat wisata di Bali yang menarik dikunjungi saat Hari Raya Galungan.

1. Tanah Lot

Ilustrasi pantai Bali
Wisatawan beraktivitas di Pantai Tanah Lot, Tabanan, Bali. Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Tanah Lot Bali menjadi satu di antara sekian banyak tempat yang menarik kamu kunjungi di Bali. Terletak di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Taban, Bali, keindahan Tanah Lot menjadi magnet bagi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Pemandangan tepi laut yang elok, serta pura indah di atas pulau batunya menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi saat perayaan Galungan, kamu bisa menyaksikan upacara adat yang digelar di sana. Salah satunya adalah kegiatan piodalan yang dilakukan di Pura Tanah Lot saat perayaan Galungan.
Selain Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Batu Bolong, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa pura lainnya di sana. Selain menyaksikan beragam upacara adat, menunggu senja hingga bermain di tepi pantai adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

2. Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana
Wisatawan yang sedang selfie di dekat Patung Garuda Wisnu Kencana Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu sambangi di Bali saat Galungan. Taman wisata budaya yang terletak di Bali Selatan ini menyuguhkan berbagai atraksi budaya, bahkan tak hanya saat Galungan saja.
ADVERTISEMENT
Selain menyaksikan pertunjukan budaya, kamu bisa menikmati megahnya patung karya I Nyoman Nyuarta, ditemani keindahan bukit-bukit kapur di sekitarnya.
Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan patung-patung raksasa lainnya di GWK, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana setengah badan, hingga patung burung garuda yang dikendarai Dewa Wisnu.

3. Pura Lempuyang

Gerbang Pura Lempuyangan Bali
Ilustrasi pasangan romantis di gerbang Pura Lempuyangan Bali Foto: Shutter Stock
Pura Lempuyang Luhur atau Pura Lempuyang merupakan salah satu pura terindah di Bali. Berlatar Gunung Agung, pura ini menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan.
Salah satu foto favorit bagi wisatawan adalah pose di tengah gapura dengan pantulan seperti danau yang indah. Tapi tak sampai di situ saja, saat Galungan wisatawan juga bisa menyaksikan rangkaian acara piodalan di sana.
Pura Lempuyang memiliki beberapa keistimewaan, seperti lokasinya yang berada di puncak Gunung Lempuyang membuatnya memiliki pemandangan bagus. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat Gunung Agung yang berdiri megah. Pura ini juga termasuk pura tertua yang ada di Bali.
ADVERTISEMENT

4. Desa Penglipuran

Hari Raya Galungan
Umat Hindu di Desa Penglipuran saat Galungan. Foto: REUTERS/Nyimas Laula
Pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia pada 2016 silam, Desa Penglipuran menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bali.
Dengan total luas 112 hektare yang terdiri dari 12 hektare area rumah penduduk, 49 hektare ladang, dan 37 hektare hutan bambu, desa wisata ini dijamin dapat menarik perhatian siapa pun yang berkunjung.
Tak hanya itu, Desa Penglipuran juga masih mempertahankan tradisi dan kehidupan tradisionalnya. Sehingga kamu bisa merasakan langsung kebudayaan khas Bali saat berkunjung ke Desa Penglipuran. Kamu juga bisa menikmati bagaimana aktivitas warga setempat dalam melaksanakan prosesi Galungan.

5. Pura Ulun Danu Beratan

Danau Beratan
Pesona Danau Beratan Foto: Shutter Stock
Terakhir, Pura Ulun Danu Beratan menjadi tempat wisata untuk melengkapi petualanganmu di Bali. Dikenal sebagai Pulau Seribu Pura, di Bali banyak sekali pura yang indah dan unik, salah satunya Pura Ulun Danu Beratan.
ADVERTISEMENT
Hal menarik dari pura ini adalah lokasinya yang berada di atas danau. Di kawasan Pura Ulun Danu Beratan juga terdapat beberapa pura, yaitu Pura Panataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Lingga Petak, dan Pura Prajapati.
Saat Hari Raya Galungan, kamu bisa menyaksikan secara langsung upacara adat yang digelar di sana. Selain berkunjung ke pura, wisatawan juga bisa berkeliling danau dengan menyewa speed boat, sepeda bebek air, atau sampan dayung, dengan harga mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 200 ribu.
Siap, liburan di Pulau Dewata?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan