kumparan
14 Februari 2020 13:18

Mau Liburan yang Aman dari Virus Corona? Yuk, Traveling ke 5 Tempat Wisata Ini

Pasangan liburan bersama
Ilustrasi pasangan kekasih traveling bersama dengan menggunakan motor Foto: Suhutter Stock
Mewabahnya virus corona memang bikin traveler jadi senewen. Rencana jalan-jalan ke luar negeri bisa jadi batal. Apalagi Singapura yang merupakan salah satu negara terdekat dan sering dijadikan tujuan liburan masyarakat Indonesia saja kini sudah menaikkan status virus corona di negaranya.
ADVERTISEMENT
Indonesia sendiri sampai saat ini dianggap masih aman dari virus corona. Jadi enggak ada salahnya kamu menahan diri untuk traveling ke luar negeri dan lebih menikmati keindahan Nusantara.
Nah, kali ini, kumparan hadirkan lima rekomendasi destinasi Indonesia yang bisa kamu sambangi saat liburan biar tetap aman dari virus corona. Apa saja?

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting, Orang Utan
Taman Nasional Tanjung Puting Foto: Dok: Kemenparekraf
Taman Nasional Tanjung Puting adalah lokasi konservasi orang utan yang berlokasi di Pangkalan Bun, Kota Waringin Barat. Di dalamnya, kamu berkesempatan berjumpa dengan orang utan secara langsung di habitat aslinya.
Rasakan suasana Kalimantan yang eksotis kala menyusuri Sungai Sekonyer yang membelah hutan rawa gambut. Nikmati waktu-waktu terbaik yang bebas macet, stres, deadline, dan tentu saja jauh dari kata 'rutinitas'. Dijamin bisa bikin tubuh dan pikiran jadi ter-recharge.
ADVERTISEMENT

Bangka Belitung

Kadek Arini Saat di Pulau Lengkuas, Belitung
Kadek Arini Saat di Pulau Lengkuas, Belitung Foto: Instagram (@kadekarini)
Buat kamu yang suka pantai tapi tak punya waktu untuk pergi terlalu jauh dari Pulau Jawa, kamu bisa menyambangi Belitung. Hanya berjarak sekitar satu jam dengan pesawat, kamu bisa langsung menyambangi pantai berpasir putih dengan laut jernih membiru.
Makanya enggak heran kalau island hopping jadi aktivitas menarik yang tak boleh dilewatkan saat berada di Belitung. Puas jalan-jalan, menyeberanglah ke Bangka untuk memenuhi perutmu dengan pelbagai panganan enak. Sedap, sedap, sedap!

Solo

Museum Batik Danar Hadi, Hari Batik Nasional
Koleksi batik bersejarah yang dikoleksi Museum Batik Danar Hadi dalam pameran Hari Batik Nasional di Istana Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah. Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Rekomendasi destinasi wisata berikutnya adalah Solo. Walau tidak setenar Yogyakarta, Solo juga punya Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang lebih populer dikenal sebagai Museum Keraton Solo.
Lalu, jika kamu gemar mengoleksi barang antik, maka kamu harus memasukkan Pasar Triwindu ke dalam itinerary-mu. Belum afdal rasanya ke Solo kalau tidak melihat batik. Datangi Museum Batik Danar dan jangan lupa juga untuk belanja ke Pasar Klewer.
ADVERTISEMENT

Danau Toba, Sumatera Utara

Huta Ginjang
Pemandangan Danau Toba dari Huta Ginjang. Foto: Andari Novianti/kumparan
Jadi salah satu destinasi wisata prioritas, Danau Toba punya lanskap menarik yang enggak bisa kamu lewatkan. Danau terdalam di Indonesia itu memiliki sebuah pulau di bagian tengahnya yang bernama Pulau Samosir.
Salah satu spot terbaik untuk menikmati Danau Toba adalah Huta Ginjang. Nikmati sepoi angin membelai rambutmu kala memandang Danau Toba dari ketinggian 1.500 mdpl.
Eits, kalau sudah di Danau Toba, jangan lupa cicipi makanan khasnya yakni arsik ikan emas dengan sensasi menggigit dari rempah spesial, andaliman.

Wae Rebo, NTT

Wae Rebo
Wae Rebo Foto: Muhammad Adimaja/Antara
Desa Wae Rebo terletak di ketinggian 1.200 mdpl dan dikelilingi oleh deretan gunung-gunung yang indah menghijau. Pada pagi hari, kamu bisa merasakan hawa sejuk yang berpadu dengan alam asri yang masih terjaga.
ADVERTISEMENT
Dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO pada 2012 lalu, Desa Wae Rebo dikenal luas karena bangunan tradisionalnya yang unik. Bangunan bernama Mbaru niang itu terbuat dari kayu dengan atap yang berasal dari anyaman ilalang.
Berada di Wae Rebo bikin kamu jadi merasakan sensasi hidup tradisional. Jangankan listrik, sinyal ponsel aja tak ada di sini. Cocok banget buat kamu yang pengen detox dari media sosial!
Banyak juga, kan, pilihannya. Sudah tahu destinasi wisata mana yang mau kamu kunjungi?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan