kumparan
search-gray
Food & Travel24 Januari 2018 11:11

Melihat Pohon Purba Berusia Ratusan Tahun di Lombok

Konten Redaksi kumparan
Pohon purba di kawasan hutan purba
Pohon purba di kawasan hutan purba. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Lombok tak hanya terkenal dengan Gili Trawangan, Pantai Kuta, Festival Bau Nyale, atau Gunung Rinjani saja. Pulau yang terkenal dengan julukan 1000 masjid ini memiliki berbagai macam objek wisata yang tak kalah menarik. Misalnya saja kawasan hutan purba.
ADVERTISEMENT
Hutan Purba ini terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabayan, Kabupaten Lombok Timur. Kawasan seluas 17 hektar ini berada di tanah milik Kementrian Hukum dan HAM dan dikelola oleh Rutan Selong. Ada salah satu destinasi wisata menarik di sini, yakni pohon berukuran raksasa yang lebih dikenal dengan pohon purba atau pohon Lian.
Suasana di kawasan hutan purba
Suasana di kawasan hutan purba. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Rendy selaku petugas Rutan Selong mengatakan jika pohon Lian dipercaya oleh masyarakat setempat terbawa arus dari Australia akibat tsunami ratusan tahun lalu.
Pohon ini memiliki tinggi rata-rata 40 sampai 50 meter. Bahkan saking besarnya, dibutuhkan empat hingga lima orang dewasa untuk mengelilingi batang pohonnya.
Batang pohon purba
Batang pohon purba. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Di kawasan hutan ini, ada sekitar 30 pohon purba yang masih menjulang tinggi. Di sekitaran pohon-pohonnya terdapat biji-biji pohon yang bertebaran, tetapi sayangnya, biji pohon ini tidak bisa tumbuh.
ADVERTISEMENT
"Pohon ini di kembangbiakan pun tak bisa. Sudah (dicoba) sampai beberapa kali oleh (dinas) pertanian juga tak bisa," tutur Rendy saat berbincang dengan kumparan (kumparan.com), Selasa (23/1).
Kawasan hutan purba
Kawasan hutan purba. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Selain di Lombok, pohon Lian rupanya juga tumbuh di Australia dan Afrika. Menariknya lagi, pohon purba ini tak boleh ditebang karena dilindungi oleh undang-undang. Bahkan jika pohon tersebut tumbang, sebaiknya dibiarkan begitu saja.
Kawasan hutan ini setiap harinya dibersihkan oleh para napi. Mereka bertugas untuk membersihkan areal sekitar pohon Lian.
Salah satu pohon purba
Salah satu pohon purba. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Uniknya, banyak pasangan yang menjadikannya lokasi ini untuk foto pre wedding. Pengunjung juga bisa menikmati pantai yang tepat berada di depan kawasan hutan purba.
Kamu yang tertarik berkunjung ke sini, diharuskan menempuh perjalanan 2 jam lamanya dari kota Mataram.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik melihat pohon purba berukuran raksasa?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white