Food & Travel12 November 2019 11:39

Memuaskan Cita Rasa Seharian Penuh di Negeri Singa

Konten Redaksi kumparan
Memuaskan Cita Rasa Seharian Penuh di Negeri Singa (246316)
com-Singaporean Chili Crab. Foto: Shutterstock
Kuliner adalah bagian dari denyut nadi Singapura. Kamu tidak akan benar-benar merasakan kehidupan Negeri Singa tanpa mencicipi makanan khas dalam penjelajahanmu di sana. Kuliner Singapura bukan sekadar pengisi perut, melainkan juga hidangan dengan cita rasa yang akan membuat lidah dan hati terpesona.
ADVERTISEMENT
Kamu akan merasakan petualangan rasa yang menakjubkan jika berburu makanan di Singapura. Mulai dari penjaja makanan (hawkers) hingga restoran mewah bisa kamu temukan di sana. Makanannya pun beragam. Tidak mengherankan karena Singapura merupakan persimpangan dari berbagai budaya, seperti Melayu, Tiongkok, Timur Tengah, Inggris, hingga India.
Inilah beberapa rekomendasi makanan untukmu yang ingin mengeksplorasi kuliner Singapura seharian. Bersiaplah untuk terlena dengan kelezatannya.
Sarapan di Tiong Bahru
Memuaskan Cita Rasa Seharian Penuh di Negeri Singa (246317)
com-Tiong Bahru. Foto: Shutterstock
Bangunlah lebih pagi agar bisa berkunjung ke Tiong Bahru, salah satu kompleks perumahan tertua di Singapura. Kamu bisa merasakan bagaimana kehidupan sehari-hari ala Negeri Singa dimulai di sana.
Di antara bangunan-bangunan yang didominasi warna putih atau krem, berdiri sebuah toko roti bernama Tiong Bahru Bakery. Dari luar, toko itu memang terlihat sederhana. Namun jangan salah, toko yang terletak di Eng Hoon Street nomor 56 tersebut cukup ramai oleh pengunjung.
ADVERTISEMENT
Pemandangan tersebut tidak mengherankan, karena toko roti ini cukup ternama. Baik pengunjung lokal maupun turis mancanegara sudah dibuat ketagihan oleh kelezatannya.
Ada banyak roti bernuansa Eropa yang bisa dicicipi di sana. Mulai dari croissant, chocolate danish, hingga apple chauson. Tapi jika kamu baru pertama kali ke sana, disarankan untuk mencoba terlebih dulu menu andalannya, original kouign amann.
Seperti namanya, “kouign” yang berarti kue dan “amann” yang artinya mentega dalam bahasa Breton, kouign amann memadukan kedua istilah tersebut dengan apik. Mentega kering menyelimuti permukaan roti yang memberikan kesan renyah. Kerenyahan tersebut dipadukan dengan kelembutan kue roti di dalamnya. Rasa manis yang pas akan menari-nari di lidah dan dijamin membuatmu ketagihan.
Selain aneka roti, ada pula menu lain seperti pai atau quinoa yang patut dicoba. Jangan lupa juga untuk memesan kopi khas sebagai teman untuk mengawali hari dengan semangat.
ADVERTISEMENT
Makan siang di Malayan Council
Tidak sulit mencari makanan halal di Negeri Singa. Label bertuliskan halal cukup banyak ditemui di fasad toko maupun kemasan makanan ringan di supermarket. Salah satu restoran halal recommended yang wajib dicoba adalah Malayan Council.
Malayan Council tampak sedikit bersembunyi di kesunyian Bussorah Street, namun kepopulerannya membuat restoran itu bukan lagi nama yang asing di telinga pencinta kuliner Singapura.
Restoran ini memberikan ambience yang menenangkan bagi para pengunjungnya. Suasananya sunyi, didukung dengan pencahayaan agak temaram dan interior yang memanjakan mata. Makan siang di Malayan Council akan membuatmu melupakan sejenak keramaian siang hari Singapura di luar sana.
Berbagai variasi kuliner lokal hingga Barat tersedia di sini. Kamu bisa mencoba Angus Rib Eye Masak Merah sebagai pilihan untuk makan siang. Dengan porsi melimpah, hidangan terdiri dari steak angus rib eye yang dibanjiri saus khas, pilihan nasi tomat atau truffle fries, salad, dan prawn crackers yang renyah.
ADVERTISEMENT
Kematangan daging yang pas dipadukan saus dengan rasa manis dan tajam merangkai kenikmatan dalam setiap gigitan. Nasi tomat atau truffle fries sebagai pemasok karbohidrat juga tidak kalah lezat. Sementara itu salad dan prawn crackers melengkapi keistimewaan hidangan ini.
Main course lain yang terkenal di Malayan Council ini adalah Singapore Chili Lobster, Roti Kirai Beef Ribs, dan Ayam Panggang Sapit. Sesuai dengan jargonnya “Talk. Makan. Chill.”, kamu bisa menikmati berbagai hidangan tersebut diiringi dengan obrolan hangat dan suasana yang adem.
Menikmati Senja di Jumbo East Coast
Bagaimana rasanya menikmati ikon kuliner Singapura dengan pemandangan sunset yang memukau? Kamu bisa merasakannya di Jumbo East Coast yang terletak di East Coast Seafood Centre, tidak jauh dari Singapore Wake Park.
ADVERTISEMENT
Restoran tersebut menyediakan tempat duduk outdoor yang hanya berjarak beberapa meter dari perairan. Menghadap ke Selat Singapura, pemandangan laut yang terhampar sungguh memikat. Semilir angin dan sinar mentari sore yang hangat memberikan suasana yang indah dan romantis.
Sajian utama dari Jumbo East Coast adalah Chilli Crab yang mendapat penghargaan sebagai chilli crab terbaik di Singapura. Tidak mengejutkan, karena kepiting segar yang terhidang berbalut saus spesial yang diracik chef profesional, menggabungkan 10 rempah berbeda dari berbagai penjuru Asia Tenggara, membuatmu seolah mencicipi keragaman budaya dalam satu hidangan.
Selain aneka kepiting yang spesial, kamu juga bisa memilih untuk dijamu dengan menu lain seperti lobster, udang, ikan, serta hidangan seafood yang beragam. Tentunya, sambil memandangi langsung ke laut luas di mana hewan-hewan tersebut berasal.
ADVERTISEMENT
Kemilau Malam di Lau Pa Sat
Memuaskan Cita Rasa Seharian Penuh di Negeri Singa (246318)
com-Lau Pa Sat. Foto: Shutterstock.
Lau Pa Sat atau yang sering disebut Telok Ayer ini sudah tidak diragukan popularitasnya. Terletak di tengah-tengah gedung tinggi menjulang di Raffles Quay, kamu akan menemukan sensasi berbeda saat makan di sini, terlebih saat malam tiba.
Kamu bisa memilih makan di bawah naungan atap Lau Pa Sat dengan nuansa tradisional, atau di luar dengan hamparan meja-meja yang identik dengan suasana hawker. Benderang lampu sana-sini, diiringi dengan keramaian serta tentunya makanan lezat, membuat Lau Pa Sat menjadi pusat hawker sejati.
Memuaskan Cita Rasa Seharian Penuh di Negeri Singa (246319)
com-Satay di Lau Pa Sat. Foto: Shutterstock.
Yang menyenangkan dari hawker adalah banyaknya pilihan kuliner yang tersedia. Mulai dari kuliner lokal, kuliner khas daerah Melayu, Vietnam, hingga India, makanan khusus vegetarian, hingga makanan berlabel halal tersedia di sini. Termasuk sate khas yang diklaim merupakan yang terbaik. Jadi, siapa pun kamu, wajib untuk mengunjungi di Lau Pa Sat saat bertandang ke Singapura.
ADVERTISEMENT
Berburu kuliner di Singapura merupakan pengalaman tak terlupakan, bukan? Dari roti yang manis, main course khas, seafood ikonik, hingga makan dengan suasana hawker. Belum lagi, masih banyak harta karun kuliner lezat Singapura yang masih menunggu untuk dijelajah. Untuk para pencinta makanan, kuliner Negeri Singa akan selalu menyambutmu dengan cita rasa terbaiknya.
Jangan sekadar makan, jadilah pencinta makanan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white