kumparan

Menghitung Biaya yang Dihabiskan Kerajaan Inggris saat Kunjungan Resmi

Ratu Elizabeth II di Trooping the Colour
Ratu Elizabeth II menghadiri acara Trooping the Colour. Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP
Gerak-gerik anggota keluarga Kerajaan Inggris selalu mendapat sorotan publik. Termasuk saat anggota melakukan kunjungan resmi atau liburan pribadi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, menurut laporan keuangan tahunan keluarga, seluruh keluarga kerajaan menghabiskan dana sekitar 5,87 juta dolar Amerika atau setara Rp 83 miliar untuk kunjungan resmi. Adapun dana perjalanan ini bersumber dari pajak yang dibayarkan penduduk Inggris atau Sovereign Grant.
Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa tiap anggota kerajaan setidaknya menghabiskan 18 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 254 juta.
Pangeran Charles, Bed and Breakfast pertamanya di Skotlandia
Pangeran Charles membuka Bed and Breakfast pertamanya di Skotlandia. Foto: Dok. The Castle & Gardens of Mey
Dalam laporan tersebut memperlihatkan pada tahun 2018 Pangeran Charles dan Chamila melakukan perjalanan termahal. Laporan itu mencatat, perjalanan resmi keduanya di Karibia pada bulan Maret menelan biaya 530 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 7,5 miliar.
Kemudian, biaya perjalanan termahal nomor dua kembali dipegang oleh keduanya. Perjalanan Charles dan Camilla di Gambia, Ghana, dan Nigeria, menggelontorkan dana sekitar 275 ribu dolar Amerika, bila dirupiahkan sekitar Rp 3,8 miliar.
ADVERTISEMENT
Lagi, kunjungan resmi mereka ke Prancis dan Yunani menempati urutan ketiga. Adapun perjalanan ini menghabiskan 200 ribu dolar Amerika atau setara Rp 2,8 miliar.
Royal tour Kate Middleton dan Ratu Elizabeth II
Royal tour Kate Middleton dan Ratu Elizabeth II Foto: Anthony Devlin/Getty Images
Berikutnya adalah perjalanan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang masuk ke dalam biaya perjalanan termahal. Tugas mereka ke Australia, Selandia Baru, Fiji, dan Tonga Oktober 2018 lalu menelan biaya 100 ribu dolar Amerika atau Rp 1,4 miliar.
Meskipun setiap perjalanan nampak mahal, tetapi seluruh Sovereign Grant untuk tahun 2018 hingga 2019 adalah 104 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 1 triliun. Artinya setiap penduduk di Inggris harus membayar pajak sekitar 1,58 dolar Amerika untuk perjalanan anggota kerajaan.
Walaupun keluarga kerajaan kerap menggelontorkan dana yang tak sedikit, mereka ‘membawa’ kembali uang ke Inggris. Sebut saja pernikahan kerajaan yang mampu menghasilkan 303 juta dolar Amerika atau setara Rp 4 triliun.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan