kumparan
5 September 2018 19:05

Mengusir Bosan dengan Singgah di Digital Lounge Bandara Soetta

Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
PT Angkasa Pura II (Persero) meluncurkan fasilitas baru bernama Airport Digital Lounge bagi kamu yang traveling dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Diluncurkan sejak 11 Agustus 2018 lalu, Airport Digital Lounge bisa kamu temui di Terminal Keberangkatan 2F. Tepatnya di antara Gate 3 dan 4 di seberang tenant makanan cepat saji.
Airport Digital Lounge merupakan fasilitas informasi berbasis digital yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung bandara. Di tempat ini kamu bisa mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan selama perjalanan.
Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Perwakilan Corporate Communication Officer Angkasa Pura II mengungkapkan, bahwa Airport Digital Lounge awalnya didirikan untuk membantu penyebaran informasi pada pengunjung saat masa Asian Games 2018.
"Tujuan awalnya membantu Asian Games. Jadi atlet atau pihak official yang baru pertama kali tiba di Jakarta menjadi terbantu dengan layanan penyebaran informasi ini," ungkapnya saat ditemui kumparanTRAVEL di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Pengunjung menggunakan layanan Tasya di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Pengunjung menggunakan layanan Tasya di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Dibantu oleh layanan virtual assistant bernama Tasya yang dihadirkan dalam sebuah plasma LED di dinding lounge, kamu bisa mencari tahu jadwal penerbangan, jadwal kedatangan, informasi harga tiket, fasilitas bandara, dan informasi terkait Asian Games.
Flight Informations Display System di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Flight Informations Display System di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Di Airport Digital Lounge, kamu bisa menemukan Flight Informations Display System yang berisi informasi jadwal penerbangan secara lengkap, dengan waktu keberangkatan dan nama maskapai. Ada pula layar plasma yang berisi tentang informasi dan fakta unik terkait Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Selain ada Tasya yang bisa membantu mengetahui informasi terkini penerbangan, kamu juga dapat bertemu dengan robot Sanbot bernama Dilo.
Robot Dilo akan menghibur kamu dengan suguhan film menarik, musik, dan game yang bisa dimainkan bersama. Dilo juga dapat diajak berinteraksi, lho. Jadi kamu tidak akan merasa bosan saat menunggu di bandara.
Robot Dilo di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Robot Dilo di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Buat kamu yang tidak bisa lepas dari gadget, Airport Digital Lounge juga memberikan fasilitas charging station. Charging station ini dapat kamu temukan dalam tabung berwarna biru di bagian depan lounge dan di atas meja.
Fasilitas Charger di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Fasilitas Charger di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Charging station tersebut berupa stop kontak, port HDMI dan USB. Fasilitas ini bisa kamu gunakan untuk me-recharge kembali perangkat elektronik seperti HP, laptop, iPad, atau tablet, maupun untuk digunakan sebagai tempat bekerja.
ADVERTISEMENT
Asyiknya lagi, kamu bisa mendapatkan akses WiFi secara gratis saat berada di Airport Digital Lounge. Jadi, kamu bisa bebas mengakses media sosial atau sekadar 'berselancar' di dunia maya.
Charging Station di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Charging Station di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Ferdy Fajrianto (29), seorang karyawan swasta yang berkunjung ke Airport Digital Lounge menuturkan perasaannya saat menggunakan fasilitas tersebut.
"Enak banget, ada WiFi gratis yang bisa dipakai tanpa perlu input password. WiFinya kencang, speed-nya bagus, login-nya juga enggak ribet. Enggak mesti masukin email, akun media sosial, atau password. Cukup klik Get Started, langsung terhubung, dan yang terakhir pemakaiannya enggak dibatasi waktu," jelasnya.
Berukuran sekitar 50-60 meter persegi, Airport Digital Lounge memiliki letak yang strategis, karena berdekatan dengan musala dan toilet. Kamu jadi tidak perlu repot mencari ruang untuk menunaikan ibadah maupun menyelesaikan 'panggilan alam'.
Pengunjung di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Pengunjung di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Sementara itu, perwakilan Corporate Communication Officer Angkasa Pura II menambahkan, bahwa sejauh ini Airport Digital Lounge baru tersedia satu unit dan hanya ada di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.
ADVERTISEMENT
"Sebenarnya ini masih pilot project. Nantikan akan dibuat lebih luas dan lebih estetik, " tambahnya.
Pengunjung di Airport Digital Lounge Bandara Soetta
Pengunjung di Airport Digital Lounge Bandara Soetta (Foto: Helinsa Rasputri.kumparan)
Ke depannya, Airport Digital Lounge akan diberikan informasi tambahan yang disesuaikan dengan event yang berlangsung. Untuk saat ini, tema Asian Games menjadi konsep yang diusung dan nantinya akan berubah menjadi Asian Para Games ketika event-nya berlangsung.
Meski dapat digunakan secara bebas, Airport Digital Lounge tidak bisa kamu gunakan untuk makan atau minum, ya. Jika lapar atau haus, kamu bisa makan di tenant makanan yang tersedia di kawasan bandara atau ruang tunggu.
Menunggu jadi tidak terasa membosankan, kan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan