kumparan
Food & Travel28 Januari 2018 11:16

Menikmati Akhir Pekan di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu

Konten Redaksi kumparan
Pulau Ayer
Pulau Ayer. (Foto: Instagram @emharis)
Saat seseorang sudah merasakan bagaimana dunia kerja, waktu akhirnya menjadi kendala untuk berlibur. Padatnya pekerjaan hingga tak adanya waktu untuk menikmati istirahat menjadi sederet alasan susahnya seseorang untuk berlibur ke luar kota ataupun luar negeri.
ADVERTISEMENT
Namun, bagi kamu yang bekerja di ibu kota tak perlu khawatir. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, kamu bisa memanfaatkan libur akhir pekan dengan mengunjungi pulau yang ada di sekitar Jakarta.
Ya, Jakarta memang tak hanya berisikan gedung-gedung pencakar langit saja. Di ujung utara Jakarta nyatanya ada sebuah Kepulauan yang memiliki kurang lebih 110 pulau indah.
Salah satunya adalah Pulau Ayer. Untuk menuju Pulau Ayer, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 hingga 30 menit menggunakan speedboat dari Marina Ancol.
Mengingat waktumu yang sedikit, sebaiknya pagi-pagi sekali kamu sudah ada di Marina Ancol untuk menyebrang.
Ketika sudah sampai, kamu bisa pergi ke penginapan. Pulau Ayer sendiri menawarkan cottage biasa dan floating cottage.
ADVERTISEMENT
Keuntungan menginap di floating cottage adalah kamu bisa mendengar deburan ombak dan melihat hamparan laut yang luas. Bahkan, bisa memancing langsung dari teras cottage.
Setelahnya, kamu bisa pergi ke restoran untuk mengisi energi. Tak perlu khawatir, Pulau Ayer kamu menyediakan banyak rumah makan. Bahkan, ada juga restoran mengapung, loh.
Kemudian, kamu bisa melakukan aktivitas di air seperti banana boat, surf bike atau jet ski. Ketika menjelang sore, kamu suasana pantai dan sunset indah sudah menunggu untuk dinikmati.
Selain itu, kamu juga bisa memancing di pulau indah ini. Bahkan, jika mendapatkan ikan, kamu bisa langsung membakarnya dan menyantapnya di pinggir pantai, sambil ditemani deburan ombak yang menenangkan.
Pulau ini juga memiliki fasilitas seperti lapangan basket, voli, trek jogging, bahkan kolam renang. Fasilitas itu bisa kamu gunakan secara gratis.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, kamu tak bisa snorkeling di Pulau Ayer. Letaknya yang berada dekat dengan Pantai Jakarta membuat pencemaran di Pulau Ayer cukup tinggi. Jadi, Pulau Ayer cukup berbahaya untuk snorkeling.
Setelah itu, kamu bisa kembali ke hotel dan beristirahat. Esok harinya, kamu bisa menunggu sunrise di pinggir pantai.
Jangan lewatkan juga berkeliling Pulau Ayer dengan sepeda. Tenang saja, jalanan yang kamu lalui sudah dilapisi cone block jadi tak perlu khawatir.
Tertarik untuk mencoba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan