kumparan

Menikmati Indahnya Les Calanques di Selatan Prancis

Les Calanques, Prancis
Kawasan wisata Les Calanques di selatan Prancis Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Kata siapa alam yang indah dan lautan yang hangat hanya bisa ditemukan di daerah tropis? Eropa juga punya keindahan tersebut, salah satunya adalah Les Calanques yang terletak di Marseille, Prancis bagian selatan.
ADVERTISEMENT
Calanques yang memiliki status sebagai taman nasional merupakan barisan tebing-tebing batu kapur, yang bersentuhan langsung dengan teluk-teluk kecil Laut Mediterania. Panjang tebing ini adalah sekitar 20 kilometer dengan lebar 4 kilometer.
Karena permukaannya yang terbuat dari batu kapur, Calanques memiliki vegetasi yang unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Tumbuhan-tumbuhan yang ada di Calanques tidak tumbuh di atas tanah, melainkan di atas batu kapur tersebut.
Les Calanques, Prancis
Kawasan wisata Les Calanques di selatan Prancis Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Tempat ini populer di kalangan turis Eropa dan internasional, termasuk juga orang lokal. Calanques begitu alami dan indah sampai-sampai orang bisa lupa bahwa mereka tidak jauh dari hiruk pikuknya pusat kota Marseille, yaitu kota terbesar kedua di Prancis.
Tempat ini tentu menggiurkan untuk dikunjungi saat musim panas, di mana pengunjung bisa mendinginkan badan dengan berenang di laut. Tapi, saat terbaik untuk mengunjungi Calanques adalah antara Maret sampai Mei.
ADVERTISEMENT
Selama musim panas, Calanques tidak selalu dibuka, khususnya ketika suhu terlalu tinggi karena khawatir akan bahaya kebakaran. Sementara di musim gugur, permukaan Calanques terlalu licin untuk didaki karena banyaknya hujan.
Les Calanques, Prancis
Kawasan wisata Les Calanques di selatan Prancis Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Selain melalui jalur darat, Calanques juga bisa diakses melalui laut. Tempat ini juga memiliki gua yang pintu masuknya ada di dalam air yang bernama Gua Cosquer. Seperti di film-film, di tembok gua tersebut ada gambar-gambar yang dibuat oleh manusia-manusia dari zaman paleolitikum. Gua ini sempat ditinggali ketika level permukaan air tidak setinggi sekarang.
Apa saja yang harus dibawa jika mau ke Calanques?
Sepatu hiking, baju renang, kacamata hitam, dan jangan lupa air yang cukup. Meskipun wisata alam, tidak ada sumber mata air minum di seluruh Calanques.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan