kumparan
26 Agustus 2018 13:22

Menikmati Keindahan Bunga Lotus di Danau Rana Tonjong, NTT

Keindahan Danau Rana Tonjong di Flores
Keindahan Danau Rana Tonjong di Flores (Foto: http://wisata.nttprov.go.id/)
Kekayaan alam di Flores, Nusa Tenggara Timur tak hanya diberkahi Danau Kelimutu yang cantik saja. Ada pula sebuah danau yang juga dianugerahi panorama indah.
ADVERTISEMENT
Danau bernama Rana Tonjong ini menyuguhkan pemandangan eksotis lantaran ditumbuhi bunga lotus. Ya, hamparan bunga lotus itu tersebar di setiap sisi danau seluas 2,5 hektare.
Nama Rana Tonjong, sendiri memiliki arti yaitu Rana berarti danau sementara Tonjong artinya teratai raksasa dalam bahasa setempat.
Sejauh mata memandang, wisatawan akan disajikan lanskap hijau, mulai dari areal persawahan di sekitar danau hingga pepohonan yang turut mengelilingi danau.
Bunga-bunga lotus tumbuh di atas permukaan Danau Rana Tonjong. Saking banyaknya bunga lotus yang ada, bila dilihat dari kejauhan tidak tampak adanya air pada permukaan danau.
Ya, bunga teratai ini tumbuh subur sepanjang tahun, namun hanya berbunga sekali dalam setahun, yakni pada April hingga Juni. Bunga berwarna merah muda itu memiliki tinggi batang bisa sekitar 3 m, sementara lebar daun mencapai 30 cm dan untuk ukuran bunganya kurang lebih 25 cm.
ADVERTISEMENT
Selain dianugerahi panorama yang indah, rupanya danau lotus raksasa ini menjadi yang terbesar kedua di dunia. Sedangkan di posisi pertama dipegang oleh danau lotus yang ada di India.
Tak hanya memiliki lanskap memukau, Danau Rana Tanjong juga menjadi habitat bagi beberapa hewan, seperti ikan air tawar, katak dan ular sawah, serta sebagai tempat bagi beberapa burung imigran yang mencari makan. Maka dari itu, bila beruntung wisatawan bisa bertemu dengan elang, bangau dan angsa putih yang mencari makan.
Jika penasaran dengan keindahan Danau Rana Tanjong langsung saja datang ke Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Sebelum menikmati panoramanya, wisatawan harus melewati jalan yang tidak terlalu bagus serta menantang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan