Food & Travel
·
28 April 2020 12:14

Menilik Masjid Ratusan Tahun di Iran yang Disulap Jadi Tempat Produksi Masker

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menilik Masjid Ratusan Tahun di Iran yang Disulap Jadi Tempat Produksi Masker (6390)
Masjid Shah Cheragh di Iran Foto: Shutter Stock
Pandemi global virus corona membuat sebuah masjid di Iran beralih fungsi jadi tempat pembuatan masker sementara. Masjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, kini jadi tempat pembuatan masker selama wabah corona untuk menutupi kurangnya alat medis di sana.
ADVERTISEMENT
Dilansir Iran Front Page News, para pekerja wanita setempat tampak tengah bekerja untuk memproduksi masker yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona.
Menilik Masjid Ratusan Tahun di Iran yang Disulap Jadi Tempat Produksi Masker (6391)
Masjid Shah Cheragh. Foto: Shutter Stock
Sebelum disulap jadi tempat pembuatan masker, masjid ini diketahui telah ditutup sejak awal kebijakan lockdown di Iran diberlakukan guna mencegah penyebaran virus corona.
Selain jadi tempat pembuatan masker, ternyata Masjid Shah Cheragh di Iran dikenal sebagai masjid bersejarah yang punya arsitektur menakjubkan, lho.
Menilik Masjid Ratusan Tahun di Iran yang Disulap Jadi Tempat Produksi Masker (6392)
Masjid Shah Cheragh di Iran Foto: Shutter Stock
Masjid yang menjadi tempat bersemayamnya putra-putra dari Imam Musa al-Khadim dan saudara-saudara dari Imam Reza, ini didominasi oleh ornamen-ornamen hijau berkilauan dan diselimuti dengan gelas dan kaca.
Sehingga begitu masuk ke masjid ini pengunjung disajikan dengan pemandangan langit-langit yang seperti dipenuhi kilauan bintang.
Menilik Masjid Ratusan Tahun di Iran yang Disulap Jadi Tempat Produksi Masker (6393)
Masjid Shah Cheragh di Iran Foto: Shutter Stock
Dilansir Atlas Obscura, konon sekitar tahun 900 M seorang pengembara melihat cahaya misterius yang terpancar dari makam yang ada di masjid tersebut. Saat diselidiki makam bercahaya tersebut berasal dari makam seorang tokoh Muslim di zaman itu.
ADVERTISEMENT
Cerita itu menyebabkan Masjid Shah Cheragh menjadi situs ziarah populer bagi umat Islam Syiah, dan struktur kubah digunakan sebagai makam. Situs ini diperbaiki dan diperluas selama berabad-abad, dengan sekolah-sekolah agama dan fasilitas lainnya ditambahkan ke dalam kompleks.
Menilik Masjid Ratusan Tahun di Iran yang Disulap Jadi Tempat Produksi Masker (6394)
Masjid Shah Cheragh di Iran Foto: Shutter Stock
Pada abad ke-14, pembuatan dekorasi bola kaca yang khas dibuat atas perintah Ratu Tash Khtn. Ia menginginkan ruangan masjid lebih bercahaya seribu kali lipat. Jadi nama "Shah Cheragh" secara kasar diterjemahkan menjadi "Raja Cahaya" dalam bahasa Persia.
Seiring berjalannya waktu, renovasi terus dilakukan untuk mempercantik masjid yang juga dikenal dengan sebutan Emerald Mosque dan Shrine to the King of Light ini. Karena keindahannya, masjid ini disebut sebagai salah satu masjid terindah di dunia, lho.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!