kumparan
search-gray
Food & Travel20 Maret 2020 18:00

Menilik Pesona Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Taman Laut Terbaik Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Menilik Pesona Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Taman Laut Terbaik Indonesia   (14036)
Ragam fauna di Teluk Cendrawasih. Foto: Shutter Stock
Papua menjadi wilayah pertemuan antara dua benua, tak heran bila wilayah ini mempunyai keberagaman alam yang memikat. Mulai dari flora, fauna, sampai keindahan alamnya.
ADVERTISEMENT
Bagi traveler yang menyukai wisata alam bawah laut pasti tidak asing dengan Raja Ampat di Papua. Namun, ternyata Papua mempunyai surga bawah laut lainnya yang patut kamu datangi juga, lho.
Yup, namanya Taman Nasional Teluk Cendrawasih, taman laut terbesar dan tempat menyelam terbaik di Indonesia. Ratusan terumbu karang yang eksotis dengan kualitas terbaik di dunia ada di sini.
Tak hanya itu, lebih dari 950 spesies ikan juga hidup di sini. Kawasan ini merupakan rumah bagi populasi mega fauna, termasuk hiu paus, ikan duyung, lumba-lumba, penyu dan lainnya. Keberagaman ikan-ikan ini menjadi pemandangan yang tidak boleh dilewatkan.
Taman nasional yang memiliki luas lebih dari 1 juta hektare itu mempunyai lebih dari 196 jenis moluska juga, lho. Kamu juga bisa merasakan sensasi berenang bersama penyu, hiu dan lumba-lumba.
ADVERTISEMENT
Destinasi wisata di taman nasional ini juga beragam, seperti Pulau Rumberpon, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswar, Pulau Yoop, dan lain-lain. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, diving, pengamatan satwa atau bahkan berkeliling di hutan bakau yang luas.
Selain itu, kamu juga bisa memasuki gua purba yang terdapat kerangka leluhur etnik Wandau dan merasakan sensasi pemandian air panas yang mengandung belerang tanpa garam di Pulau Mioswar.
Jangan khawatir soal penginapan, terdapat berbagai resor mewah dan tentunya nyaman untuk bermalam di sana.
Taman nasional ini berada di lima wilayah dan dua provinsi, yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Propinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Waropen di Provinsi Papua.
ADVERTISEMENT
Tertarik berkunjung?
Laporan Hutri Dirga Harmonis
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white