Mudahkan Turis ke Angkor Wat, Kamboja Buka Bandara Terbaru dan Terbesar

24 Oktober 2023 9:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wisatawan di kuil Angkor Wat di luar Siem Reap, Kamboja pada 31 Desember 2017. Foto: Heng Sinith/AP Photo
zoom-in-whitePerbesar
Wisatawan di kuil Angkor Wat di luar Siem Reap, Kamboja pada 31 Desember 2017. Foto: Heng Sinith/AP Photo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kamboja secara resmi mengumumkan operasional bandara terbarunya pada Senin (16/10). Hadirnya bandara baru ini ditujukan untuk memudahkan turis yang ingin pelesiran ke Angkor Wat.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, bandara baru bernama Siem Reap-Angkor International Airport (SAI) itu berlokasi sekitar 40 kilometer (km) dari situs populer Angkor Wat. Seperti dilaporkan Associated Press pada Senin (23/10), maskapai penerbangan Bangkok Airways jadi maskapai pertama yang mendarat di bandara tersebut.
Wakil Perdana Menteri Kamboja, Vongsey Vissoth, mengatakan bandara tersebut menawarkan pengalaman yang lebih baik untuk mencapai situs terkenal Angkor Wat, dalam upaya meningkatkan kunjungan pariwisata.
Wisatawan di kuil Angkor Wat di luar Siem Reap, Kamboja pada 31 Desember 2017. Foto: Heng Sinith/AP Photo
“Peluncuran dan pengoperasian penerbangan komersial pertama ke SAI merupakan titik balik bagi Kamboja dalam mempromosikan pengembangan pariwisata di wilayah bersejarahnya, dengan bandara internasional terbesar di wilayah Siem Reap Angkor,” kata Vissoth, pada The Pnom Phen Post.
Pembangunan Siem Reap-Angkor International Airport tak terlepas dari kekhawatiran Pemerintah Kamboja. Menurut pemerintah, lokasi bandara yang berada sangat dekat dengan Angkor Wat dikhawatirkan bisa menimbulkan getaran yang bisa merusak situs tersebut. Hal inilah yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk membuat bandara baru yang lebih mewah dan lebih besar.
ADVERTISEMENT

Bandara Baru yang Bisa Tampung 7 Juta Penumpang

Bandara baru yang dibangun dengan perjanjian kerja sama antara Kamboja dan China ini akan jadi bandara terbesar di negara tersebut. Bandara ini nantinya mampu menampung hingga 7 juta penumpang per tahunnya.
Setelah itu, bandara tersebut juga akan diekspansi menjadi lebih besar, sehingga dapat melayani 12 juta penumpang per tahunnya mulai tahun 2040.
Penyelesaian bandara baru yang mulai dibangun pada tahun 2020, dilakukan ketika Kamboja bertujuan untuk mendapatkan kembali jumlah pariwisata, seperti sebelum pandemi.
Siem Reap International Airport. Foto: MosayMay/Shutterstock
Menurut situs pelacak penerbangan FlightAware, bandara baru ini juga melayani penerbangan ke beberapa kota di luar negeri, termasuk Bangkok, Ho Chi Minh, dan Singapura.
Meskipun Angkor Wat adalah salah satu lokasi wisata paling populer di Kamboja, negara ini penuh dengan kuil lain yang jarang dikunjungi, seperti Kota Mahendraparvata.
ADVERTISEMENT