Food & Travel
·
25 Oktober 2020 17:03

Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219248)
Ilustrasi Pulau Tidung Foto: Shutter stock
Masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, akan mendapatkan cuti bersama dalam rangka libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 28-30 Oktober 2020. Hal itu diputuskan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 19 Oktober 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang memutuskan menghabiskan cuti bersama dengan megunjungi berbagai destinasi wisata, perlu diketahui bahwa pada saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19. Maka dari itu, ada baiknya merencanakan liburan ke daerah-daerah terdekat untuk sementara waktu.
Jakarta menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa dijajaki selama liburan. Meskipun kota metropolitan ini dipadati gedung-gedung pencakar langit, siapa sangka banyak objek wisata menarik yang jaraknya selempatan batu dari Jakarta. Berikut rekomendasi destinasi wisata lokal tersembunyi dan jaraknya tidak jauh dari Jakarta untuk dikunjungi saat libur panjang Oktober 2020.

1. Pulau Tidung

Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219249)
Pulau Tidung Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pulau Tidung dikenal sebagai salah satu destinasi wisata masyarakat Jakarta. Letaknya yang berada tidak jauh dari ibu kota membuat pulau ini kerap dijadikan destinasi 'short escape' yang mudah, murah, dan terjangkau. Pulau Tidung jadi pilihan wisata pantai yang berjarak 2 jam dari dermaga Kali Adem, Muara Angke.
ADVERTISEMENT
Destinasi wisata di Kepulauan Seribu ini akan membawa atmosfer liburan yang berbeda. Memiliki ikon terkenal bernama Jembatan Cinta, destinasi tersebut menjadi penghubung antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar.
Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219250)
Pulau Tidung Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Jembatan Cinta, menjadi salah satu ikon utama di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Tidak sedikit yang menjadikan jembatan ini sebagai ajang adu adrenalin. Selain itu, penggemar wisata bawah laut dapat memuaskan dahaga berpetualang dengan snorkeling atau mengendarai berbagai pilihan wahana air seperti banana boat atau donut boat.
Selain itu, keragaman biota laut dan terumbu karangnya membuat pulau di Kepulauan Seribu ini juga dikenal indah. Lautnya yang jernih dan bernuansa biru muda yang dihias Jembatan Cinta berwarna pink membuat pulau ini semakin menarik.
ADVERTISEMENT

2. Pulau Macan

Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219251)
Pulau Macan, destinasi wisata eksklusif yang berisi resor mewah di Kepulauan Seribu Foto: Shutterstock
Pulau Macan di Kepulauan Seribu merupakan salah satu pulau wisata yang dikelola secara pribadi. Pulau Macan juga bisa dibilang sangat berbeda dengan pulau-pulau wisata sekitarnya, karena dikelola secara pribadi dan khusus ditujukan untuk wisata.
Pulau Macan juga menyuguhkan konsep eco resort, sehingga resor-resor yang ada di dalamnya menggunakan kayu sebagai bahan baku utama. Bangunannya juga didesain terbuka, supaya pengunjung bisa menikmati alam dengan lebih sempurna. Menarik, ya.
Tentu ada sebabnya mengapa Pulau Macan Eco Resort kian populer beberapa tahun belakangan. Hanya dengan mengendarai speedboat dengan jarak tempuh 1 jam dari Marina Ancol, maka wisatawan pun tiba di lokasi asri tersebut.
Pulau Macan dengan konsep Kelola eco-resort dapat dijadikan tempat relaksasi terbaik. Berbagai olahraga bahari ada di sini seperti canoe, snorkeling, trekking, diving, dan windsurfing. Selain itu, Pulau Macan merupakan titik sempurna untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam.
ADVERTISEMENT

3. Leuwi Hejo

Liburan di Bogor rasanya kurang lengkap jika tidak main ke air terjunnya yang eksotis. Nah, salah satu air terjun yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Leuwi Hejo.
Terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, curug ini memiliki pemandangan alam yang cantik. Oleh sebab itu, weekend ini kamu bisa mampir ke Bogor, karena ada curug cantik yang bisa membantu menghilangkan penatmu.
Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219252)
Ilustrasi Leuwi Hejo Foto: Shutter stock
Di sini kamu bisa puas berenang hingga bermain air ditemani dengan sejuknya udara pegunungan dan tebing-tebing hijau yang eksotis. Leuwi sendiri dalam bahasa Sunda berarti ‘relungan’ atau ‘kolam’, sedangkan hejo berarti hijau.
Menariknya lagi, Leuwi Hejo memiliki beberapa curug. Ada lima total curug yang ada di sana yaitu Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet, serta Curug Baliung.
ADVERTISEMENT

4. Taman Mini Indonesia Indah

Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219253)
Pengunjung berswafoto di depan Teater Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (21/8). Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Tak perlu menyeberangi Pulau, anda juga bisa menikmati hari libur panjang meskipun hanya di Jakarta saja. Dengan mengelilingi Indonesia dalam satu hari di akhir pekan bisa Anda lakukan di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Jakarta Timur. Tiket masuk TMII saat ini masih bisa dibeli langsung di gerbaang utama.
Di dalamnya, Anda dapat mengajak keluarga untuk mengenal beragam kebudayaan dari bermacam-macam suku bangsa di Indonesia. Selain mengililingi berbagai anjungan, kamu juga bisa melakukan olahraga di kawasan TMII.

5. Dunia Fantasi (Dufan)

Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219254)
Pengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta. Foto: Nova Wahyudi/ANTARA FOTO
Banyaknya pekerjaan yang menumpuk selama bekerja di rumah saja membuat pikiran kita stres dan kekurangan hiburan. Selama menghadapi pekerjaan yang tiada hentinya itu seringkali rasanya ingin teriak untuk melepas rasa capek yang mengendap di dalam.
ADVERTISEMENT
Dufan cocok banget untuk kamu yang ingin liburan menaiki wahana-wahana pemicu adrenalin, seperti kora-kora, halilintar, hingga hysteria. Cukup dengan tiket masuk Rp 155 ribu saat weekend, kamu bisa seru-seruan dengan teman kamu di Dufan.
Murah dan Dekat Jakarta, ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (219255)
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di sekitar wahana Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (14/3). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Selama masa pandemi COVID-19, Ancol juga melakukan pembatasan pengunjung sebanyak 25 persen dari jumlah normalnya. Anak-anak di bawah 9 tahun dan lansia 60 tahun ke atas juga diizinkan untuk melakukan aktivitas olahraga di Ancol.
Selain itu, Ancol juga memberlakukan jam operasional yang lebih panjang. Jam operasional Dunia Fantasi Ancol diberlakukan mulai pukul 10.00-17.00 WIB.