Food & Travel
·
12 September 2020 8:10

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265549)
Jembatan Kaca yang terbentang di atas Sungai Lianjiang di Qingyuan ini jadi jembatan terpanjang di dunia Foto: Instagram: Dezeen
Wisata ekstrem menjadi barang wajib bagi wisatawan yang gemar memacu adrenalin.
ADVERTISEMENT
Menjajal berbagai wahana ekstrem di taman hiburan mungkin sudah biasa, tapi pernahkah kamu menyeberangi sebuah jembatan kaca yang berada di ketinggian tertentu? Ya, hal tersebut bisa menjadi pilihan bagi kamu yang gemar wisata ekstrem.
Ngeri-ngeri sedap memang, tapi ternyata ada beberapa jembatan kaca terekstrem di dunia, lho. Dari China hingga Inggris, berikut kumparan rangkum tujuh jembatan kaca terekstrem di dunia.

1. Jembatan Kaca Lianjiang, China

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265550)
Jembatan Kaca yang terbentang di atas Sungai dua sisi Huangchuan Three Gorges ini jadi jembatan terpanjang di dunia. Foto: Shutter stock
Jembatan kaca yang terbentang di atas Sungai Lianjiang di Qingyuan, Provinsi Guangdong, China ini diketahui mengalahkan Jembatan Zhangjiajie sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia.
Dilansir Dezeen, jembatan kaca yang membentang sepanjang 526 meter itu menghubungkan dua sisi Huangchuan Three Gorges. Jembatan kaca setinggi 201 meter di atas sungai ini secara resmi telah diakui Guinness World Records.
ADVERTISEMENT
Menurut staf daerah, jembatan ini mampu menampung 500 wisatawan sekaligus di empat dek observasi. Wisatawan juga dapat melakukan bungee jump, zip line, atau menggunakan jembatan sebagai landasan peragaan busana.

2. Zhangjiajie Glass Bridge, China

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265551)
Zhangjiajie Glass Bridge di China Foto: Shutter Stock
Pemerintah China rupanya gemar membangun jembatan panjang berbahan kaca untuk menantang adrenalin masyarakat. Jembatan kaca ekstrem lainnya bisa kamu temukan di Zhangjiajie.
Jembatan sepanjang 430 meter itu menghubungkan dua gunung di Taman Zhangjiajie, Provinsi Yunan, China.
Jembatan Zhangjiajie menawarkan sensasi menegangkan dan juga memacu adrenalin, tetapi sekaligus menyenangkan.
Wisatawan yang datang ke jembatan ini akan terpacu adrenalinnya, karena dapat melihat pemandangan di bawah jembatan dari atas ketinggian. Bagi kamu yang takut ketinggian tidak disarankan untuk menaiki jembatan ini.
ADVERTISEMENT

3. Glacier Skywalk, Kanada

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265552)
Glacier Skywalk, Kanada Foto: Shutter Stock
Dibuka pada 2014 lalu, Glacier Skywalk merupakan jembatan kaca yang tak kalah ekstremnya. Jembatan ini berada di Taman Nasional Jasper (Jasper National Park), Pegunungan Rocky, Kanada.
Jembatan ini menawarkan sensasi yang berbeda dalam menikmati keindahan alam Pegunungan Rocky.
Glacier Skywalk adalah sebuah jembatan yang terbuat dari kaca di ketinggian 280 meter. Jembatan kaca berbentuk 'U' ini pun menjorok keluar 35 meter dari tebing, panjangnya sendiri sekitar 400 meter.

4. Tianmen Mountain

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265553)
Jembatan kaca di Pegunungan Tianmen, China Foto: Shutter Stock
Menggantung di sekitar tebing, jembatan kaca yang terletak di di Zhangjiajie National Forest Park, China, ini bisa bikin jantung siapa pun berdegup kencang.
Ya, Tianmen Skywalk berada di ketinggian sekitar 1.432 mdpl. Geregetnya lagi, jembatan ini menempel di pinggir tebing dan memiliki panjang sekitar 60 meter melingkari tebing Gunung Tianmen di Provinsi Hunan, China.
ADVERTISEMENT

5. Grandcanyon Skywalk, Amerika Serikat

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265554)
Grand Canyon Skywalk Foto: Shutter Stock
Mendengar Grand Canyon pasti yang terlintas di benakmu adalah tebing atau ngarai eksotisnya, bukan? Eits, tunggu dulu. Tahukah kamu kalau Grand Canyon juga punya jembatan kaca terkestrem di dunia?
Grand Canyon Skywalk merupakan jembatan kaca sepanjang 21 meter yang berbentuk menyerupai tapal kuda dan menjorok keluar. Menariknya, jembatan ini berada di ketinggian 4000 mdpl, sehingga wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan salah satu keajaiban yang eksotis, lengkap dengan Sungai Colorado yang indah.
Meski cukup ekstrem, kamu tidak perlu khawatir, karena jembatan ini sangat kuat. Bahkan bisa menampung sejumlah wisatawan layaknya penumpang pada satu pesawat Boeing 747 yang terisi penuh.

6. Aiguille du Midi Skywalk, Prancis

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265555)
Aiguille du Midi Skywalk, Prancis Foto: Shutter Stock
Selanjutnya Prancis juga punya jembatan kaca transparan. Meski tak mirip seperti sebuah jembatan, tetapi lift berbentuk kaca, Aiguille du Midi skywalk tak kalah ekstremnya.
ADVERTISEMENT
Berada di puncak Pegunungan Aiguille du Midi di Massif Mont Blanc, lift kaca ini berada di ketinggian 3842 mdpl. Kebayang ekstremnya, bukan?
Bahkan, untuk menuju tempat ini kamu akan diantarkan dengan sebuah kereta gantung. Dengan ketinggiannya tersebut, Aiguille du Midi skywalk menjadi salah satu atraksi wisata tertinggi di Eropa.

7. Tower Bridge, London

Ngeri-ngeri Sedap, Ini 7 Jembatan Kaca Terkestrem di Dunia (265556)
Tower Bridge, London Foto: Shutter Stock
Buat kamu yang sering plesiran ke Negeri Ratu Elizabeth II pasti sudah tidak asing dengan jembatan satu ini. Ya, Tower Bridge merupakan salah satu jembatan sekaligus destinasi wisata ikonik bagi wisatawan.
Enggak hanya jembatan saja, tahukah kamu kalau Tower Bridge juga punya jembatan kaca transparan di dalamnya?
Di dalam jembatan ini kamu bisa menyaksikan Sungai Thames yang indah di bawahnya. Tak hanya itu, dari jembatan ini kamu juga bisa menyaksikan hiruk pikuk kota London dari atas ketinggian.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)