Pantai-pantai di Sekitar Jalur Pantura yang Menarik Dikunjungi Saat Mudik

11 April 2024 8:54 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pantai Kartini di Jepara, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Kartini di Jepara, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jalur Pantura atau Pantai Utara Jawa merupakan salah satu jalur favorit bagi para pemudik, khususnya pemudik sepeda motor atau mobil yang tak melintasi Cipali. Membentang sejauh 1.316 kilometer (km), Jalur Pantura membentang dari Merak hingga Banyuwangi, dan melewati pesisir utara Pulau Jawa, khususnya antara Jakarta dan Surabaya.
ADVERTISEMENT
Karena jalurnya yang melintasi beberapa kabupaten atau kota, membuat Jalur Pantura dianugerahi banyak destinasi wisata, khususnya pantai-pantai yang menarik disambangi. Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut pantai-pantai di sekitar jalur Pantura yang bisa kamu kunjungi saat mudik.

1. Pantai Widuri, Pemalang

Pantai Widuri di Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
Pantai yang jadi ikon wisata Kabupaten Pemalang ini lokasinya berada tidak jauh dari alun-alun Pemalang yang berjarak sekitar 3,4 km.
Pantai Widuri terbagi menjadi dua, yaitu area dermaga dan area sirkuit. Pintu masuk Pantai Widuri area dermaga berada di sebelah barat. Di sini pengunjung dapat berfoto di dermaga kayu, bersantai di gazebo, atau mencoba perahu wisata.
Salah satu kegiatan favorit pengunjung adalah bersantai di bawah pohon cemara. Suasana teduh dan semilir angin tentunya bisa mengembalikan mood dan energimu di perjalanan.
ADVERTISEMENT
Untuk menikmati keindahan pantai ini pengunjung hanya perlu membayar Rp 3.500 (weekday) dna Rp 4 ribu (weekend).
Sementara itu, untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2 ribu sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 5 ribu.

2. Pantai Sigandu, Batang

Pantai Sigandu di Batang, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
Selain ombaknya yang tidak terlalu besar, pantai ini memiliki butiran pasir dan panorama yang eksotis. Enggak hanya itu, Pantai Sigandu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas.
Di sekitar pantai terdapat cafe yang menyajikan makanan hasil laut atau sea food yang menggugah selera. Menariknya di dalam kawasan pantai juga terdapat Batang Dolphins Center yang merupakan salah satu unit Taman Safari Indonesia yang berada di wilayah Kabupaten Batang.
Di Pantai Sigandu tersedia fasilitas arena playground untuk anak-anak, lapangan voli, serta dihiasi dengan taman mangrove dan panorama sunset serta sunrise yang indah.
ADVERTISEMENT
Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata Pantai Sigandu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

3. Pantai Cahaya, Kendal

Pantai Cahaya yang lebih dikenal dengan sebutan The Sea Pantai Cahaya Semarang ini merupakan wisata baru yang ada di Kabupaten Kenda. Terletak di Weleri, Jawa Tengah, pantai ini menawarkan panorama yang indah serta wisata paket lengkap.
Ya, enggak hanya menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa mengajak anak-anak bermain di area playground atau melihat mini zoo.
Yang menjadi ciri khas Pantai Cahaya adalah keberadaan kolam ajaibnya, di kolam ini siapa pun akan mengapung dengan rileks dan akan mendapatkan kenyamanan serta ketenangan.
Untuk memasuki kawasan ini, Pantai Cahaya tiket masuknya sebesar Rp 30 ribu untuk satu orang sudah termasuk dengan kolam renang dan wahana pentas lumba-lumba.
ADVERTISEMENT

4. Pantai Marina, Semarang

Pantai Marina di Semarang, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati indahnya laut dengan suasana pantai yang tenang. Menariknya, sambil bersantai kamu juga bisa menyaksikan kapal-kapal yang berlabuh di laut.
Tak hanya itu, ada kegiatan lain yang bisa dicoba pengunjung seperti menyewa jetski, jogging, memberi makan rusa dan memancing. Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari musala, kamar mandi, tempat parkir dan ruang bilas. Di sekitar pantai pun sudah dilengkapi penginapan dan tempat makan.
Bagi kamu yang mau berkunjung, tiket masuk Pantai Marina dibanderol sekitar Rp 10 ribu.

5. Pantai Kartini, Jepara

Pantai Kartini di Jepara, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
Terletak 2,5 km dari arah barat kota Jepara tepatnya di Jl. Ade Irma Suryani Kelurahan Bulu, pantai ini berada di area strategis karena berada tidak jauh dari pusat kota dan jalur transportasi menuju Pulau Karimunjawa.
ADVERTISEMENT
Pantai Kartini adalah objek wisata favorit keluarga yang telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti tempat mainan anak, kereta wisata, perahu wisata dan kios suvenir.
Pengunjung juga dapat menumpangi perahu wisata menuju Pulau Panjang yang terletak di seberang Pantai Kartini. Di Pulau Panjang, pengunjung dapat menikmati hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.
Tiket masuk Pantai Kartini di Jepara adalah sekitar Rp 5 ribu untuk hari biasa dan Rp 7 ribu untuk hari libur

6. Pantai Karang Jahe, Rembang

Terakhir, Pantai Karang Jahe adalah salah satu pantai di Rembang yang menawarkan panorama indah hamparan pasir putih dan pohon cemara yang membentang di sepanjang pantai.
Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa bersantai di pantai ini karena terdapat banyak gazebo yang ditata rapi untuk pengunjung.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melakukan beragam aktivitas seru, seperti berenang, menikmati sunrise dan sunset, bermain pasir putih, menaiki ATV, dan masih banyak lagi.
Untuk menikmati keindahan pantai ini pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5 ribu. Sedangkan untuk kendaraan bermotor Rp 5 ribu dan mobil Rp 10 ribu.