kumparan
search-gray
Food & Travel12 November 2019 17:24

Pendaki Ini Gapai 14 Puncak Tertinggi Dunia dalam Waktu 6 Bulan Saja

Konten Redaksi kumparan
Pendaki Ini Gapai 14 Puncak Tertinggi Dunia dalam Waktu 6 Bulan Saja (10997)
Nirmal Purja, pendaki asal Nepal yang berhasil mendaki 14 puncak gunung tertinggi dunia. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar
Mendaki gunung tentu bukanlah perkara yang mudah. Sebab, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai petualanganmu tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain mempersiapkan mental, peralatan, dan kondisi fisik yang prima, umumnya seorang pendaki membutuhkan waktu beberapa hari bahkan minggu untuk mendaki satu gunung saja. Akan tetapi, lain cerita dengan pendaki asal Nepal yang satu ini.
Bagaimana tidak? Pendaki bernama Nirmal Purja ini berhasil mencetak rekor dunia setelah berhasil menggapai 14 puncak gunung tertinggi di dunia hanya dalam waktu enam bulan saja. Berbeda dengan pendaki lainnya yang biasanya menghabiskan waktu mungkin sampai bertahun-tahun.
Pendaki Ini Gapai 14 Puncak Tertinggi Dunia dalam Waktu 6 Bulan Saja (10998)
Nirmal Purja, pendaki asal Nepal yang berhasil mendaki 14 puncak gunung tertinggi dunia. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar
Melansir Reuters, pendaki berusia 36 tahun itu berhasil menggapai puncak Gunung Shishapangma dengan ketinggian 8.027 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada Selasa (29/10) pagi pukul 08:58 waktu setempat. Gunung tersebut pun menjadi puncak gunung ke-14 yang berhasil ia raih.
ADVERTISEMENT
"Misi berhasil," tulis Purja dalam unggahan Instagram pribadinya dari puncak yang berada di Tibet itu yang sekaligus menjadi gunung tertinggi ke-14 di dunia.
Sementara itu, menurut Badan Mingma Sherpa of the Seven Summit Treks, saat mendaki Puncak Sishapangma, Purja ditemani tiga sherpa.
Seminggu sebelumnya, Purja juga telah berhasil mendaki Puncak Gunung Annapurna I yang memiliki ketinggian 8.091 mdpl lewat yang ia namakan sebagai "Project Possible".
Selain berhasil mendaki Gunung Annapurna, Purja juga telah berhasil menggapai puncak gunung tertinggi lainnya yang mayoritas memiliki ketinggian lebih dari 8.000 kaki.
"Setelah mendaki Annapurna, puncak tertinggi kesepuluh, pada tanggal 23 April, Purja juga telah mendaki gunung “8.000ers” lainnya yaitu Dhaulagiri, Kanchenjunga, Everest, Lhotse, dan Makalu pada bulan berikutnya," kata pejabat pendakian setempat.
ADVERTISEMENT
Badan Mingma Sherpa menyatakan, bahwa semua pendaki kini sedang dalam perjalanan ke base camp. Mereka pun diharapkan kembali ke Kathmandu pekan ini. "Ini rekor dunia," kata dia.
Tak sampai di situ, Purja pun mengungkapkan bahwa dirinya juga telah mendaki beberapa gunung tertinggi lainnya di Pakistan. Menurutnya, gunung-gunung yang ada di Pakistan juga tidak kalah menantang. Mulai dari Nanga Parbat, Gasherbrum I, Gasherbrum II, Broad Peak, hingga Gunung K2 yang terkenal dengan medannya yang ekstrem, semuanya berhasil ia daki dalam waktu beberapa bulan.
Selain Pakistan, Purja juga telah berhasil mendaki dua puncak gunung lainnya di Nepal yaitu Cho Oyu dan Manaslu sebelum menuju ke Tibet. Melalui unggahan Instagramnya, kedua gunung ini memiliki medan yang cukup sulit, namun untungnya dia bisa berhasil mencapai kedua puncak gunung tersebut sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
ADVERTISEMENT
Dari 14 puncak tertinggi di dunia, Purja telah berhasil mendaki sebanyak 8 puncak gunung di Nepal, 5 di Pakistan, dan 1 gunung di Tibet.
Lebih lanjut, menurut pejabat pendakian setempat mengatakan, hanya sekitar tiga puluhan pendaki saja yang sejauh ini telah menaklukkan semua dari 14 puncak itu. Rekor tercepat sebelum ini dipegang pendaki Korea Selatan Kim Chang-ho dalam waktu tujuh tahun, 10 bulan dan enam hari.
Bagaimana menurutmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white