Food & Travel
·
18 September 2017 11:54

Pesona Air Terjun Jagir di Banyuwangi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pesona Air Terjun Jagir di Banyuwangi (29933)
Air Terjun Jagir Banyuwangi (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)
Berbicara Banyuwangi tak ada habisnya. Selain bisa menikmati 72 festival yang digelar sepanjang tahun oleh pemerintah Banyuwangi, para pengunjung yang datang ke daerah ini akan ditawarkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah.
ADVERTISEMENT
kumparan (kumparan.com) yang saat itu berkunjung ke daerah Kemiren untuk melihat acara Tumpeng Sewu, tak sengaja berkunjung ke tempat wisata lain dekat Kemiren. Masyarakat lokal menyebutnya dengan Air Terjun Jagir BWI atau Air Terjun Kembar.
Pesona Air Terjun Jagir di Banyuwangi (29934)
Air Terjun Jagir Banyuwangi (Foto: Nur Sayrifah Sa'diyah/kumparan)
Perjalanan menuju lokasi ini memakan sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, cukup memakan waktu 15-20 menit saja. Air terjun ini berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Dari perlimaan kota Banyuwangi, lalu belok kiri mengikuti arah jalan menuju Perkebunan Kalibendo. Lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer sebelah timur Kalibendo.
Awalnya, tak ada gambaran sajian pemandangan alam seperti apa yang akan kita dapatkan. Namun, setelah menuruni sekitar 125 anak tangga, kami disuguhi pemandangan beberapa air terjun yang indah, dengan udara yang sejuk.
Pesona Air Terjun Jagir di Banyuwangi (29935)
Air Terjun Jagir Banyuwangi (Foto: Nur Syarifah Sa'diyah/kumparan)
Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp 5.000 saja.
ADVERTISEMENT
Air Terjun Jagir memiliki dua air terjun, yang pertama air terjun kembar yang berada di bawah badan jalan, dengan ketinggian air terjun sekitar 10 meter. Nah, air terjun berikutnya agak masuk ke dalam. Kamu harus menyusuri jalan tanah berbatu, mengikuti aliran air ke atas, sekitar 15-20 menit untuk mencapai air terjun selanjutnya dengan ketinggian sekitar 30 meter.
Pohon-pohon rindang dan kesegaran air terjun yang mengalir deras, dengan harga tiket yang murah, membuat lokasi ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit. Sepertu Septi yang datang dari desa sebelah, Desa Giri. Dia mengatakan sudah tiga kali berkunjung ke air terjun ini. Bahkan kali ini dia sengaja membawa keluarganya serta teman-temannya.
"Saya datang di sini sudah 3 kali. Kali ini saya bawa ibu-ibu sama teman-teman saya. Pengen cari yang sejuk-sejuk di sini soalnya air terjunnya seger. Terus wisata alamnya juga bagus," katanya kepada kumparan.
Pesona Air Terjun Jagir di Banyuwangi (29936)
Air Terjun Jagir Banyuwangi (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)
Selain itu alasan lainnya adalah karena lokasi air terjun yang dekat dengan perkotaan sehingga gampang dijangkau. Untuk biaya masuk pun masih tergolong murah bagi Septi dan keluarga yang diajaknya.
ADVERTISEMENT
"Kita cari yang gampang dijangkau terus juga kayaknya gak terlalu mahal. Disini masuknya juga cuman 5 ribu terus termasuk lumayan dekat sama Giri jadi akhirnya milih sini," terangnya.
Selai para wisatawan lokal, juga sering terlihat wisatawan mancanegara yang datang ke tempat ini. Mereka sengaja singgah ketika hendak pulang dari wisata Kawah Ijen yang memang berdekatan dengan air terjun ini.
Di sini, kamu tak hanya bisa memandangi keindahan air terjun yang juga dikenal dengan Air Terjun Kembar. Kamu bisa berpiknik bersama keluarga dan berenang di sini. Fasilitas yang disediakan di sekitar air terjun cukup memadai, seperti toilet dan ruang ganti baju, termasuk musala dan warung-warung makanan.
Kamu berminat?
ADVERTISEMENT
Pesona Air Terjun Jagir di Banyuwangi (29937)
Air Terjun Jagir Banyuwangi (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)