Food & Travel
·
17 Oktober 2020 10:42

Punya 3 Kelas, Ini Perbedaan Kabin Rahasia Tempat Kru Pesawat Beristirahat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Punya 3 Kelas, Ini Perbedaan Kabin Rahasia Tempat Kru Pesawat Beristirahat (17479)
Ilustrasi pramugari membantu penumpang anak mengenakan seat belt Foto: Shutter Stock
Bekerja sebagai kru pesawat tentu sangat melelahkan. Peran mereka dianggap penting karena memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Hal itu bisa lebih melelahkan terutama saat penerbangan lebih lama dari delapan jam sehari.
ADVERTISEMENT
Namun, apakah pernah terpikirkan bagaimana awak pesawat beristirahat dalam sebuah penerbangan panjang? Dilansir Simple Flying, anggota kru memiliki tempat istirahat yang berbeda di dalam pesawat, tergantung pada lamanya penerbangan, tidak tergantung pada jenis pesawat seperti yang banyak orang bayangkan.
Berikut tiga kelas tempat istirahat yang berbeda untuk kru yang ditentukan oleh FAA, tergantung pada penerbangan dan jumlah awak:
Punya 3 Kelas, Ini Perbedaan Kabin Rahasia Tempat Kru Pesawat Beristirahat (17480)
Tempat istirahat kru kabin Foto: shutter stock

1. Fasilitas istirahat kelas satu

Fasilitas ini hanya tersedia untuk penerbangan jarak jauh. Setiap kru harus memiliki akses ke tempat istirahat yang tidak hanya dari kokpit tetapi juga kabin penumpang.
Ruangan ini berisi tempat tidur untuk berbaring dari beberapa jenis, mulai dari kursi panjang hingga kasur. Area ini juga dilengkapi dengan tirai dan peredam kebisingan.
ADVERTISEMENT

2. Fasilitas istirahat kelas dua

Fasilitas ini untuk penerbangan jarak menengah. Awak memerlukan akses ke kursi berbaring (seperti kelas bisnis), dan tirai untuk menyembunyikan mereka dari penumpang (privasi).

3. Fasilitas istirahat kelas tiga

Fasilitas ini untuk penerbangan jarak pendek. Awak kabin memiliki akses ke kursi dengan fitur reclining, umumnya berada pada baris terakhir kursi ekonomi di pesawat.
Area tempat istirahat ini merupakan tambahan untuk setiap kursi yang digunakan oleh kru untuk lepas landas, mendarat, dan taxis (saat pesawat bergerak perlahan-lahan). FAA melarang kru untuk berkumpul di area-area tempat istirahat tersebut selama manuver pesawat.
Punya 3 Kelas, Ini Perbedaan Kabin Rahasia Tempat Kru Pesawat Beristirahat (17481)
Ilustrasi Pramugari Foto: Dok. Shutterstock
Seperti yang telah disebutkan, fasilitas kelas dua dan tiga hanyalah kursi kelas bisnis dan ekonomi yang terdapat di kabin. Namun yang menarik adalah fasilitas yang tersedia di kelas satu. Seluruh pesawat jumbo selalu memiliki tempat istirahat terpisah di dalam pesawat. Misalnya saja dalan pesawat jenis Airbus berikut:
ADVERTISEMENT

1. Airbus A330 dan A340 series

Kedua pesawat ini memiliki tempat istirahat yang sama. Disebut sebagai area Lower-Deck Mobile Crew Rest, terletak pada bagian tengah pesawat di bawah dek penumpang.
Beberapa versi juga memiliki tempat istirahat pilot (dengan dua tempat tidur susun) di tempat kamar mandi dekat bagian depan pesawat.

2. Airbus A350 series

Terletak di bagian belakang pesawat adalah area istirahat awak A350. Pesawat ini memiliki enam ranjang di sekitar tangga yang mengarah dari dek penumpang (kru tidur di atas bagian belakang kabin ekonomi). Pilot memiliki dua ranjang di depan pesawat.
Punya 3 Kelas, Ini Perbedaan Kabin Rahasia Tempat Kru Pesawat Beristirahat (17482)
Tempat istirahat kru kabin Foto: sHUTTER STock

3. Airbus A380

Pesawat terbesar memiliki awak paling banyak dan tempat istirahat paling banyak. Maskapai penerbangan dapat memilih tata letak yang berbeda. Emirates membangun bunkroom di dek yang sama dengan kelas ekonomi dilengkapi sembilan ranjang, atau Qantas, yang memiliki enam ranjang di bawah dek ekonomi pada A380-nya.
ADVERTISEMENT
Sekali lagi, pilot tidur di dekat bagian depan pesawat. Beberapa maskapai penerbangan melengkapi ranjang susun dengan layar hiburan sehingga kru dapat bersantai.
Lalu bagaimana dengan pesawat Boeing?
Peletakan tempat istirahat awak kabin di pesawat Boeing sedikit lebih berbeda dari Airbus. Seperti pada seri Boeing 747, tempat istirahat pilot terletak di tingkat atas tepat belakang kokpit.
Punya 3 Kelas, Ini Perbedaan Kabin Rahasia Tempat Kru Pesawat Beristirahat (17483)
Tempat istirahat kru kabin Foto: SHutteR STock
Di area ini awak kabin memiliki delapan ranjang di lantai bawah dekat bagian belakang pesawat. Sedangkan untuk seri Boeing 767, pesawat ini sangat sedikit memiliki tempat istirahat yang terpisah dengan penumpang. Sebab, saat ini jumlah pesawat jenis Boeing 767 yang terbang dengan rute jarak jauh sangat sedikit.
Area istirahat terletak di bagian depan kabin kelas bisnis. Selanjutnya Boeing 787 series dan Boeing 777s. Dua pesawat berbadan lebar terakhir dalam daftar ini memiliki dua tempat istirahat awak.
ADVERTISEMENT
Satu di bagian depan pesawat di atas kelas bisnis (untuk pilot) dan satu di bagian paling belakang untuk pramugari. Untuk pilot tidak hanya memiliki tempat tidur susun, tetapi juga kursi dan kamar mandi pribadi.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).