Food & Travel
·
16 Januari 2020 12:12

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34560)
Suasana Tahun Baru Imlek di Singapura. Foto: dok. Singapore Tourism Board
Perpaduan tradisi lama serta modernitas, menjadikan Singapura salah satu wisata Imlek yang patut dimasukkan ke dalam whistlist perjalananmu. Terutama seperti sekarang ini yaitu saat-saat menjelang Tahun Baru China atau Imlek.
ADVERTISEMENT
Kamu dapat merasakan serta menikmati langsung kemeriahan Tahun Baru China di Singapura dengan beragam acara dan festival yang penuh warna. Saksikanlah berbagai penampilan selama upacara pembukaan Imlek yang bertempat di pusat Chinatown, Singapura.
Apa sajakah agenda dan aktivitas menarik di Singapura di Januari dan Februari 2020? Berikut daftarnya.

Festive Street Bazaar

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34561)
Suasana Festive Street Bazaar di Singapura. Foto: dok. visitsingapore.com
Berkunjung ke Singapura saat Perayaan Tahun Baru China belum lengkap tanpa datang ke Festive Street Bazaar yang digelar dari tanggal 3-24 Januari 2020 yang berlokasi antara lain di Pagoda Street, Smith Street, Sago Street, Temple Street dan Trengganu Street. Festive Street Bazaar dimulai dari pukul 18.00-22.30 waktu setempat (setiap hari) dan pukul 18.00-1.00 waktu setempat (malam Tahun Baru China).
ADVERTISEMENT
Tempat wisata di Singapore ini akan menawarkan kamu beragam hidangan lezat khas Tahun Baru China yang menggugah selera, serta mengajakmu untuk menikmati gemerlap lampu yang berasal dari dekorasi warung yang berjejer di jalan-jalan Chinatown.
Tak hanya itu saja, kamu juga dapat berburu dan berbelanja barang-barang tradisional untuk persiapan Tahun Baru China, seperti kue-kue, dan barang-barang dekoratif lainnya. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat dilihat di sini.
Nightly Stage Shows
Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34562)
Pertunjukkan tari saat Nightly Stage Shows di Singapura. Foto: dok. visitsingapore.com
Digelar dari tanggal 4-24 Januari 2020, Nightly Stage Shows siap menghadirkan pertunjukan panggung yang semarak dan spektakuler ke hadapanmu.
Berlokasi di Kreta Ayer Square, Singapura, Nightly Stage Shows menjadi salah satu rekomendasi atraksi yang sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Singapura.
ADVERTISEMENT
Bersiaplah untuk dihibur oleh penampilan tarian yang dibawakan oleh artis lokal dan luar negeri, juga sejumlah penyanyi yang tentunya membawakan lagu-lagu khas Tahun Baru Imlek. Jangan sampai ketinggalan!
Acara ini diselenggarakan mulai pukul 20.00-22.30 waktu setempat. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat dilihat di sini.

Street Light-up

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34563)
Suasana meriah sambut tahun baru Imlek di Singapura. Foto: dok. visitsingapore.com
Jangan lewatkan upacara sekaligus peresmian Tahun Baru China yang akan digelar di sejumlah lokasi seperti di Eu Tong Sen Street, New Bridge Road, South Bridge Road dan Garden Bridge dan dimulai dari pukul 19.00-00.00 waktu setempat, setiap harinya (mulai dari 4-22 Februari 2020).
Acara ini akan menampilkan beragam lentera yang dibuat manual dengan tangan serta dengan beragam bentuk. Acara yang menggabungkan tradisi dengan desain modern ini diyakini akan membuatmu terpesona oleh kreativitas desain lampu jalan yang kontemporer.
ADVERTISEMENT
Street Light-up sendiri merupakan kolaborasi bersama antara mahasiswa dan fakultas dari Singapore University of Technology and Design (SUTD), Komite Penyelenggara dan para pengrajin ahli. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat dilihat di sini.

Chinatown Chinese New Year Countdown Party

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34564)
Suasana Chinatown Chinese New Year Countdown. Foto: dok. visitsingapore.com
Merayakan malam pergantian tahun kurang lengkap rasanya tanpa mengikuti detik-detik penghitungan mundur menuju tahun yang baru. Maka dari itu jangan lewatkan acara yang akan digelar tanggal 24 Januari 2020 di New Bridge Road dan Eu Tong Sen Street dari pukul 21.30-00.30 waktu setempat ini.
Di acara ini kamu akan dihibur oleh sejumlah hiburan meriah yang datang dari penyanyi terkemuka yang melantukan beragam lagu, sandiwara juga permainan interaktif. Dan pada puncak acara yaitu saat hitung mundur dimulai akan ada pertunjukan kembang api yang spektakuler. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat dilihat di sini.
ADVERTISEMENT

Chinatown Wishing Tree

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34565)
Ilustrasi Wishing Tree. Foto: dok. Shutterstock
Jadikan keinginanmu di tahun yang baru ini menjadi kenyataan di Chinatown Wishing Tree! Selain itu, kamu dapat melakukan amal untuk membantu orang tua yang membutuhkan.
Tulislah harapan untuk dirimu dan orang yang kamu cintai di kartu "Make a Wish" kemudian gantung di pohon beringin. Setiap kartu yang permohonan dikenai biaya 2 SGD dan semua hasil akan disumbangkan ke Pusat Kegiatan Kreta Ayer Senior.
Melalui acara komunitas yang bermakna ini, kamu dapat membawa sorak-sorai meriah kepada mereka yang kurang beruntung dan menjangkau mereka dengan uluran tanganmu.
Acara ini berlangsung dari 3-24 Januari 2020, pukul 11.00-19.00 waktu setempat di Chinatown Point, Singapura. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat dilihat di sini.
ADVERTISEMENT

River Hongbao

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34566)
Suasana kemeriahan River Hongbao. Foto: dok. Singapore Tourism Board
Digelar dari tanggal 23 Januari-1 Februari di NS Square, Marina Bay floating platform, acara yang sudah masuk dalam kalender perayaan Singapura sejak 1987 ini merupakan acara ikonis dan menjadi tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga dan wisatawan Singapura.
Festival yang digelar mulai pukul 14.00-23.00 waktu setempat ini akan menawarkan kepadamu pengalaman budaya Tionghoa yang istimewa, mulai dari lentera raksasa hingga makanan yang lezat dan memuaskan seluruh panca indra.
Segudang aktivitas unik pun menanti, mulai dari wahana hiburan hingga permainan karnaval, dijamin mampu memeriahkan suasana. Opera dan pertunjukan jalanan lainnya menjadi pusat dari gebyar penuh warna ini. Jangan lewatkan pula keindahan atraksi kembang api yang diadakan setiap hari sepanjang festival ini. Informasi lebih lanjut mengenai River Hongbao dapat dibaca di sini.
ADVERTISEMENT

Chingay Parade

Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34567)
Semarak Chingay Parade di Singapura. Foto: dok. Singapore Tourism Board
Pertunjukan jalanan tahunan terbesar dan parade apung di Asia ini akan digelar 2 Februari 2020 di New Bride Road dan Eu Tong Sen Street, Chinatown, Singapura dan dimulai pukul 18.00-22.00 waktu setempat.
Gelaran ini diadakan sebagai puncak sekaligus menandai akhir Perayaan Tahun Baru Imlek. Bergabunglah dalam kemeriahan pesta bersama keluarga dan teman-teman di malam yang penuh keceriaan lewat beragam pertunjukkan spesial yang dihadirkan oleh pengisi acara dari dalam dan luar negeri, serta jangan lewatkan juga parade dari 10 kendaraan yang dihias dengan indah dan lampu aneka warna. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat di lihat di sini.
Rasakan dan Nikmati Kemeriahan Tahun Baru China Hanya di Singapura (34568)
Singapore Tourism Board Logo Foto: Dok. Singapore Tourism Board
Jangan hanya sekadar melihat-lihat, jadilah pembentuk kebudayaan! Nikmati rangkaian festival kebudayaan dari komunitas Tionghoa di Singapura di perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini. #CultureShaper #VisitSingapore #PassionMadePossible"
ADVERTISEMENT