kumparan
14 Februari 2020 19:33

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Weekend Ini

Wahana Dufan
com-Wahana Dufan Foto: Shutterstock
Hari Jumat biasanya menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang karena weekend akan segera tiba. Setelah lelah bekerja dan melakukan aktivitas padat, weekend menjadi waktu yang banyak dimanfaatkan orang-orang untuk short getaway.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi kamu yang juga ingin menghabiskan short getaway weekend ini, tak perlu jauh-jauh untuk melepas penat. Di Jakarta sendiri terdapat banyak tempat melepas penat yang bisa kamu kunjungi.
Berikut kumparan rangkum tujuh tempat wisata yang bisa kamu kunjungi weekend ini. Apa saja?

Dunia Fantasi (Dufan)

Wahana Dufan
com-Wahana Dufan Foto: Shutterstock
Banyaknya kerjaan di hari Senin sampai Jumat bisa membuatmu stres, lho. Seringkali ketika pusing rasanya kamu ingin teriak untuk melepas rasa capek yang mengendap di dalam.
Dufan cocok banget untuk kamu yang ingin liburan menaiki wahana-wahana pemicu adrenalin, seperti kora-kora, halilintar, hingga hysteria. Cukup dengan tiket masuk Rp 150 untuk weekdays dan Rp 195 ribu saat weekend, kamu bisa seru-seruan dengan teman kamu di Dufan.
ADVERTISEMENT
Menariknya, di Dufan sering ada promo yang bisa kamu pakai bersama teman-teman kamu atau bersama keluarga kamu. Seru banget, kan?

Museum Macan

Museum Macan Jakarta
Museum Macan Jakarta Foto: Prabarini Kartika/kumparan
Museum yang sedang hits jadi perbincangan anak-anak muda belakangan ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di weekend ini. Museum Macan merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki instalasi seni Indonesia dan internasional, bergaya modern serta kontemporer.
Biasanya milenial datang ke Museum Macan untuk dapat berfoto aesthetic, yang kemudian diunggah di Instagram. Museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10.00-18.00 WIB setiap harinya, dengan tiket masuk sebesar Rp 100 ribu untuk dewasa, Rp 90 ribu untuk pelajar, dan 80 ribu untuk anak-anak. Pastikan baterai smartphone kamu sudah penuh untuk berfoto-foto, ya.
ADVERTISEMENT

Galeri Indonesia kaya

Yuki Kato, Galeri Indonesia Kaya
Yuki Kato (tengah) memainkan lakon 'Sumpah Pejuang' di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8). Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Kamu pecinta seni atau sedang ingin melihat-lihat seni di Jakarta? Kamu bisa banget datang ke Galeri Indonesia Kaya. Di sini kamu dapat melihat-lihat pertunjukan seni dan bahkan bisa reservasi tempat ini untuk menampilkan pertunjukkan seni kamu, lho.
Galeri Indonesia Kaya adalah sebuah ruang edutainment budaya berbasis teknologi digital yang dapat menyalurkan kreativitas berekspresi generasi muda dalam lingkup tradisi budaya Nusantara. Galeri ini terletak di Grand Indonesia, West Mall, Jakarta.
Menariknya dari galeri ini adalah banyaknya pertunjukkan seni yang dapat kamu lihat, mulai dari pertunjukkan teater sampai pertunjukkan tari. Keren banget!

Air Mancur Lapangan Banteng

Lapangan Banteng, Jakarta
Foto udara Monumen Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (23/7). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Libur weekend merupakan hari yang ditunggu-tunggu untuk kamu yang ingin berwisata gratis, dapat berfoto-foto, dan melihat pameran. Lapangan Banteng adalah jawabannya untuk liburan weekend kamu.
ADVERTISEMENT
Air Mancur ini hanya dapat kamu lihat pada malam weekend, seperti malam Sabtu, malam Minggu, dan malam Senin. Menariknya, air mancur ini seakan berjoget diiringi dengan lagu-lagu daerah Indonesia.
Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa melihat air mancur ini. Selain itu, kamu juga dapat berfoto di berbagai spot aesthetic yang ada di Lapangan Banteng. Biasanya juga ada pameran flora dan fauna yang dapat kamu lihat di sini.

Taman Wisata Alam Mangrove

Mangrove di Taman Wisata Alam Angke
Mangrove di Taman Wisata Alam Angke Foto: Shika Arimasen Michi/kumparan
Butuh wisata alam di Jakarta untuk libur weekend ini? Kamu bisa ke Taman Wisata Alam Mangrove.
Berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK), kamu dapat melihat hutan bakau dan naik perahu yang akan membawamu berkeliling melihat pemandangan sekitar. Selain itu, kamu juga dapat ikut melestarikan alam dengan menanam pohon bakau di sana.
ADVERTISEMENT
Meskipun wisata alam, kamu enggak perlu khawatir fasilitasnya minim. Taman yang buka pada pukul 07.00-18.00 WIB itu mempunyai fasilitas yang bisa memanjakan kamu ketika liburan weekend.

Kota tua

Ilustrasi senja di Kota Tua Jakarta
Ilustrasi senja di Kota Tua Jakarta Foto: Shutter Stock
Kota Tua dapat menjadi destinasi wisata liburan weekend ini untuk kamu yang ingin melihat-lihat bangunan bersejarah. Di sana terdapat banyak sekali spot foto menarik untuk kamu yang ingin berfoto-foto.
Biasanya pada malam hari saat weekend, Kota Tua ramai dengan pertunjukan dan bazar makanan, juga barang-barang murah yang dapat kamu temukan. Kamu juga dapat menaiki sepeda-sepeda yang disewakan di depan Museum Fatahillah dengan harga yang terjangkau.

Kepulauan Seribu

BNI Homestay Pulau Pramuka
Gerbang masuk menuju Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Foto: Selfy Momongan
Pantai sering menjadi destinasi yang dipilih untuk berlibur saat weekend. Bagi kamu warga Jakarta, Pulau Seribu dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan weekendmu.
ADVERTISEMENT
Kepulauan seribu dapat kamu tempuh dengan menaiki perahu yang dapat dipesan di Pelabuhan Muara Angke. Kamu enggak perlu khawatir pemesanan perahunya akan ribet, karena sekarang terdapat loket untuk pemesanan tiket perahu yang akan membawa kamu ke tempat tujuan.
Siap liburan di weekend ini?
Laporan Fikriyah Nurshafa
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan