Food & Travel16 September 2020 13:01

Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan

Konten Redaksi kumparan
Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606517)
Ilustrasi wisatawan melakukan yoga di Bali
Wisata kesehatan saat ini mulai banyak ditawarkan berbagai destinasi di Indonesia, tak terkecuali Bali. Menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 agar tetap bugar, sambil berwisata memang kini tengah diminati wisatawan kala berlibur #DiIndonesiaAja.
Terlebih, Bali memiliki alam yang mendukung untuk berwisata sambil tetap menjaga kesehatan. Tengok saja bagaimana Ubud menyajikan hijaunya persawahan, hingga rimbunnya pepohonan menyatu membentuk sebuah alam yang menenangkan jiwa.
Kemudian, ada pula suasana eksotis yang ditawarkan Canggu, yang mampu menciptakan kesan mendalam di hati wisatawan. Tak ketinggalan kawasan Kuta Selatan yang turut menawarkan deburan ombak laut untuk menghadirkan ketenangan setiap orang.
Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606518)
Ilustrasi yoga di Bali
Nah, salah satu kegiatan olahraga yang banyak dilirik wisatawan kala berlibur ke Bali adalah yoga. Hal ini jugalah yang membuat banyak hotel hingga tempat wisata di Bali khusus menyediakan yoga, agar wisatawan merasa tenang dan terbebas dari stres.
Yoga sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti membuat tubuh kuat, membentuk otot, hingga mengurangi rasa sakit. Menurut Harvard Health Publications, beberapa studi menemukan bahwa rutin melakukan yoga setiap minggu dapat mengurangi rasa sakit pada punggung bagian bawah.
Jika dilakukan secara berkala, yoga dapat memperbaiki secara perlahan kondisi seseorang yang memiliki masalah punggung dan tanda-tanda penyakit tulang seperti osteoporosis. Yoga juga bisa memperlancar alur pernafasan, membuat saraf-saraf menjadi lebih tenang, dan masih banyak lagi.
Untuk itu, bagi kamu yang berencana berlibur #DiIndonesiaAja ketika situasi sudah kondusif serta aman, dan memilih Bali sebagai destinasi liburan, berikut kumparan rangkum tempat wisata yoga yang bisa kamu kunjungi di Pulau Dewata.

1. Ubud

Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606519)
Wisatawan berjalan di tengah sawah di Ubud
Siapa yang tak mengenal Ubud. Destinasi wisata yang terletak di bagian tengah Pulau Dewata, tepatnya di Kabupaten Gianyar ini, siap menawarkan suasana Bali yang berbeda. Sebab, Ubud menyuguhkan pemandangan pedesaan yang masih kental dengan persawahannya dan menawarkan ketenangan dalam liburan.
Ubud juga memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan, seperti Bali Bird park, Sacred Monkey Forest Sanctuary, Sawah Berundak Tegalalang, hingga Pura Tirta Empul Tampak Siring. Semuanya bisa dinikmati wisatawan ditemani panorama Ubud yang indah.
Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606520)
Yoga di The Yoga Barn
Namun, tak hanya tempat wisata, di Ubud juga terdapat banyak tempat yoga yang bisa menjadi alternatif pilihan wisatawan saat berwisata #DiIndonesiaAja. Seperti The Yoga Barn yang terletak di pedalaman Ubud, yang menawarkan udara sejuk dan suasana tenang.
Sebagian besar studio di The Yoga Barn Bali dikelilingi oleh lingkungan sawah bertingkat. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang memukau, bersantai serta berlatih yoga di sini menjadi semakin menyenangkan.
The Yoga Barn juga saat ini melakukan protokol kesehatan yang ketat untuk wisatawan yang ingin melakukan yoga di sana. Tak hanya pegawai, wisatawan yang berkunjung ke The Yoga Barn pun harus mengenakan masker, membawa matras sendiri, rajin mencuci tangan, hingga harus menjaga jarak dengan wisatawan lainnya saat yoga.
Ada pula Blooming Lotus Yoga yang menawarkan kegiatan yoga sambil ditemani merdunya suara burung dan gemericik air yang menenangkan jiwa. Kemudian, kamu bisa juga menjajal Naya Ubud, yang menawarkan kelas yoga sambil dikelilingi perkebunan tropis dan pertanian padi yang memanjakan mata.

2. Canggu

Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606521)
Sunset di Pantai Canggu
Canggu saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah naik daun di kalangan wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan asing. Terbentang di antara Pantai Kerobokan dan Pantai Echo, Canggu memiliki pemandangan yang indah dan gemerlap cahaya pada malam hari.
Tak hanya itu, ombak di pantai-pantai yang ada di Canggu merupakan salah satu yang terbaik di dunia dan menjadi surga bagi para peselancar. Namun, tak hanya pantainya yang indah, Canggu juga dikenal sebagai satu dari sekian banyak tempat terbaik untuk wisata yoga.
Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606522)
Ilustrasi yoga
Di Canggu kamu bisa mencoba wisata yoga di The Pineapple House. Bergaya boho-chic, di The Pineapple House kamu bisa melakukan yoga, surfing, menikmati sunset, atau melalukan kegiatan kreatif lainnya.
The Pineapple House juga menawarkan paket retret selama 8 hari 7 malam yang terdiri dari mengikuti tiga kelas yoga dan lima kelas selancar sesuai kemampuan wisatawan.

3. Kuta Selatan

Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606523)
Pantai Dreamland, Kuta Selatan
Bila tak ingin jauh-jauh ke Ubud atau Canggu, kamu juga bisa mencoba wisata yoga yang ada di kawasan Kuta Selatan. Selama ini, Kuta menjadi destinasi wisata terkenal di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan.
Pantai Dreamland hingga Jimbaran yang memanjakan mata, dan deretan pertokoan serta kafe-kafe yang ikonik bisa kamu temukan di kawasan ini. Kawasan pantai di Kuta Selatan juga kini sudah mulai banyak yang menerapkan protokol kesehatan, seperti tersedianya tempat mencuci tangan, mewajibkan wisatawan untuk memakai masker dan mengukur suhu tubuh, serta aturan menjaga jarak di dalam pantai.
Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606524)
Ilustrasi wanita yoga di pinggir pantai
Di Kuta Selatan, ada The Yoga Rescue yang bisa jadi pilihan relaksasi selama berada di Bali. Di tempat ini terdapat banyak variasi kelas dan program yang bisa dipilih sepanjang minggu, seperti kelas private yoga, kelas yoga untuk pasangan, kelompok hingga perusahaan, dan kelas khusus para lansia.
Selain itu, kamu juga bisa menjajal yoga di The Temple Lodge yang berada di Desa Pecatu, Kuta Selatan. Tempat ini menawarkan fasilitas relaksasi dengan pemandangan tebing yang menakjubkan, serta pilihan kelas yoga pagi, seperti Hatha dan Vinyasa Flow.

4. Sanur

Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606525)
Pantai Sanur, Bali
Bagi kebanyakan wisatawan mungkin mengenal Sanur sebagai destinasi wisata air yang paling favorit di Bali. Memang tidak salah, karena di Sanur kamu bisa memilih berbagai wisata air yang tersedia di sana, seperti menikmati laut Sanur dengan berjalan kaki di Bali Seawalker.
Wisatawan juga bisa melihat lumba-lumba di Dolphine Lodge Bali. Di sini kamu akan diberikan waktu kurang lebih 40 menit untuk masuk ke dalam kolam dan berinteraksi dengan lumba-lumba.
Namun, di balik wisata airnya yang selalu jadi favorit wisatawan, Sanur juga memiliki destinasi wisata yoga yang tak kalah menarik. Adalah Power of Now Oasis, tempat wisata yoga yang terletak di Sanur, Bali.
Rekomendasi Wisata Yoga di Bali untuk Kamu yang Butuh Ketenangan (606526)
Ilustrasi yoga di Bali
Di tempat ini kamu akan menikmati yoga di sebuah gubuk bambu terpencil di pelosok taman, hingga aktivitas meditasi di pinggir pantai. Nantinya, selama delapan hari retret di Power of Now Oasis, kamu akan bermalam di rumah tamu Kolonial House atau Mercure Resort, serta mencoba kelas yoga yang tak terbatas.
Namun ingat, meskipun yoga baik untuk kesehatan, kamu juga tetap harus memperhatikan protokol yang berlaku saat melakukan olahraga ini. Jangan lupa untuk tetap mengenakan masker, rajin mencuci tangan, hingga menjaga jarak ketika melakukan yoga.
Tertarik mencoba wisata yoga di Bali saat liburan #DiIndonesiaAja?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white