kumparan
4 November 2018 7:47

Review: Rendezvous Hotel Singapore, Surga Bagi Para Pecinta Seni Rupa

Tampak luar Rendezvous Hotel Singapore
Tampak luar Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Rendezvous Hotel Singapore)
Artsy, menjadi kesan pertama kumparanTRAVEL saat pertama kali menginjakkan kaki di dalam Rendezvous Hotel Singapore.
ADVERTISEMENT
Suasana hangat yang hadir lewat pendar lampu berwarna kuning dan biru tua seakan mengajak setiap pengunjung yang datang untuk tinggal lebih lama di hotel yang berada di kawasan Bras Basah, Singapura ini.
Sejauh mata memandang, kamu dapat melihat berbagai jenis karya seni rupa begitu memasuki bangunan hotel milik Far East Hospitality itu. Bayangkan saja, di front office kamu akan langsung disambut dengan karya seni rupa patung berbentuk manusia, lukisan, guci, dan sebuah pilar bangunan yang bercahaya.
Resepsionis di Rendezvous Hotel Singapore
Karya seni di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Kesan artsy semakin diperkuat dengan warna lampu ruangan yang cenderung redup dan hadirnya sofa minimalis di sudut ruangan bagi para tamu yang sedang menunggu, lengkap dengan meja tehnya. Tak jauh dari meja resepsionis, tepatnya di ruang yang berada di sampingnya, kamu akan menemukan sebuah lounge yang didesain seperti perpustakaan.
ADVERTISEMENT
Benar saja, ruangan ini ternyata diberi nama The Library oleh pihak hotel. Di Library terdapat sebuah lemari kayu besar yang berisi berbagai jenis guci, buku-buku, televisi, serta sofa untuk menemani pengunjung yang hendak bersantai.
Di belakang The Library kamu akan melihat sebuah ruang kecil berisi seperangkat meja dan kursi, serta dihias dengan sebuah patung berbentuk topeng wajah berwarna hitam pekat. Interior ruangannya didominasi warna-warna netral, seperti coklat tua, coklat muda, krem, dan hitam.
Ruang tamu di lobby Rendezvous Hotel Singapore
Karya seni di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Setelah menunggu beberapa saat, kumparanTRAVEL diberikan sebuah access card yang berfungsi sebagai kunci untuk mengakses kamar bertipe Club Room yang berada di lantai 11. Di dalam kamar yang dihuni kumparanTRAVEL, terdapat sebuah kasur berukuran king size yang ditemani lampu tidur di sisi kiri dan kanannya.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya di lobby saja, sepanjang perjalanan menuju ke kamar, hingga ke dalam kamar pun, kesan artsy sangat kuat terasa dalam Rendezvous Hotel Singapore.
Lobby Rendezvous Hotel Singapore
Karya seni di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Ruangan kamar misalnya, di atas kasur terdapat sebuah lukisan berwarna hitam yang berisi tulisan dengan bentuk font yang gemulai. Sedangkan tepat di depan kasur, persis di samping televisi, kamu akan melihat sebuah kolase lukisan yang menggambarkan seni penampilan, seperti topeng, biola, atau gedung pertunjukan.
Warna ruangannya sendiri didominasi warna krem dan coklat muda, dindingnya diberi corak kayu dan juga tirai pertunjukan. Sangat apik dan Instagramable tentunya.
Club Suite di Rendezvous Hotel Singapore
Club Suite di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Ada satu hal yang menarik perhatian kumparanTRAVEL saat menginap, yaitu sebuah handphone di meja kerja.
Pasalnya, handphone tersebut berada dekat dengan telepon kamar yang berfungsi secara baik tanpa ada gangguan. Ternyata, Handy yang disediakan dalam kamar itu merupakan salah satu fasilitas gratis yang disediakan pihak hotel bagi para tamunya.
ADVERTISEMENT
Gunanya untuk mengakses internet sepuasnya tanpa harus mengganti SIM Card dan juga melakukan international call tanpa batas ke enam negara, seperti India, Jepang, Amerika Serikat, China, Malaysia, dan Australia.
Handy juga dapat kamu bawa ke luar kamar saat bepergian, asalkan masih berada di kawasan Singapura, dan tentunya masih menjadi tamu Rendezvous Hotel Singapore.
Club Suite di Rendezvous Hotel Singapore
Club Suite di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Selain handy, fasilitas lain yang ditawarkan Rendezvous Hotel Singapore bagi tamunya, yaitu jaringan Wi-Fi yang cepat, smart tv, Nespresso coffee machine, kolam renang, gym, dan juga Club Lounge. Club Lounge hanya dapat digunakan oleh tamu yang menginap di kamar tipe Club Room, Junior Suite, dan Executive Suite.
Kolam renang Rendezvous Hotel Singapore
Kolam renang Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Di Club Lounge, pengguna tiga jenis kamar ini dapat menikmati sarapan tanpa harus turun ke restoran di lobby, minuman cocktail mulai pukul 16.00-18.00 waktu setempat, dan minuman beralkohol mulai pukul 18.00-20.00 waktu setempat secara gratis.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma itu saja, dari Club Lounge kamu juga bisa melihat pemandangan National Museum of Singapore dari ketinggian. Menarik sekali, bukan?
Club Lounge F&B di Rendezvous Hotel Singapore
Club Lounge F&B di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Buat kamu, masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa dengan toilet Singapura yang tidak memiliki bidet untuk membasuh organ intim setelah menggunakan toilet, tak perlu khawatir. Karena toilet di Rendezvous Hotel dilengkapi dengan bidet flush yang dapat dikontrol suhu air dan intensitas semprotannya, jadi akan sangat membantu.
Menggunakan bangunan kolonial yang telah direstorasi, Rendezvous Hotel Singapore memadukan nuansa klasik dan kontemporer menjadi sebuah sentuhan yang romantis bagi para pecinta seni. Ditambah lagi lokasinya yang berada di kawasan Singapore's Art & Heritage District, membuat kamu yang senang seni seakan menemukan surga tersendiri.
Courtyard Rendezvous Hotel Singapore
Courtyard Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Rendezvous Hotel Singapore)
Lokasinya yang berada di kawasan pemukiman tertua di Bras Basah Bugis Precint yang kaca sejarah, membuat kumparanTRAVEL tertarik mengeksplorasi kawasan sekitar hotel.
ADVERTISEMENT
Saat mengeksplorasi sekitar hotel dengan berjalan kaki di sela-sela waktu luang, kami mendapati bahwa ternyata lokasi hotel sangat dekat dengan berbagai museum, galeri, dan sekolah seni.
Beberapa museum dan galeri seni tersebut, di antaranya National Library Building, National Museum of Singapore, CHIJMES building yang menjadi salah satu lokasi syuting Crazy Rich Asians, Singapore Art Museum, National Design Centre, School of the Arts (SOTA), dan berbagai gedung seni lainnya.
Bagi yang suka belanja, kamu bisa pergi ke Plaza Singapura atau Bugis Junction yang juga dapat diakses dengan jalan kaki.
Singapore Art Museum di kawasan Bras Basah, Singapura
Singapore Art Museum di kawasan Bras Basah, Singapura (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Untuk yang ingin menyambangi lokasi-lokasi ikonik, seperti Merlion, Garden by the Bay, atau Marina Bay Sands, kamu bisa menggunakan transportasi umum MRT (Mass Rapid Transit) atau bus yang tersedia.
ADVERTISEMENT
Lokasi stasiun dan haltenya juga berada tidak jauh dari hotel, hanya sekitar lima menit menuju stasiun MRT Dhoby Ghaut, tiga menit menuju MRT Bras Basah, dan dua menit ke stasiun MRT Bencoolen. Sangat cocok bagi kamu yang haus akan seni dan sejarah. Asyik sekali, bukan?
Transportasi umum di dekat Rendezvous Hotel Singapore
Transportasi umum di dekat Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Nah, ternyata setelah dikulik-kulik, lokasi ini juga yang menjadi alasan penggunaan tema Romantic-Art pada Rendezvous Hotel Singapore. Sebab, hotel yang dimiliki oleh Far East Hospitality itu mengangkat segmen pasar sesuai psikografis dengan standar layanan hotel berbintang empat hingga lima.
Rendezvous Hotel Singapore sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan, behaviour, gaya hidup, dan tujuan perjalanan dari segmen pasar yang ditujunya. Interior hotelnya memadukan seni bertema Peranakan, Retro, dan Performing Art.
Kamar bertema Peranakan di Rendezvous Hotel Singapore
Karya seni di Rendezvous Hotel Singapore (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Ketiga konsep ini merupakan bentuk apresiasi pada seni yang berasal dari budaya lokal dan kontemporer. Sehingga dapat memberikan kenyamanan saat menginap di kamar yang beragam, mulai dari Superior, Club Room, hingga Executive Suite.
ADVERTISEMENT
Selain itu, 298 kamar termasuk ruangan lainnya yang dimiliki Rendezvous Hotel Singapore merupakan kamar bebas asap rokok, jadi sangat aman untuk kesehatanmu, lho. Untuk masalah harga, kamar yang disediakan oleh Rendezvous Hotel Singapore dibanderol seharga Rp 1,8 juta per malamnya.
Gimana, siap memuaskan dahaga senimu di Singapura?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan