Food & Travel
·
17 Maret 2021 14:42

Sandiaga Uno Siapkan Wisata Belajar Bikin Sambal Matah untuk Gaet Turis Asing

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sandiaga Uno Siapkan Wisata Belajar Bikin Sambal Matah untuk Gaet Turis Asing  (4586)
Menparekraf, Sandiaga Uno. Foto: Dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, bekerja keras agar wisata Pulau Dewata, Bali, kembali menggeliat di tengah pandemi virus corona.
ADVERTISEMENT
Dia menargetkan wilayah Ubud di Kabupaten Gianyar, ITDC Nusa Dua di Kabupaten Badung, dan Sanur di Kota Denpasar, pada Juni atau Juli 2021 sudah bisa dikunjungi turis asing untuk berwisata. Tiga wilayah tersebut tengah dirancang agar masuk dalam kawasan zona hijau atau bebas dari virus corona
“Kita mulai dengan Nusa dua, Ubud dan Sanur. Uji coba akan kita lakukan secepatnya, arahan Pak Presiden (Jokowi) sekitar bulan Juni-Juli karena kita punya waktu 3 bulan untuk persiapan,” kata Sandi di Bali kepada wartawan, Rabu (17/3).
Sandiaga Uno Siapkan Wisata Belajar Bikin Sambal Matah untuk Gaet Turis Asing  (4587)
Menparekraf Sandiaga Uno menyaksikan pertunjukan seni di Amfiteater Rancamaya, Rabu (10/2). Foto: Dok. Kemenparekraf
Beberapa hal yang siapkan Sandi untuk membuka kembali pariwisata mancanegara di antaranya menargetkan sekitar 2 juta penduduk dan pekerja di Bali telah disuntik vaksin. Selanjutnya, berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly agar Bali diperkenankan menerima kedatangan turis asing.
ADVERTISEMENT
Pihak bandara, objek wisata, dan hotel diajak bekerja sama agar menerapkan protokol kesehatan saat wisawatan baik nusantara dan mancanegara berkunjung ke Bali.
“Kementerian BUMN tentu di bandara dan fasilitas destinasi wisata yang harus dipastikan protokolnya, selain daripada vaksin tentu peningkatan testing tracing jadi akan ada jumlah peningkatan PCR. Dan zona-zona khusus ini akan dilengkapi (PCR), agar para wisatawan nanti mulai datang berwisata di Bali selagi mereka menunggu hasil PCR sudah bisa berkegiatan juga di hotel masing-masing,” kata dia.
Sandiaga Uno Siapkan Wisata Belajar Bikin Sambal Matah untuk Gaet Turis Asing  (4588)
Ubud, Bali. Foto: Kemenparekraf
Selain itu, Sandi juga menyiapkan sejumlah paket promo untuk menggaet turis asing ke Bali. Misalnya, wisata mengenal Bali melalui kuliner dengan belajar cara membuat sambal khas Bali, sambal matah.
“Kami dari Kemenparekraf akan menyiapkan paket cooking class, yoga class, belajar mengenal Bali, belajar membuat Sambal matah dsb, kita akan buat ini inovatif dan langkah pemulihan Bali ini akan kita trial, kita akan uji cobakan. Semakin banyak uji coba yang kita lakukan semakin siap kita,” pungkas Sandi.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).