Selamat Tinggal Kemacetan! Taksi Perahu Listrik Segera Meluncur di Bangkok

19 Juni 2024 9:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi taksi perahu di Bangkok Foto: Sven Hansche/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi taksi perahu di Bangkok Foto: Sven Hansche/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di balik kemasyhurannya sebagai destinasi wisata populer dunia, Bangkok masih dilanda persoalan lama, yakni kemacetan. Ya, sebelas dua belas dengan Jakarta, dua kota ini pernah masuk daftar 20 kota termacet di dunia. Kala itu, masalah kemacetan di Bangkok mirip-mirip dengan Jakarta.
ADVERTISEMENT
Salah satu faktor kemacetan di Bangkok terjadi karena volume kendaraan dan jumlah ruas jalan yang tidak sebanding. Hal inilah yang membuat Bangkok kerap dilanda kemacetan.
Kemacetan di Bangkok Foto: Mumemories/Shutterstock
Meski demikian, baru-baru ini, Bangkok Metropolitan Administration (BMA) mengumumkan pihaknya bakal meluncurkan inovasi baru untuk mengatasi kemacetan di Bangkok. Dilansir Seasia, BMA akan meluncurkan electric boat taxi (taksi perahu listrik) sebagai sebuah solusi baru untuk mengatasi kemacetan.
Terintegrasi dengan transportasi publik lainnya, taksi perahu listrik ini rencananya akan diluncurkan pada bulan Juli mendatang, sekaligus untuk mempromosikan pariwisata di kota itu.
Kemacetan di Bangkok Foto: jaturonoofer/Shutterstock
Dikembangkan oleh perusahaan transportasi Krung Thep Thanakom Co (KT), taksi ini tak hanya bisa jadi andalan traveler yang ingin mengelilingi Kota Bangkok, tetapi juga penduduk setempat yang ingin bepergian.
ADVERTISEMENT

Taksi Akan Diuji Coba Bulan Depan

Direktur Pelaksana Krung Thep Thanakom Co, Tharatporn Techakitkachorn, mengatakan uji coba akan dimulai bulan depan.
"Taksi perahu ramah lingkungan akan beroperasi di Khlong Phadung Krung Kasem dan anak-anak sungainya, seperti Khlong Bang Lamphu," ujarnya.
Secara keseluruhan, layanan ini akan diperluas ke kanal-kanal ikonik Bangkok lainnya, termasuk Khlong Lat Phrao. Penumpang dapat memesan perahu melalui aplikasi, dan tarifnya akan dihitung berdasarkan jarak.
Ilustrasi taksi perahu di Bangkok Foto: Kadagan/Shutterstock
Saat ini pihak Krung Thep Thanakom Co juga sedang melakukan negosiasi dengan produsen perahu listrik, untuk pengadaan kapal berkapasitas 6-10 kursi. Untuk masa uji coba mendatang, dua perahu prototipe akan diluncurkan pada bulan Juli.
Nantinya, taksi perahu ini juga akan diintegrasikan dengan jaringan kereta listrik, bus, transportasi online yang menawarkan cara baru dan menarik untuk menjelajahi kota.
Ilustrasi taksi perahu di Bangkok Foto: cowardlion/Shutterstock
Selain itu, BMA sedang mempersiapkan aplikasi khusus untuk ojek yang akan menghubungkan 5.000 taksi dan 90.000 pengemudi berlisensi, sehingga memudahkan penumpang untuk memesan perjalanan dengan tarif yang adil dan transparan.
ADVERTISEMENT