Food & Travel
·
19 Juli 2021 12:15
·
waktu baca 4 menit

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148649)
searchPerbesar
Silo Northam karya HENSE yang identik dengan corak dan warna fluoro. Foto: Tourism Western Australia.
Australia Barat menyimpan begitu banyak lokasi unik yang memesona, salah satunya adalah saat melakukan perjalanan road trip ke Albany. Dengan meluangkan waktu selama tiga hari, kamu dapat memulai petualangan dari Perth dan menyusuri enam lokasi monumental; semua dalam satu perjalanan!
Dalam kesempatan ini, kamu juga akan disuguhkan dengan 1.000 kilometer hamparan ladang pertanian, bukit, danau garam, dan tebing dengan panorama alam yang menakjubkan.
Bukan hanya keindahan alam saja, road trip ini akan membawamu melihat enam kota pertanian dengan lumbung gandum raksasanya masing-masing. Setiap silo yang berdiri telah disulap oleh PUBLIC Silo Trail menjadi situs seni mural kelas dunia.
Sudah tak sabar? Catat lokasinya dan lihat ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Silo Northam, dilukis oleh Phlegm dan HENSE (2015)

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148650)
searchPerbesar
Silo Northam karya Phlegm. Foto: Tourism Western Australia.
Perjalanan akan dimulai dari Perth menuju Northam. Pada destinasi pertama ini, kamu akan melihat mural setinggi 38 meter yang membubung ke langit biru cerah Avon River. Dengan warna dan ilustrasi yang unik, mural raksasa di Silo Northam ini selalu menjadi salah satu lokasi foto favorit para pengunjung.
Mural karya Phelgm mengisi dinding silo bagian kiri dengan ilustrasi karakter bernuansa whimsical yang imajinatif dan surealis. Sedangkan HENSE, pada silo bagian kanan memberi nuansa warna-warni fluoro dengan pola eksplosif yang mengundang perhatian. Sungguh mengagumkan!

2. Silo Merredin, dilukis oleh Kyle Hughes-Odgers (2017)

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148651)
searchPerbesar
Silo Merredin karya Kyle Hughes-Odgers. Foto: Tourism Western Australia.
Dalam perjalanan ke sini, kamu akan menyusuri Great Eastern Highway yang memperlihatkan pemandangan padang rumput hijau menyejukkan mata. Dari jarak beberapa kilometer, kamu sudah bisa menikmati pemandangan mural yang identik dengan pola-pola geometris dan warna yang mencolok.
Mural karya Kyle Hughes-Odgers ini bercerita tentang komunitas pertanian dan pedesaan di Australia Barat. Pada proses pembuatannya, mural ini dilukis selama 14 hari berturut-turut dan menghabiskan 200 liter cat. Apakah kamu semakin penasaran dan ingin melihatnya secara langsung?

3. Silo Pingrup, dilukis oleh Evoca1 (2018)

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148652)
searchPerbesar
Silo Pingrup karya Evoca1. Foto: Tourism Western Australia.
Seniman mural dari Miami, Evoca1 juga ikut mengambil peran dalam mengisi dinding silo di Pingrup. Dengan ilustrasi realisme setinggi 25 meter, mural raksasa ini menceritakan tentang karakteristik kota Pingrup yang terkenal dengan balap kuda, domba Merino, dan agrowisata.

4. Silo Newdegate, dilukis oleh Brenton See (2018)

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148653)
searchPerbesar
Silo Newdegate karya Brenton See. Foto: Tourism Western Australia.
Silo berikutnya ada di Newdegate, kota yang penuh dengan keindahan dan sumber daya alam melimpah. Mulai dari danau air asin dan berbagai macam flora liar, hingga produksi bahan baku gandum terbaik di Australia Barat.
Tak jauh berbeda dengan karya di Pingrup, mural yang terpajang di Silo Newdegate menceritakan empat hal yang hanya dapat kamu temukan di kota ini, salah satunya adalah satwa endemik marsupial mini khas daerah Wheatbelt.

5. Silo Ravensthorpe, dilukis oleh Amok Island (2018)

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148654)
searchPerbesar
Silo Ravensthorpe karya Amok Island. Foto: Tourism Western Australia.
Selama satu bulan penuh, Amok melukis mural enam babak pada tiga silo di Ravensthorpe. Enam babak ini merupakan siklus Banksia Baxteri, sebuah semak berbunga endemik Australia Barat yang memiliki enam proses pertumbuhan.
Setiap sisi dinding silo penuh dengan cerita mekarnya Banksia, mulai dari batang bergerigi dengan kuncup, proses penyerbukan yang dibantu oleh marsupial mini pemakan nektar, sampai akhirnya mekar dengan sempurna.

6. Silo Albany, dilukis oleh The Yok & Sheryo (2016)

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148655)
searchPerbesar
Silo Albany karya The Yok & Sheryo. Dok. YouTube/Tourism Western Australia.
Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan padang rumput hijau, langit biru, dan naga laut. Ya, kamu tidak salah melihat. Dinding silo di Albany ini memiliki ilustrasi raksasa naga laut (Phylloptreryx dewysea) yang menggambarkan cerita tentang alam bawah laut.
Sebagai destinasi terakhir, perjalanan ke Albany membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi kamu tak perlu khawatir! Ada banyak jalan setapak yang akan membawamu dalam petualangan singkat di lokasi agrowisata kota-kota kecil di wilayah barat daya Australia ini.
Sambil menikmati perjalanan daratan, kamu akan melihat pemandangan baru dari Golden Outback. Karena untuk mencapai silo ini, kamu akan menempuh setengah perjalanan menuju kota Esperance di regional Golden Outback.
Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148656)
searchPerbesar
Sight-seeing di ladang dan tempat wisata alam lainnya, yuk! Foto: Tourism Western Australia.
Liburan 3 hari dan 4 malam ini tidak hanya untuk kalian yang menyukai karya seni lukis atau mural, karena kamu akan dipandu dengan penjelasan lengkap. Selain itu, semangat petualanganmu juga akan ditantang lewat kegiatan berkemah di hamparan padang rumput Australia Barat ini.

Rencanakan Perjalanan ke Australia Barat bersama Dwidayatour Sekarang Juga!

Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148657)
searchPerbesar
Tak hanya padang rumput, Australia Barat juga terkenal atas pantainya yang indah. Seperti Dirk Hartog Island satu ini! Foto: Tourism Western Australia.
Ke mana pun destinasi favorit versimu, Australia Barat merupakan tempat yang tepat untuk bereksplorasi dan memanjakan diri dengan tempat wisata bernuansa perkotaan atau alam lepas, karena setiap hari #AdventureAwaits!
Dengan lokasi yang eksotis, kamu akan menemukan banyak keajaiban di Australia Barat. Banyak pilihan pantai dengan pemandangan langit jingga dan merah mudanya, ada pula tebing serta formasi batuan yang telah dinyatakan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.
Selain itu, menetap lama di Australia Barat juga tak akan terasa membosankan karena kamu akan ditemani oleh banyak festival dan acara menarik. Seperti yang akan segera diadakan pada 25-29 Agustus 2021, festival film “Cinefestoz” akan kembali hadir di Busselton dan Margaret River.
Dilanjutkan dengan acara Awesome Arts Festival, Shinju Matsuri Festival, dan Perth Royal Show di sepanjang bulan September. Sedangkan pada pertengahan November, pecinta kuliner juga berkesempatan untuk menikmati makanan khas Australia Barat di Western Australia Gourmet Escape yang akan diselenggarakan pada 17 November 2021 mendatang.
Sejak 2012, Western Australia Gourmet Escape ini menyajikan pengalaman kuliner dengan bahan-bahan lokal, ditemani dengan berbagai jenis anggur berkualitas dari Australia. Dihadiri oleh pakar kuliner dunia seperti Nigella Lawson, Heston Blumenthal, Rick Stein, Marco Pierre White, Curtis Stone, hingga Tetsuya Wakuda; acara ini akan berlangsung meriah dan hangat.
Seni Mural di Lumbung Pertanian? Yuk, Ikut 3 Hari Road Trip di Australia Barat! (148658)
searchPerbesar
Dokumentasi Western Australia Gourmet Escape. Cantik, bukan? Foto: Tourism Western Australia.
Tak perlu takut soal biaya yang mahal karena perjalanan dari Jakarta ke Perth bisa diakses hanya dengan satu kali penerbangan. Bukan hanya itu, kali ini Dwidayatour juga sedang membuka kesempatan bagi para pengunjung untuk mendapatkan potongan harga jalan-jalan ke Australia Barat.
Hanya dengan mengikuti #TWAxDwidayatourQuiz di Instagram, Facebook, atau Twitter; kamu berkesempatan untuk mendapatkan eVoucher senilai Rp 500 ribu yang dapat dipakai untuk rencana liburan bersama Dwidayatour! Info selengkapnya, lihat di sini.
Tunggu apa lagi? Segera ikuti quiz-nya dan buat liburan impian terbaikmu di Australia Barat jadi kenyataan!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Western Australia